2 Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI yaitu layanan bank BRI untuk memudahkan nasabah. Pajak merupakan kewajiban dari setiap warganegara terutama di Indonesia. Pajak tersebut perlu dibayarkan dalam periode tertentu mulai dari per bulan, per tahun, atau per 5 tahun. Masing-masing jenis pajak sudah memiliki perhitungannya tersendiri.

Salah satu jenis pajak yang sudah menjadi kewajiban bagi masyarakat ialah pajak motor. Pajak ini harus dibayar oleh setiap pemilik kendaraan roda dua yaitu motor dan sejenisnya. Pajak untuk motor biasanya terdiri dari pajak tahunan serta pajak per 5 tahun.

Hal ini harus dipenuhi oleh setiap pemilik motor sebagai warga negara yang baik. Selain datang langsung ke kantor Samsat Anda juga bisa melakukan pembayaran pajak melalui ATM BRI dan ATM bank lainnya. Karena pengguna Bank BRI cukup besar maka anda bisa menggunakan cara bayar pajak motor lewat ATM BRI.

Pengguna ATM BRI di Indonesia sangat banyak dan tersebar hampir di setiap daerah. Untuk mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan bermotor ATM BRI bisa Anda pilih untuk membantu melakukan proses pembayaran. Syarat utamanya tentu saja harus memiliki kartu ATM Bank BRI yang terdapat saldo sesuai jumlah pembayaran pajak.

Hal tersebut bisa menjadi alternatif jika Anda tidak bisa datang langsung ke kantor Samsat akibat pekerjaan atau kebutuhan lainnya. Terlebih setelah adanya pandemi virus covid-19 maka setiap orang disarankan untuk tidak sering berada di luar rumah dan berkerumun termasuk di kantor Samsat. Jika memungkinkan Anda bisa menggunakan kartu ATM yang Anda miliki.

Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI

Bayar pajak motor di atm BRI

1. Kirim SMS Kode Pembayaran

Cara bayar pajak motor lewat ATM BRI pertama yang perlu Anda lakukan ialah menyiapkan ponsel untuk mengirim SMS kode pembayaran. Anda harus mengirim SMS ke nomor 0811 211 9211 dengan format “esamsat – nomor rangka kendaraan – nomor KTP pemilik motor”. Kirimkan SMS ini dan tunggu balasan dari nomor tersebut.

SMS balasan yang akan Anda terima terdiri dari dua yaitu rincian pembayaran pajak dan informasi dari kendaraan yang Anda miliki. Pastikan kedua SMS ini Anda terima sebelum anda pergi ke ATM untuk melakukan proses pembayaran. Di dalamnya Anda akan mendapatkan kode khusus beserta beberapa rincian dan informasi tersebut.

Pada SMS yang pertama Anda akan mendapatkan kode 16 digit angka untuk digunakan pada cara bayar pajak motor lewat ATM BRI nantinya. SMS lainnya merupakan konfirmasi mengenai identitas dan rincian kendaraan yang Anda miliki. Kedua SMS tersebut harus disimpan dengan sangat baik agar tidak terhapus.

Bila perlu Anda bisa menyalin kode tersebut dari SMS yang sudah masuk baik dengan menulis kembali atau menggunakan fitur screenshot. Hal ini sangat berguna bagi Anda untuk menjaga kode tersebut sebelum menuju ke ruang ATM.

2. Cara Pembayaran

Kode yang Anda terima dari SMS tadi merupakan kode pembayaran yang harus Anda gunakan pada saat menggunakan ATM tersebut. Pastikan saldo di ATM Anda sudah sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jika mungkin pastikan jumlah saldonya dilebihkan untuk menjaga jika terdapat biaya administrasi.

Kunjungi ATM BRI terdekat dan pastikan tidak terlalu penuh agar tidak harus antre terlalu panjang. Pastikan ATM tersebut beroperasi dengan lancar yang tidak mengalami gangguan. Cara bayar pajak motor lewat ATM BRI selanjutnya ialah

1. Masukkan ATM seperti biasa dan tekan nomor PIN yang Anda miliki.

2. Masuk ke menu utama kemudian pilih menu pembayaran.

3. Setelah itu pilih menu pajak, lainnya.

4. Dan terakhir pilih E-SAMSAT. Anda perlu memasukkan kode dari daerah provinsi tempat anda membayar pajak contohnya 30004 untuk kode Jawa Barat.

5. Lanjutkan dengan memasukkan kode pembayaran yang sudah diterima melalui SMS tadi sebanyak 16 digit dan tekan Ok.

6. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga beberapa informasi mengenai pembayaran pajak beserta rincian kendaraan yang Anda miliki tampil pada layar. Jika sudah benar maka klik ok atau benar.

Cara bayar pajak motor lewat ATM BRI sudah selesai dan pastikan Anda menyimpan bukti pembayarannya seperti struk penarikan atau transfer dari ATM. Secara umum caranya sangat mudah dan tidak jauh berbeda dengan cara transfer atau pembayaran lainnya. Bila perlu salin atau foto bukti tersebut untuk dokumen cadangan.

Anda bisa menggunakan struk pembayaran tersebut untuk memberikannya kepada pihak Samsat jika suatu saat diperlukan sebagai bukti pembayaran. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan agar Anda bisa melakukan sinkronisasi dengan pihak Samsat bahwa Anda sudah melakukan pembayaran pajak.

3. Kesimpulan

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara bayar pajak motor lewat ATM BRI yang bisa Anda gunakan. Cara tersebut sangat efektif membantu Anda dalam melakukan proses pembayaran tanpa harus selalu datang ke kantor Samsat secara langsung. Dengan begitu kewajiban tetap bisa ditunaikan dengan lebih cepat serta aman untuk digunakan.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami rekeningBri.com tentang cara bayar pajak motor lewat ATM BRI, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara bayar PBB online, mudah dan lebih praktis.

Leave a Comment