3 Cara Menabung Di Bank BRI Untuk Anak

Cara Menabung Di Bank BRI Untuk Anak, dengan aman dan nyaman. Bank BRI merupakan bank terbesar di Indonesia dan berada dibawah naungan BUMN. Bank BRI ini beroperasi sejak 16 Desember 1895 hingga sekarang.

Tak heran, jika nasabah bank ini berasal dari berbagai macam kalangan, baik itu tua, muda, pejabat, pengusaha, pegawai negeri, wiraswasta dan apapun profesi yang anda miliki anda bisa menjadi nasabah bank BRI. Lalu, apakah anak-anak bisa menjadi nasabah bank BRI? Jawabannya, ya, tentu bisa. Dengan mendaftarkan anak anda untuk membuka rekening tabungan anak, anak anda sudah bisa menjadi nasabah bank BRI juga.

Lalu, apa itu tabungan anak BRI? Tabungan anak BRI ialah tabungan yang diperuntukan bagi anak yang berusia dibawah 17 tahun. Tabungan anak BRI ini dibuat dengan melampirkan dokumen legal milik orang tua dan mengatasnamakan orang tua juga tetapi kartu ATM nya tetap mengatasanamakan namanya sendiri.

Jenis & Cara Menabung Di Bank BRI Untuk Anak

jenis & cara menabung di bank bri

Selain mengajarkan anak untuk belajar menabung atau menyisihkan sebagian uang yang dimilikinya, ada beberapa manfaat dan keuntungan lain yang didapatkan ketika anda membuat tabungan anak BRI untuk anak anda diantaranya bisa menjadi tabungan kesehatan anak, tabungan pendidikan anak, dana simpanan untuk berbagai macam kebutuhan, dana darurat untuk keperluan mendadak bahkan bisa menjadi tabungan di masa depan. Berikut adalah jenis, syarat dan cara membuat tabungan anak BRI.

  1. Tabungan Anak BRI TabunganKu

Tabungan anak BRI TabunganKu adalah jenis tabungan anak BRI yang pertama yang diperuntukan bagi anak yang berusia dibawah 17 tahun.  Adapun syarat-syarat ketika anda ingin membuat tabungan anak BRI TabunganKu ini adalah:

Pelajar atau anak yang berusia 0 – 12 tahun

  • Membawa KK dan Akta Kelahiran sebagai identitas anak
  • Mengisi formulir pembukaan tabungan bank BRI TabunganKu sesuai intruksi dengan menyertakan identitas anak.
  • Diharuskan bagi orang tua untuk memiliki rekening tabungan bank BRI
  • Orang tua diwajibkan membawa identitas diri berupa KTP dan NPWP untuk WNI serta Paspor dan KIMS/ KITAS/ KITAP untuk WNA
  • Dan jangan lupa menyetorkan uang minimal Rp. 20.000 untuk setoran awal

Pelajar atau anak usia 12 – 17 tahun

  • Membawa kartu pelajar sebagai identitas diri
  • Membawa fotokopi KTP orang tua sebagai identitas diri orang tua atau wali
  • Menyertakan surat persetujuan untuk membuka rekening tabungan anak BRI dari orangtua atau wali anak
  • Menyetorkan minimal uang sebesar Rp 20.000 sebagai setoran awal dan selanjutnya dapat menyetorkan uang minimal Rp 10.000

Bagi anda nasabah bank BRI yang ingin membuat rekening TabunganKu. Anda hanya perlu datang ke kantor cabang BRI terdekat anda dengan mengikuti intruksi-intruksi yang diarahakan oleh pegawai bank nantinya. Sebelum mendatangi kantor cabang, anda perlu mempersipakan dokumen-dokumen yang menjadi syarat untuk pengajuan pembuatan tabungan anak anda. Dan perlu anda ketahui juga, bahwasannya jenis tabungan anak yang satu ini memiliki suku bunga sebesar 0,75%  per tahun.

  1. Tabungan BRI Junio Rencana

Tabungan BRI Junio Rencana ini adalah jenis tabungan anak BRI yang hampir sama dengan tabungan BRItama Rencana. Tabungan ini tidak diperuntukan hanya bagi anak-anak saja, tetapi tabungan jenis ini juga cocok bagi orang tua yang ingin mempunyai dana tabungan untuk masa depan dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan anak, seperti biaya pendidikan, kesehatan, liburan dan lainnya.

Tabungan berjangka ini memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati nasabah dan memudahkannya dalam bertransaksi. Anda bisa mulai menabung di rekening tabungan ini dengan nominal kelipatan Rp. 50.000 per bulannya dan bisa anda atur sesuka hati anda. Tabungan jenis ini juga memiliki gratis biaya administrasi apabila anda melakukan penarikan sebelum jatuh tempo.

Adapun syarat-syarat yang harus anda penuhi ketika anda ingin membuat tabungan BRI Junio Rencana ini, antara lain:

Nasabah usia 0-12 tahun

  • Melampirkan KK dan Akta Kelahiran ana sebagai identitas diri
  • Mengisi formulir pengajuan pembuatan tabungan sesuai dengan identitas diri anak
  • Melapirkan KTP dan NPWP untuk orang tua yang berstatus sebagai WNI. Serta melampirkan Paspor dan KIMS/KITAS/KITAP untuk orang tua yang berstatus WNA
  • Orang tua diharapkan memiliki rekening tabungan di Bank BRI seperti rekening tabungan BRI BRItama atau rekening tabungan BRI Simpedes
  • Membawa uang minimal sebesar Rp. 100.000 untuk setoran awal tabungan
  • Setoran dana tabungan dilakukan dengan sistem AFT (Automatic Fund Transfer) dari rekening BRI yang dimiliki orang tua

Nasabah usia 12-17 tahun

  • Membawa identitas diri berupa fotokopi kartu pelajar dan diharapkan membawa salinan aslinya juga
  • Melampirkan identitas diri orang tua yaitu fotokopi KTP
  • Membawa surat pernyataan yang menyatakan bahwa orang tua mengetahui dan menyetujui anaknya untuk membuka rekening tabungan

Cara membuat tabungan anak BRI Junio Rencana ini sama hal nya seperti membuat tabungan jenis lainnya. Anda harus mendatangi kantor cabang BRI dengan membawa dokumen-dokumen pendukung serta mengisi formulir pengajuan pembuatan rekening tabungan. Setelah itu ikuti intruksi-intruksi yang diarahkan oleh customer Service bank BRI. Adapun suku bungan tabung BRI Junio Rencana ini adalah sebesar 1,25% pertahunnya.

  1. Tabungan BRI Simpel

Tabungan BRI Simpanan Pelajar atau biasa dibilang tabungan BRI Simpel adalah satu-satunya jenis tabungan anak BRI yang proses menabungnya bisa dilakukan dilaur kantor cabang, yaitu di sekolah. Tabungan jenis ini dibuat untuk mengedukasi masyarakat tentang betapa pentingnya menabung dan belajar untuk mengelola uang. Sesuai namanya, tabungan ini memang diperuntukan bagi pelajar dengan tujuan supaya bisa membantu memenuhi kebutuhannya.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika ingin membuat rekening tabungan BRI simple ini diantaranya:

  • Membawa kartu pelajar sebagai identitas diri. Jika tidak mempunyai kartu pelajar, bisa diganti dnegan surat keterangan yang didalamnya mencantumkan NIS atau NISN
  • Membawa fotokopi akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK)
  • Menyertakan identitas orang tua berupa KTP atau yang lainnya
  • Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan BRI Simpel
  • Melampirkan formulir atau surat persetujuan dari orang tua atau wali untuk pembukaan rekening tabungan anak BRI Simpel

Bagi anda yang berniat ingin membuka rekening tabungan anak BRI Simpel ini, anda bisa mendatangi langsung kantor cabang BRI dengan mengikuti arahan-arahan dari Customer service (CS). Namun, bagi anda yang tidak ingin mengantri lama di kantor cabang, anda bisa melakukannya di sekolah yang bekerja sama dengan bank BRI. Selain itu, perlu anda ketahui juga bahwa setoran awal tabungan jenis ini hanya sebesar Rp. 5.000 saja dan tabungan ini tidak memiliki suku bunga alias 0%.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa Cara Menabung di Bank BRI untuk Anak. Ada beberapa jenis tabungan yang telah disediakan oleh bank BRI dengan berbagai macam fasilitas yang berbeda-beda. Tentunya memiliki keunggulannya masing-masing. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa membantu siapa saja yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara pembayaran kartu kredit Bri Easy Card.

Leave a Comment