3 Cara Mengetahui Siapa yang Transfer ke Rekening Kita BRI

Cek mutasi rekening terkadang penting untuk mengecek sisa saldo. Selain itu juga sebagai cara mengetahui siapa yang transfer ke rekening kita.

Sekarang ini, para nasabah khususnya Bank BRI dapat melakukan cek mutasi rekening melalui beberapa opsi. Bila melakukannya melalui online, akan lebih efektif dan efisien. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot keluar rumah dan pergi mencari mesin ATM.

Cara Mengetahui Siapa yang Transfer ke Rekening Kita BRI dengan Mudah dan Cepat

3 cara mengetahui siapa yg transfer ke rekening kita bri

Dengan menggunakan jasa dari perbankan, berbagai macam kegiatan dapat Anda lakukan saat ini. Baik itu memakai alat yang telah disediakan pihak bank atau melalui media elektronik.

Dari sekian banyak transaksi, biasanya yang sering dilakukan adalah transaksi transfer. Oleh sebab itu, sebagai pengirim  memerlukan nomor rekening dan data yang lengkap untuk penerimanya. Pasalnya jika datanya salah, maka proses kirim uang sudah pasti tidak akan berhasil.

Akan tetapi, apakah pihak penerima dapat mengetahui siapa yang mengirim uang itu? Ya, berikut ini kami sampaikan beberapa cara mengetahui siapa yang transfer ke rekening kita BRI.

1. Cek Transferan Via Internet Banking

Fasilitas Internet Banking dari BRI memudahkan para nasabah untuk mengecek saldo terakhir. Selain itu, Anda juga bisa melihat daftar transaksi pada rekening tersebut. Anda dapat membuka situs resmi BRI melalui www.ib.bri.co.id.

Jika menggunakan fasilitas Internet Banking, Anda dapat mengetahui tanggal pengiriman, nama pengirim, kode transfer, serta semua data yang lain.

Jika ingin registrasi layanan Internet Banking, cukup menggunakan nomor rekening Anda melalui mesin ATM. Pertama masukkan kartu ATM, kemudian nomor PIN Anda. Pada layar akan muncul pilihan transaksi, silahkan daftar E-Banking.

Setelah itu, pilih menu Internet Banking. Kemudian masukkan nomor handphone yang masih aktif dan sedang Anda gunakan.

Sebagai konfirmasi, Anda akan menerima secarik kertas yang berisi password dan ID Internet Banking. Selanjutnya dapat Anda pakai pada Website bank.

2. Cek Transferan Melalui Mesin ATM

Cara mengetahui siapa yang transfer ke rekening kita BRI selanjutnya dapat melalui mesin ATM. Namun cara ini hanya untuk mengetahui transferan yang Anda terima masuk apa belum.

Perihal siapa pengirimnya belum dapat ditampilkan. Hanya saja terdapat 5 baris data terakhir yang tercantum, baik itu data yang masuk maupun keluar.

Akan tetapi, tidak semua fasilitas tersebut berlaku untuk seluruh bank.  Jangan khawatir, BRI sudah bisa menggunakan fasilitas itu.

Untuk login Internet Banking menggunakan mesin, masukkan kartu terlebih dahulu. Kemudian masukkan nomor PIN Anda dengan benar. Setelah layar menampilkan opsi menu, pilih Lainnya.

Setelah itu pilih menu informasi. Kemudian akan muncul beberapa pilihan, pilih Mutasi Rekening.

3. Cek Via Rekening Koran

Proses cetak rekening koran dapat Anda lakukan untuk mengetahui informasi mengenai data-data transaksi. Anda dapat mencetak periode tertentu sesuai dengan keinginan. Namun, untuk aktivitas mencetak rekening koran harus menyertakan buku tabungan lalu menyerahkannya ke Teller bank.

Dengan demikian, nama orang yang telah kirim uang atau transfer ke rekening Anda akan terlihat. Sebab hasil cetakan pada buku tabungan telah tertera. Jadi, Anda dapat mengetahui secara jelas siapa saja yang telah transfer.

Tips Aman Bertransaksi Menggunakan Internet Banking dan ATM

Untuk menjaga keamanan, ubah password internet banking secara rutin. Sebaiknya jangan memakai kombinasi nomor yang mudah ditebak, misalnya saja tanggal lahir.

Apabila bertransaksi memakai jaringan publik, pastikan keamanan transaksi terjamin. Kemudian jaga jaga kerahasiaan password, mToken, User ID, dan jangan memberitahukan kepada orang lain.

Jika bertransaksi menggunakan media komputer, pastikan Anda memiliki software antivirus dan firewall aktif. Sebaiknya jangan menyimpan data yang vital di email untuk menghindari gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Begitu pula dengan User PIN ATM, gantilah secara berkala. Bertransaksi di ATM yang lokasinya aman dan cenderung tidak sepi, hal tersebut untuk mencegah aksi pelaku kejahatan.

Kesimpulan

Informasi cara mengetahui siapa yang transfer ke rekening kita BRI di atas perlu diketahui, semoga bermanfaat bagi Anda. Cukup mudah bukan? Cara tersebut terbilang sangat sederhana dan tidak terlalu ribet.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara mengambil uang 5 juta di atm BRI.

Leave a Comment