3 Cara Pinjam Uang di Bank BRI agar Disetujui

RekeningBri.com – Bank BRI memang menjadi salah satu Bank andalan di Indonesia. Banyak sekali layanan yang membawa keuntungan untuk masyarakat seperti cara pinjam uang di Bank BRI.

Berbicara mengenai keuangan, setiap orang pasti memiliki kadar atau tingkau kebutuhan yang berbeda. Ini disebabkan oleh karena adanya gaya hidup dan lingkungan sosial.

Jika Anda adalah pengguna BRI, Anda bisa meminjam uang dengan mudah dan cepat. Perhatikanlah penjelasan dibawah ini untuk uraian lengkapnya

Syarat Meminjam Uang di Bank BRI

Sebelum masuk pada pembahasan cara pinjam uang di Bank BRI, Anda harus mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi. Ini adalah kunci agar Anda bisa masuk dalam menggunakan layanan BRI termasuk peminjaman uang.

Untuk itu, siapkan syarat-syarat dibawah ini untuk bisa melakukan peminjaman uang di Bank BRI.

Menyiapkan KTP

Syarat yang pertama, Anda harus membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk). Ini dianggap sangat penting dalam urusan pinjam meminjam.

Dengan adanya KTP bisa menjadi jaminan bahwa Anda adalah warga asli Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, dengan adanya KTP juga menunjukkan jika Anda adalah orang yang sudah dewasa dan mampu untuk berpikir akan keuangan.

Menyiapkan Fotokopi NPWP

Cara pinjam uang di Bank BRI memang sangat mudah. Siapkan syarat NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). Untuk ini, Anda tidak perlu membawa NPWP asli.

Anda hanya perlu membawa fotokopi NPWP dengan syarat tulisan fotokopi harus jelas dan tidak buram. Mungkin Anda bisa menyiapkan 2 hingga 3 lembar fotokopi NPWP.

Membawa Surat Penghasilan

Syarat yang ketiga Anda harus membawa surat penghasilan. Ini bisa Anda tunjukkan dengan adanya slip gaji untuk yang sedang bekerja sebgai karyawan.

Usahakan untuk meyerahkan slip gaji asli dan tidak ada rekayasa di dalamnya. Karena, ini akan berpengaruh pada proses transaksi pinjam meminjam yang sedang Anda lakukan.

Membawa Surat izin Usaha Perdagangan

Surat izin ini biasanya disebut dengan kata SIUP. Ini berlaku untuk Anda yang bekerja sebagai wiraswasta.

Sebenarnya tujuan untuk membawa surat izin usaha perdagangan ini untuk mengetahui usaha Anda sudah aman untuk dijalankan atau tidak. Karena terkadang masih banyak sekali usaha yang tidak memiliki surat izin untuk beroperasi.

Menyiapkan Fotokopi Kartu Kredit

Syarat dan cara pinjam uang di Bank BRI yang selanjutnya adalah menyiapkan fotokopi kartu kredit. Untuk itu, ketika ingin meminjam uang di Bank BRI Anda harus mempunyai buku tabungan dan terdaftar dalam anggota pengguna BRI.

Jika sudah, Anda perlu membawa fotokopi kartu kredit masing-masing. Serahkan juga formulir aplikasi yang didalamya berisi data diri yang sudah benar dan tepat.

Cara pinjam uang di Bank BRI

Tutorial pinjam di Bri

Setelah mengetahui syarat yang harus dibawa ketika melakukan peminjaman uang, kini Anda harus mengetahui cara pinjam uang di Bank BRI. Jika semua syarat sudah Anda bawa maka pasti proses persetujuan juga akan mudah.

Pahami dan perhatikan tata cara peminjaman uang Bank BRI di bawah ini

Mengisi Formulir

Untuk cara pinjam uang di Bank BRI yang pertama Anda harus mengisi formulir. Mungkin formulir ini nantinya akan diberikan oleh petugas Bank.

Mereka akan memberikan waktu untuk Anda melakukan pengisian. Semua yang ada di dalam formulir rata-rata menanyakan masalah identitas dan data diri Anda.

Selain itu, disediakan kolom berapa banyak uang yang akan Anda pinjam. Sebagai informasi, Anda harus mengisi semua data dengan jujur dan apa adanya agar proses bisa segera disetujui.

Berstatus WNI

Kedua, Anda harus berstatus WNI (Warga Negara indonesia). Jika Anda adalah warga Asing maka tentu saja pihak bank akan langsung menolaknya.

Ini didasarkan pada tempat dimana BRI ini sedang beroperasi di Indonesia. Jadi, semua layanan bisa diakses oleh masyarakat Indonesia saja.

Disisi lain, keberadaan status WNI ini digunakan untuk mempermudah pihak bank dalam memantau orang yang menggunakan layanan. Jika ada masalah dengan keterlambatan pembayaran pelunasan hutang pihak bank akan mudah untuk menemui orang tersebut.

Memenuhi Semua Persyaratan

Cara pinjam uang di Bank BRI itu memang mudah. Beberapa persyaratan sudah disebutkan dan dijelaskan pada uraian di atas.

Jika Anda berharap permintaan peminjaman uang disetujui maka lengkapi berkas-berkas persyaratan yang sudah ditetapkan. Bawa semua persyaratan dan fotokopi dengan tulisan yang jelas dan tidak buram.

Usahakan semua data yang diserahkan sesuai dengan Anda. Ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi proses peminjaman dan pengembalian uang.

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Meminjam Uang di Bank

Jika Anda ingin meminjam uang di Bank mana saja, Anda harus bisa mengenal diri sendiri. Anda tidak perlu gegabah untuk meminjam banyak uang.

Usahakan uang yang dipinjam memang benar-benar dibutuhkan. Berikut adalah hal yang harus diperhatikan dalam meminjam uang di Bank

Melihat Bunga yang Harus Dibayar

Pertama, Anda harus paham akan berapa bunga yang harus dibayar. Pihak bank juga tidak akan meminjamkan uang kepada Anda dengan Cuma-Cuma.

Untuk itu, bunga yang harus dibayar setidaknya haus bisa Anda bayarkan. Jika tidak, justru saja pihak bank akan memberikan peringatan untuk Anda.

Memilih Jadwal Pelunasan

Ketika Anda berhutang di Bank maka lihatlah jadwal pelunasan yang harus dilakukan. Usahakan Anda benar-benar bisa menghitung berapa pendapatan Anda dan hutang yang harus dibayarkan.

Jadwal pelunasan ini bisa cepat dan lambat. Ini sesuai dengan keadaan dan kemampuan peminjam untuk mengangsur peminjaman yang sudah dilakukan.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai cara pinjam uang di Bank BRI. Anda harus melakukan cara-cara diatas satu persatu untuk mendapatkan pinjaman dari pihak Bank.

Jangan lupa untuk memperhatikan jadwal pembayaran pelunasan hutang. Dengan begitu, kedua pihak akan tidak ada yang merasa dirugikan.

Apakah warga negara asing bisa pinjam di BRI?

Tidak bisa. Didasarkan pada tempat dimana BRI ini sedang beroperasi di Indonesia. Jadi, semua layanan bisa diakses oleh masyarakat Indonesia saja.

Apa syarat pinjam uang di bank BRI

1. Fotokopi identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP)
2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
3. Surat keterangan penghasilan atau slip gaji bagi mereka yang berstatus sebagai karyawan
4. Fotokopi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan rekening koran bagi mereka yang berstatus sebagai wiraswasta
5. Fotokopi kartu kredit
6. Formulir aplikasi yang berisi data diri yang benar

Mengapa harus ada SIUP sebagai syarat pinjam di BRI untuk wiraswasta?

Agar pihak bank mengetahui usaha Anda sudah aman untuk dijalankan atau tidak.

Mengapa syarat pinjam BRI harus ada Slip gaji? yang menurut saya ini privasi.

Ini akan sangat berpengaruh pada proses transaksi pinjam meminjam yang sedang Anda lakukan. Karena pihak bank harus percaya bahwa anda mampu untuk mengangsur cicilan nantinya.

Terimakasih sudah membacara informasi dari kami tentang cara pinjam uang di Bank BRI, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang syarat pinjaman bank BRI tanpa jaminan dan informasi menarik lainnya.

Leave a Comment