7 Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI Dengan Mudah

RekeningBri.com – Cara bayar BPJS lewat ATM BRI sangatlah mudah apalagi di era digital seperti sekarang ini membuat masyarakat lebih mudah melakukan aktivitas, salah satunya dalam hal membayar suatu tagihan atau iuran seperti BPJS Kesehatan.

Kita tidak perlu datang langsung ke kantornya, namun bisa dengan cara bayar BPJS lewat ATM BRI. Membayar iuran BPJS memang diwajibkan bagi masyarakat penggunanya setiap bulan secara rutin.

Untuk biaya iuran BPJS disesuaikan dengan kelas yang kita pilih. Ada yang kelas satu yang paling tinggi sampai dengan kelas 3 yang paling murah. Masing-masing memiliki fasilitas yang berbeda.

Tutorial Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Bayar BPJS Lewat ATM BRI

 

Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRI

Berikut ini ada beberapa cara bayar BPJS lewat ATM BRI yang terbaru, silahkan disimak!

1. Pertama-tama masukkan kartu ATM ke mesin
2. Kedua, pilihlah bahasa yang dimengerti oleh kita, misalnya bahasa Indonesia untuk mempermudah proses pembayaran. Lalu tekan tombol angka untuk PIN Anda.
3. Tekan tombol paket tunal untuk memulai proses.
4. Kemudian lihat di pojok bawah layar, tekan tombol transaksi lainnya lalu pilih pembayaran.
5. Belum selesai sampai disitu, kita perlu memilih pembayaran untuk apa, jika untuk BPJS,. Pilih tombol “lainnya” sampai Anda menemukan pilihan BPJS Kesehatan lalu klik tombolnya.
6. Setelah itu muncul beberapa perintah seperti memasukan nomor akun BPJS Anda. Maka disana akan tertera nama dan data diri yang sesuai.
7. Masukan angka rupiah yang harus dibayarkan. Setelah itu akan keluar struk bukti pembayaran dan langsung ambil kembali kartu ATM Anda.

Itulah cara bayar BPJS lewat ATM BRI yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Perlu untuk diingat dalam membayar iuran BPJS melalui ATM BRI adalah selalu ada kode tambahan yaitu 88888 lalu diikuti oleh 11 digit nomor virtual account Anda.

Dengan menggunakan BPJS, kita dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara gratis. Namun jika ada obat yang tidak termasuk ke dalam daftar biaya pengobatan, maka mau tidak mau Anda harus membayar obat tersebut.

Untuk semua jenis kesehatan penggunaan BPJS sama saja. Yang membedakannya adalah kebutuhan dari pengobatan Anda sendiri, apakah untuk rawat jalan, rawat inap, persalinan dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan BPJS Kesehatan

Berikut ini ada beberapa cara menggunakan BJPS kesehatan, yaitu:

1. Datang Ke Puskesmas Terdekat
Kartu BPJS ini bisa Anda gunakan jika berobat ke Fasilitas Kesehatan pertama, yaitu berupa puskesmas, klinik, dokter umum dan rumah sakit tipe D.
Selain untuk keluhan lain BPJS juga bisa digunakan untuk ibu hamil. Jadi ibu hamil dapat melakukan kontrol setiap bulan secara gratis di fasilitas kesehatan pertama ini dengan menggunakan BPJS.
2. Mintalah Rujukan Jika Harus Ke Rumah Sakit
Jika kondisi kesehatan Anda masih bisa ditangani oleh puskesmas atau pihak Faskes 1 yang Anda pilih. Tidaklah perlu pergi ke rumah sakit. Tetapi jika memerlukan penanganan yang lebih lanjut, maka wajib di rujuk ke rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS.
Tetapi sebelum Anda berangkat ke Rumah Sakit, pastikan untuk mendapat surat rujukan dari dokter terlebih dahulu. Jika hal ini tidak dilakukan, Anda akan mendapatkan pelayanan rumah sakit dengan bayar sendiri atau tidak ditanggung BPJS.
3. Untuk Pasien Gawat Darurat
Biasanya ketika terjadi kondisi darurat kita tidak memikirkan tentang administrasi, kita hanya memikirkan tentang keselamatan pasien. Maka untuk pasien gawat darurat bisa langsung dibawa ke rumah sakit tanpa harus mengantongi surat rujukan.
Mengingat nyawa pasien yang paling penting saat itu. Jika memang rumah sakit yang Anda datangi tidak menerima BPJS, tidak usah repot-repot untuk mencari rumah sakit lain. Karena semua pasien darurat berhak memperoleh pelayanan kesehatan dari rumah sakit manapun.
4. Menggunakan Ambulans
Pelayanan Ambulans juga dapat digunakan oleh pengguna BPJS. Pelayanan ini hanya untuk pasien yang memang harus dirujuk ke rumah sakit. Dan pastinya harus dengan alasan medis, misalnya untuk pasien rawat jalan yang harus melakukan terapi khusus dan harus di lakukan di rumah sakit lain untuk menjalani perawatan yang intensif. Maka ambulans boleh digunakan secara gratis. Hal ini bertujuan agar pasien tetap stabil selama di perjalanan dengan bantuan fasilitas di dalam ambulans.

Itulah beberapa cara menggunakan BPJS kesehatan. Jika mengikuti prosedur yang sesuai, maka semua pelayanan akan diberikan tanpa hambatan. Syarat untuk mendaftar BPJS pun tidaklah sulit cukup dengan menggunakan KK dan KTP para pemohon, maka akan langsung dibuat.

Kesimpulan

Setelah kartu BPJS diaktifkan, maka kita wajib membayar iuran secara rutin setiap bulannya. Terlebih sekarang dipermudahnya akses untuk membayar BPJS, bisa dilakukan dimanapun kita berada. Cukup lewat beberapa media atau lembaga yang bekerja dengan BJPS.

Diantaranya bisa dengan cara bayar BPJS lewat ATM BRI yang paling praktis dan mudah. Pasalnya ATM BRI mudah ditemukan dimanapun, naik diperkotaan maupun dipedesaan. Tidak sulit untuk membayar iuran BPJS lewat ATM BRI dengan mengikuti petunjuk atau langkah-langkah di atas.

Demikianlah informasi dari kami RekeningBri.com tentang 7 cara bayar BPJS lewat ATM BRI, semoga bermanfaat untuk anda dan kita semua. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang 15 cara mengambil uang di ATM BRI dengan mudah. Terimakasih.

 

 

Leave a Comment