7 Cara Aktivasi Mtoken BRI dan Registrasi Lewat Internet

RekeningBRI.com – Internet banking merupakan salah satu layanan yang digunakan oleh nasabah BRI guna memudahkan urusan transaksi, namun sebelumnya menggunakannya Anda perlu mengetahui cara aktivasi Mtoken BRI. Karena tanpanya Anda tidak bisa melakukan registrasi internet banking dan mengunakan berbagai fiturnya.

Bagi Anda yang belum mengetahui, Mtoken merupakan fitur pengaman tambahan yang digunakan setiap transaksi hendak dilakukan nasabah. Baik untuk melakukan pembayaran, transfer dana, hingga melakukan pembelian, pengubahan kata sandi rekening, serta pengubahan alamat e-mail.

setelah aktivasi selesai dilakukan, Anda akan mendapatkan SMS dari pihak server bank ke nomor yang Anda miliki dan terdaftar di internet banking BRI. Penggunaan Mtoken hanya bisa digunakan satu kali saja untuk tiap transaksi.

Manfaat penggunaan Mtoken cukup beragam dan fungsinya memang murni untuk keamanan bertransaksi. Sehingga setiap transaksi yang dilakukan oleh suatu rekening, Mtoken bisa berfungsi sebagai otentikasi tambahan agar memang pengguna yang sah dapat melakukan transaksi.

Terdapat batas waktu penggunan Mtoken, yakni dua belas jam kedepan dan jika melebihi batas tersebut Mtoken tidak bisa digunakan. Cara aktivasi Mtoken BRI tidak begitu sulit, Anda bisa melakukannya di berbagai cabang Bank BRI di seluruh Indonesia.

Ketentuan Mtoken BRI

Sebelum mengetahui terkait aktivasi Mtoken, sebaiknya Anda mengetahui ketentuan terkait penggunan fitur ini, antara lain:

  1. Nasabah yang ingin menggunakan fitur Mtoken diharuskan melakukan registrasi terlebih dahulu.
  2. Ketika nasabah meminta penggunaan Mtoken, pihak server bank akan mengirimkan SMS kepada nomor yang terdaftar dalam internet banking.
  3. Setiap transaksi pembayaran dan pembelian, nasabah bisa mendapatka Mtoken melalui SMS yang dikirimkan oleh pihak bank.
  4. Nasabah akan mendapatkan satu Mtoken untuk setiap permintaan, Mtoken tersebut dapat digunakan untuk melakukan semua transaksi dan RTGS.
  5. Setiap Mtoken hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi saja.
  6. Cara aktivasi Mtoken BRI menggunakan nomor ponsel, dan satu nomor ponsel hanya bisa digunakan untuk satu user.
  7. Jika nasabah melakukan permintaan penggunaan Mtoken, maka Mtoken sebelumnya akan terhapus.

Apabila seorang pengguna user atau nasabah salah memasukkan Mtoken yang dimiliki sebanyak tiga kali, maka user ID tersebut akan di blokir. Untuk membukanya kembali, nasabah harus menghubungi Call Center untuk dapat menggunakannya kembali.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat ketentuan yang harus Anda ketahui terkait penggunaan Mtoken. Ini dikarenakan terdapat batas masa berlaku penggunaan yang tercantum bersamaan dengan SMS yang dikirim.

Nomor ponsel yang digunakan untuk melakukan registrasi cukup beragam, banyak provider yang telah terdaftar dan bisa digunakan untuk melakukan aktivasi Mtoken. Diantaranya adalah Indosat, Bakrie Telecom, 3, XL, serta Telkomsel.

Cara Registrasi dan Aktivasi Mtoken

Cara Registrasi MToken BRI Lewat Internet

Cara aktivasi Mtoken BRI tidak bisa dilakukan jika Anda belum melakukan registrasi terlebih dahulu. Anda bisa melakukan registrasi dengan datang ke seluruh cabang BRI yang ada di Indonesia, ataupun menggunakan cabang yang paling dekat dengan rumah Anda.

Berikut merupakan tahapan dalam melakukan registrasi Mtoken sesuai dengan aturan yang berlaku, diantaranya adalah:

  1. Melakukan pengisian form pendaftaran nomor ponsel yang dimiliki oleh nasabah untuk Mtoken internet banking
  2. Membawa dokumen pendukung sebagai bukti konfirmasi data diri, yakni kartu ATM atau tabungan, serta KTP yang masih berlaku.
  3. Proses registrasi akan dibantu oleh pihak bank, kemudian setelah selesai nasabah akan mendapatkan SMS yang berisi nomor aktivasi.
  4. Jika Anda sudah mendapatkan SMS tersebut, segera lakukan aktivasi untuk Mtoken internet banking

Setelahnya Anda bisa melakukan cara aktivasi Mtoken BRI dengan mengikuti panduan pengaktifan berikut ini:

  1. Melakukan login ke internet banking BRI, kemudian masuk ke dalam menu Layanan Nasabah.
  2. Pilih menu yang bertuliskan Aktivasi Mtoken, kemudian periksa apakah nomor aktfasi di internet banking sama dengan yang Anda dapatkan di SMS.
  3. Masukkan nomor aktifasi yang telah Anda dapatkan, kemudia tekan Kirim.

Apabila proses tersebut sudah selesai, maka proses pengaktifan Mtoken telah mencapai tahap final. Anda bisa mendapatkan notifikasi menu Aktivasi Mtoken apabila telah berhasil melakukan registrasi Mtoken.

Masalah dan Pertanyaan Seputar Aktivasi Mtoken

Anda sudah mengaktifkan Mtoken dan bisa memanfaatkan fitur yang ada di dalamnya, namun seringkali masih ada nasabah yang mendapatkan masalah ataupun pertanyaan terkait aktifasi maupun penggunaan Mtoken.

Setelah mengetahui cara aktivasi Mtoken BRI, tentunya Anda mengetahui bahwa terdapat ketentuan satu nomor ponsel untuk satu user. Namun bagaimana jika nomor yang Anda gunakan sudah tidak aktif atau hilang?

Untungnya Anda tetap bisa menggunakan layanan Mtoken dengan mengganti nomor ponsel pada internet banking. Terdapat dua cara untuk mengatasi masalah pergantian nomor ponsel ini, pertama dengan menghubungi Call Center BRI guna menghapus nomor ponsel yang Anda gunakan sebelumnya.

Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan registrasi ulang Mtoken dengan datang ke kantor cabang BRI. Sedangkan cara kedua adalah langsung datang ke cabang BRI dan meminta penghapusan nomor ponsel yang Anda gunakan untuk Mtoken.

Apabila Anda menggunakan Mtoken, Anda tetap akan dikenai biaya SMS yang akan secara otomatis diambil dari pulsa provider Anda. Hal tersebut sudah merupakan ketentuan pihak bank dan tidak dapat diganggu gugat.

Demikianlah informasi singkat mengenai cara aktivasi Mtoken BRI, ketentuan dan beberapa hal detail mengenai penggunaanya. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait Mtoken, Anda bisa menghubungi customer call BRI ataupun datang langsung ke kantor cabang BRI yang dekat dengan rumah atau kantor Anda.

Cukup sekian informasi rekeningbri.com seputar cara aktivasi MToken BRI. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi nasabah yang belum mengetahui cara registrasi MToken BRI. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Bayar Shopee Via SMS Banking BRI” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Comment