Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI Terbaru

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI, tanpa ribet. Bagi anda yang tidak ingin mengantri lama dan menghabiskan waktu anda hanya untuk membayar tagihan FIF, bayar FIF lewat ATM BRI adalah solusinya. Dengan membayar FIF lewat ATM BRI anda tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor dan mengantri lama, cukup datang ke ATM terdekat, anda sudah bisa membayar tagihan FIF anda.

PT Federal International Finance atau disingkat FIF merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang keuangan yang melayani beragam jenis pembiayaan konvensional dan syari’ah untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan. Pembiayaan yang ditawarkan oleh perusahaan ini seperti sepeda motor Honda baru, multiproduk maupun multiguna, serta pembiayaan Haji dan Umroh. Perusahaan yang berinduk pada Astra Motor ini memiliki akses distribusi yang dioptimakan melalui berbagai jenis jalinan bisnis kemitraan dan menjalin kerja sama dalam skema pelanggan grup dengan korporasi seperti ritel/ATPM, Lotte Mart, dealer, dan Glaxo Smith Kline.

FIF kini menjadi andalan utama bagi orang-orang yang ingin mempunyai kendaraan sepeda motor tapi belum mempunyai uang yang cukup, karena FIF menawarkan bunga yang cukup rendah juga. Untuk proses pengajuannya sangat mudah sekali, anda tinggal mendatangi dealer motor Honda terdekat anda dengan membawa uang muka serta dokumen-dokumen seperti slip gaji selama 3 bulan terakhir dan fotocopy KTP. Setelah itu, pihak FIF akan memproses pengajuannya dengan melakukan survey dan menentukan apakah pengajuan kredit anda disetujui oleh pihak FIF atau tidak.

Setelah pengajuan kredit motor Honda anda disetujui, maka selanjutnya anda akan mendapatkan nomor kontrak. Nah, nomor kontrak atau nomor pelanggan ini berfungsi untuk keperluan pembayaran angsuran motor anda nanti. Nomor kontrak ini bisa anda gunakan ketika anda akan melakukan metode pembayaran angsuran kredit motor Honda yang anda miliki setiap bulannya sebelum jatuh tempo melalui metode pembayaran alfamart atau indomaret, kantor pos, kantor cabang FIF, ATM ataupun yang lainnya.

Hal Yang Perlu Diperhatikan

Sebelum anda melakukan proses pembayaran tagihan motor anda melalui ATM BRI, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan supaya proses pembayaran anda berjalan dengan lancar, yaitu:

1. Pastikan tagihan dalam masa aktif bukan masa tenggang serta tidak dalam kondisi terblokir
2. Pastikan juga anda memiliki saldo ATM yang cukup
3. ATM anda tidak sedang diblokir
4. Pastikan anda mengetahui jumlah tagihan FIF anda dengan benar
5. Jangan lupa untuk membawa kode FIF pembayaran cicilan
6. Anda bersedia membayar biaya admin pada pembayaran FIF

Setelah anda memahami syarat-syarat diatas, selanjutnya anda perlu mengetahui tentang kode FIF itu sendiri. Kode ini terbilang penting sekali karena ketika anda ingin melakukan pembayaran tagihan FIF lewat ATM BRI, anda akan diminta untuk memasukan kode FIF. Jika anda melewati proses ini, pembayaran tagihan FIF anda dipastikan akan mengalami kegagalan.

Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui kode FIF sebelum melakukan proses pembayaran tagihan FIF. Adapun kode FIF yang harus anda masukan ketika anda akan melakukan pembayaran adalah “1001”, dan kode ini anda masukan sebelum anda memasukan ID FIF yang anda miliki.

Cara Bayar FIF Lewat ATM BRI

Cara bayar fif lewat atm bank bri

Setelah anda memastikan semua syarat-syarat terpenuhi, pembahasan selanjutnya adalah tentang bagaimana cara membayar FIF lewat ATM BRI. Adapun cara bayar FIF lewat ATM BRI adalah sebagai berikut:

1. Datang ke mesin ATM terdekat anda
2. Setelah itu, masukan kartu ATM pada mesin ATM
3. Kemudian pilih bahasa yang anda inginkan
4. Setelah itu, masukkan 6 digit nomor PIN ATM anda
5. Selanjutnya pilih menu “Transaksi Lainnya”
6. Pilihlah menu “Pembayaran”
7. Setelah itu masuk ke menu “Cicilan Motor”
8. Kemudian pilih menu “FIF”
9. Selanjutnya masukan “Nomor Kontran/No Pelanggan” anda kemudian tekan “Benar”
10. Setelah itu, masuk ke informasi pembayaran FIF, kemudian tekan “Benar”
11. Tunggu sampai proses transaksi berhasil
12. Setelah itu, simpan struk yang keluar dari mesin ATM sebagai bukti pembayaran FIF

Jika anda mengalami kendala saat melakukan pembayaran tagihan FIF, yang perlu anda lakukan adalah cukup menghubungi call center FIF di nomor ‘1500-343’ atau anda bisa hubungi “0895-21500-343” melalui panggilan whatsapp. Dan yang perlu anda ketahui juga ketika anda melakukan pembayaran FIF melalui ATM BRI, anda akan dikenai tarif biaya admin sebesar Rp. 3.000.

Selain itu, perlu anda ketahui bahwa setiap angsuran mempunyai tanggal jatuh tempo nya masing-masing. Artinya, tanggal jatuh tempo pelanggan satu dengan yang lainnya itu berbeda disesuaikan dengan ketika anda melakukan ACC angsuran yang pertama atau ketika anda melakukan pembelian sepeda motor tersebut. Misalnya, ketika anda melakukan pembeliaan sepeda motor di tanggal 1, maka tanggal jatuh tempo setiap bulannya adalah di tanggal 1.

Adapun denda yang diberikan ketika anda telat untuk membayar tagihan FIF nya adalah 0,5% per hari dari jumlah tagihan angsuran anda pada setiap bulannya. Maka dari itu, pastikan anda membayar tagihannya secara tepat waktu atau sebelum jatuh tempo, jika telat anda akan menerima denda karena keterlambatan membayar tagihan.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah tentang bagaimana cara bayar FIF lewat ATM BRI yang telah dijelaskan secara terperinci. Sangat mudah bukan? Semoga tulisan ini bisa membantu kalian yang ingin membayar tagihan FIF juga. Dan semoga tulisan ini menambah wawasan bagi kalian yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi menarik dari kami sebelumnya tentang cara tukar uang asing di bank BRI.

Leave a Comment