11 Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI dan Biaya Admin

Rekeningbri.com – ATM sebenarnya bisa digunakan untuk melakukan beberapa cara pembayaran termasuk cara bayar listrik lewat ATM BRI. Jumlah mesinnya pun sudah cukup banyak dan tersedia di setiap daerah terutama per kecamatan.

Beda halnya dengan tempat pembayaran rekening listrik yang tidak setiap daerah terutama setiap kecamatan memiliki tempat tersebut. Dapat dibandingkan jumlah mesin ATM tentu lebih banyak dibanding loket pembayaran listrik.

Hal ini menjadi dapat memberikan kemudahan bagi Anda yang akan melakukan pembayaran tersebut. Selain itu, Anda bisa lebih cepat dalam melakukannya karena caranya cukup cepat dan mudah dijangkau.

Dalam keadaan tertentu terutama saat mendesak, cara bayar listrik lewat ATM BRI ini dapat menjadi solusi. Misalnya, saat sudah masuk jatuh tempo pembayaran Anda bisa lebih cepat melakukan pembayaran melalui mesin tersebut sebelum listrik diputus akibat telat melakukan pembayaran.

Khusus untuk beberapa orang yang tidak selalu memegang uang tunai untuk pembayaran tersebut, pastinya mereka akan menarik uang dari mesin terlebih dahulu. Pada saat itu agar tidak perlu mengunjungi tempat lain maka Anda bisa melakukan transaksi pembayaran tagihan tersebut.

Anda dapat membayar tagihan tersebut melalui mesin ATM. Cara pembayarab tersebut sudah dipasang sedemikian rupa dengan kerjasama antara pihak BRI dan juga perusahaan listrik milik negara yaitu PLN.

Anda yang menggunakan listrik dengan sistem abodemen tentunya akan mendapat tagihan setiap satu bulan sekali. Anda tak perlu khawatir karena pembayaran akan langsung sampai ke pihak PLN.

Cara bayar listrik lewat ATM BRI memerlukan beberapa persyaratan yang paling utama yaitu kartu ATM BRI, saldo ATM dan nomor ID pelanggan PLN yang Anda miliki. Agar lebih cepat Anda dapat mencari mesin disekitar rumah Anda dan pastikan tidak terlalu mengantri.

Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI

Siapkan semua persyaratan tersebut dan pastikan semuanya dapat digunakan. Untuk ID pelanggan bila perlu catat dalam sebuah catatan kecil atau pada ponsel Anda agar tidak salah dalam mengetikkan nomornya.

Apalagi nomor tersebut terdiri dari 12 digit. Sehingga, untuk dapat dihafal diluar kepala akan sangat sedikit kemungkinannya karena jumlah nomornya yang cukup banyak dan bervariasi.

Nah untuk mengetahui secara detail bagaimana cara bayar listrik di ATM BRI, silahkan simak informasi rekeningbri.com berikut ini. 

  1. Setelah itu, kunjungi mesin ATM BRI terdekat. Pastikan mesin yang dikunjungi harus milik BRI dan bukan bank lain agar lebih mudah sampai dan terdeteksi langsung oleh PLN.
  2. Cara bayar listrik lewat ATM BRI berikutnya yaitu masukkan kartu ATM jika Anda sudah mendapat giliran untuk masuk ke ruang mesin. Lakukan proses seperti untuk melakukan transaksi pada umumnya yaitu memasukan PIN ATM dan juga memilih pengaturan bahasa.
  3. Pilih bahasa Indonesia agar lebih mudah dibaca dan dimengerti oleh Anda.
  4. Setelah berhasil masuk ke menu utama, silahkan pilih menu “Menu LainnyaCara Bayar Listrik di ATM BRI
  5. Jika sudah pas, maka berikutnya kembali ke menu utama dan pilih menu “Pembayaran/Pembelian“.Pembayaran Listrik Via ATM BRI
  6. Jika sudah Anda akan diberikan pilihan menu yang tampil pada layar menu dan pilihlah menu “Listrik/Gas“.Cara Bayar Tagihan Listrik PLN di ATM BRI
  7. Setelah menu listrik Anda pilih, Anda akan diberikan pilihan lain untuk kategori ini. Karena Anda menggunakan abodemen sehingga pembayaran tagihan harus satu bulan sekali, maka pilihlah menu “PLN Pascabayar“.
  8. Cara bayar listrik lewat ATM BRI berikutnya Anda diharuskan memasukkan nomor ID pelanggan PLN berdasarkan nomor yang sudah Anda miliki. Nomor tersebut biasanya juga memiliki nama pemilik dari listrik tersebut sesuai nama yang diajukan pada saat awal pemasangan.
  9. Jika nomor ID sudah dimasukkan maka Anda akan melihat tampilan informasi pada layar mesin yang harus Anda konfirmasikan. Informasi tersebut berisi nomor ID, nama pelanggan, dan juga jumlah tagihan dari nomor ID tersebut. Apabila informasi yang ditampilkan sudah benar, maka pilih “Ya“.Bayar Listrik Via ATM BRI
  10. Selanjutnya akan muncul opsi untuk memilih jenis rekening. Silahkan pilih “Dari Rekening Tabungan“.
  11. Silahkan tunggu sampai transaksi bayar tagihan listrik berhasil. Apabila berhasil maka layar ATM akan menampilkan tulisan Transaksi Berhasil dan anda akan mendapatkan struk bukti pembayaran.

Biaya Admin Bayar Listrik Via ATM BRI

Perlu kalian ketahui, bayar tagihan listrik lewat ATM BRI akan dikenakan biaya admin bank sebesar Rp. 3.000. Menurut kami biayanya tergolong terjangkau dan sebanding dengan kemudahan yang didapatkan.

Setelah mengetahui cara bayar tagihan listrik lewat ATM BRI maka anda bisa dengan mudah membayar tagihan setiap bulannya. Jangan sampai telat membayar karena bisa mendapatkan denda dan yang terparah bisa mengakibatkan listrik diputuh pihak PLN

Kesimpulan

Tak hanya untuk bayar tagihan listrik saja, beberapa jenis tagihan lainnya seperti BPJS atau listrik prabayar pun bisa dilakukan melalui mesin ATM ini. BRI pun sudah menjamin keamanan dari setiap transaksi yang hendak dilakukan.

Hal ini tentu menjadikan ATM BRI ini menjadi mesin yang multifungsi dan dapat membantu meringankan pekerjaan masyarakat. Sistem yang digunakannya pun sudah mendapat penjaminan dari lihak BRI maupun PLN.

Dari cara bayar listrik lewat ATM BRI ini dapat disimpulkan bahwa kehadiran mesin ini merupakan sebuah kemudahan melalui kecanggihan teknologi. Setiap penggunanya sudah tentu dapat mengoperasikannya karena caranya yang tidak terlalu rumit.

Apabila masih ada pertanyaan seputar informasi di atas, silahkan simak halaman FAQ di bawah ini.

Apakah Bayar Listrik di ATM BRI Dikenakan Biaya?

Yah, setiap transaksi akan dikenakan biaya admin sebesar Rp. 3.000

Mengapa Tidak Bisa Bayar Listrik di ATM BRI?

Mungkin anda salah memasukan nomor pelanggan PLN. Pastikan memasukan nomor pelanggan dengan benar agar pembayaran dapat berhasil.

Apakah Tagihan Listrik Langsung Lunas Setelah Bayar di ATM BRI?

Tagihan akan langsung lunas setelah melakukan pembayaran di ATM BRI

Berapa Minimal Pembayaran Tagihan Listrik di ATM BRI?

Tidak ada minimal ataupun maksimal. Berapapun tagihan yang keluar bisa dibayarkan melalui ATM BRI.

Cukup sekian informasi cara bayar listrik lewat ATM BRI. Simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Mengecek Saldo SMS Banking BRI” dan beragam artikel menarik lainnya seputar Bank BRI.

Leave a Comment