CARA BAYAR TIKET KERETA API VIA ATM BRI

Cara bayar tiket kereta api via atm BRI sangatlah praktis dan efisien. Cara ini tentulah sangat membantu nasabah dalam bertransaksi. Apalagi di zaman sekarang ini, kita sedang memasuki era revolusi industry atau orang biasa menyebutnya era 4.0 yang sebentar lagi akan memasuki era society 5.0.

Jelasnya, revolusi industry 4.0 itu adalah era industri yang di mana seluruh entitas yang ada di dalamnya saling berkesinambungan dan dapat saling berkomunikasi secara real time kapan saja dengan sesuai dengan pemanfaatan teknologi internet serta CPS yang bertujuan untuk tercapainya kreasi nilai-nilai baru. Perbankan adalah salah satu sektor yang memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut. Salah satu contohnya adalah pembayaran tiket kereta api via atm BRI.

Kerjasama yang dilakukan kedua belah pihak antara Bank BRI dengan Badan Usaha Milik Negara yaitu PT KAI Indonesia selain menguntungkan kedua belah pihak juga menguntungkan nasabah itu sendiri. Pasalnya, ketika kita melalukan transaksi pembayaran tiket kereta api, kita tidak harus datang ke statsiun dan mengantri panjang untuk membayar tiketnya. Terlebih juga sekarang masih dalam masa pandemi, yang mengharuskan orang untuk tetap diam dirumah saja jika tidak ada keperluan yang sangat penting, atau boleh keluar tetapi harus tetap menjaga protokol kesehatannya.

Tak hanya bank BRI, pembayaran tiket kereta api juga bisa dilakukan di bank bank lainnya yang mensupport pembayaran tiket kereta api lewat atm. Misalnya seperti Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BPD atau bank bank lainnya. Tak heran, jika cara ini banyak dipilih oleh masyarakat sekarang ini.

Hal-Hal Yang Perlu Di Perhatikan

Disamping tingkat keamanannya yang lebih tinggi dibanding ketika kita membayar langsung ke stasiun, kita juga dapat terhindar dari para calo tiket yang menawarkan tiket kereta api dengan harga yang lebih tinggi daripada harga aslinya. Adapun ketika anda ingin melakukan transaksi pembyaran tiket kereta api, anda harus memperhatikan hal-hal ini terlebih dahulu:

  1. Nama Pemesanan
  2. Kode Pembayaran
  3. Jumlah Pembayaran, dan
  4. Kode Perusahaan

Keempat hal diatas, dapat dilihat pada bukti pemesanan (booking) tiket kerta api yang biasanya dikirimkan ke email yang anda cantumkan pada saat pemesanan. Disamping itu, nomor kode perusahaan yang dimaksud adalah nomor PT Kereta Api yang otomatis sudah dicantumkan ketika anda memilih opsi pembayaran tiket kereta api via ATM BRI. Usahakan keempat hal diatas sudah sesuai, dan anda siap untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cara Bayar Tiket Kereta Api Via ATM BRI

cara membayar tiket kereta api lewat atm bri

Di bawah ini adalah cara atau langkah-langkah membayar tiket kereta api via ATM BRI dengan mudah yaitu sebagai berikut :

  1. Datang ke mesin ATM terdekat
  2. Masukan kartu ATM BRI anda
  3. Lalu masukan 6 digit PIN ATM anda
  4. Masuk ke menu “Pembayaran”
  5. Lalu pilih menu “Transaksi Lainnya/Lainnya”
  6. Kemudian pilih menu pembayaran “Tiketing”
  7. Pilih menu “Kereta Api”
  8. Lalu masukan 13 digit kode pembayaran kereta api anda setelah anda memesan (booking) tiket
  9. Cek kembali empat hal (nama pemesanan, kode pembayaran, jumlah pembayaran, dan kode perusahaan)
  10. Pastikan semuanya sudah sesuai dan tekan “Benar”
  11. Secara otomatsi transaksi pembayaran anda akan diproses
  12. Tunggu sampai struk keluar dari mesin ATM sebagai tanda bahwa transaksi anda telah berhasil
  13. Simpan struk sebagai bukti pembayaran tiket kereta api anda

Perlu anda ketahui, selain pembayaran tiket kereta api yang bisa dilakukan lewat mesin ATM, pembayaran tiket kereta api juga bisa dilakukan di minimarket, seperti Indomaret dan Alfamart. Ketika anda melakukan transaksi pembayaran tiket kereta api lewat minimarket, anda juga akan  mendapatkan struk pembayaran. Lagi-lagi, anda disarankan untuk tidak membuang struk tersebut guna sebagai bukti pembayaran ketika petugas dari PT KAI meminta untuk menunjukan bukti pembayarannya.

Untuk pemesanan tiket kereta api sendiri, bisa anda lakukan di laman website resmi PT KAI itu sendiri, atau anda bisa booking di aplikasi online lainnya yang juga menyediakan layanan jasa untuk pemesanan tiket kereta api.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah cara bayar tiket kereta api lewat ATM BRI yang telah kami jelaskan dengan rinci, semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan teman-teman yang membacanya dan khsusunya teman-teman yang akan melakukan pembayaran tiket kereta api lewat ATM BRI tidak lagi bingung tentang proses pembayarannya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com tentang cara bayar tiket kereta api via ATM BRI, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara settlement EDC BRI.

Leave a Comment