Cara Bikin m-Banking BRI Terbaru

Cara Bikin m-Banking BRI, dengan cepat dan mudah. Salah satu terobosan baru yang dikeluarkan oleh Bank BRI ini yaitu m-Banking mulai eksis sejak tahun 2012 lalu. Terobosan ini berbentuk sebuah aplikasi yang bisa nasabah gunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi keungan dari mulai cek saldo, transfer, bayar tagihan kartu kredit, bayar listrik dan masih banyak lagi transaksi keungan yang bisa anda lakukan lewat m-banking ini.

Namun, m-banking ini berbeda dengan internet banking. Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa m-banking merupakan sebuah aplikasi yang bisa di dapatkan oleh nasabahnya dengan cara mendownload aplikasi tersebut. sedangkan internet banking adalah sebuah website milik Bank yang bisa digunakan oleh nasabahnya untuk melakukan transaksi keuangan.

Ada beberapa fitur yang ditawarkan oleh m-banking ini sendiri, anatara lain: transfer antarbank, pembayaran tagihan kartu kredit, pembayaran kebutuhan rumah, seperti listrik, PDAM, hingga internet, pembayaran premi BPJS Kesehatan dan asuransi swasta lainnya, pembelian dan top up dompet digital, seperti OVO, Gopay, hingga LinkAja, pembayaran pajak, investasi, cetak rekening koran, mengganti PIN ATM, dan masih banyak lagi. Disamping itu, m-banking juga mempunyai segudang fungsi yang akan menguntungkan nasabahnya ketika menggunakan aplikasi ini.

Cara Bikin m-Banking BRI

cara bikin m banking bank bri

Setelah mengetahui apa itu m-banking beserta fitur-fitur yang ditawarkan didalamnya, jika anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi m-banking, terlebih dahulu anda harus mendownload aplikasi nya di playstore ataupun di appstore. Setelah itu anda akan diminta untuk meregistrasi akun m-banking anda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan ketika anda akan melakukan registrasi m-banking anda. Berikut penjelasannya:

1. Cara daftar m-banking melalui mesin ATM

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan ketika anda akan mengaktivasi akun mobile banking anda adalah melalui mesin ATM. Cara ini cukup mudah dan anda tidak perlu mengantri lama untuk melakukan aktivitas ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Datanglah ke ATM terdekat anda
2. Masukan kartu ATM dan pilih bahasa yang akan anda gunakan
3. Lalu, silakan masukan 6 digit PIN anda
4. Setelah itu, silakan pilih menu “Transaksi Lain”, kemudian pilih menu “Lainnya”
5. Lanjut ke menu “Registrasi”
6. Lalu, pilih “Mobile Banking”
7. Kemudian, masukkan nomor handphone anda
8. Lalu, masukkan juga enam digit PIN Mobile Banking yang sudah anda siapkan
9. Jika transaksi anda berhasil, anda akan mendapatkan struk yang keluar dari mesin ATM
10. Langkah terakhir, anda hanya perlu mengkonfirmasi kepada pihak bank dengan membawa ATM dan KTP anda

2. Cara daftar m-banking melalui kantor cabang BRI

Sebelum anda mendatangi kantor cabang BRI untuk melakukan registrasi, ada beberapa persyaratan yang perlu anda bawa ketika akan melakukan aktivitas tersebut, dianataranya:

• Buku rekening tabungan BRI beserta Kartu ATM BRI yang anda miliki
• KTP sebagai identitas diri anda
• Handphone yang sudah ada aplikasi Mobile Banking didalamnya
• Email aktif yang anda gunakan untuk menerima notifikasi

Jika semua persyaratan sudah lengkap, silakan anda datangi kantor cabang BRI terdekat anda. Setelah tiba disana silakan ambil nomor antrian ke Customer Service. Setelah itu, sampaikan maksud dan tujuan anda datang ke kantor cabang adalah untuk membuat akun Mobile Banking BRI. Biasanya CS akan langsung meminta anda untuk mengisi formulir pendaftaran m-banking anda, sekaligus memberikan m-Token.

Selain aktivasi melalui ATM dan Kantor Cabang, anda juga bisa melakukan aktivasi sendiri melalui handphone anda, berikut adalah cara-caranya:

1. Silakan buka aplikasi BRI Mobile di handphone anda
2. Setelah itu, pilih Internet Banking BRI
3. Lalu, tekan “izinkan” apabula ada permintaan dari aplikasi
4. Kemduian, silakan masukkan User ID dan Password anda
5. Lalu, pilih menu “aktivasi” kemdian pilih “Ya”
6. Setelah itu, akan muncul notifikasi konfirmasi. Jika benar, pilih “Ya”
7. Lalu, akan muncul notifikasi permintaan. Jika setuju, silakan pilih “OK”
8. Pastikan anda mempunyai cukup pulsa untuk melakukan pengiriman pesan ke nomor 3300
9. Jika aktivasi anda berhasil, akan muncul pesan dari no tersebut yang menyatakan aktivasi anda telah sukses dilakukan

Jika anda telah melakukan cara-cara diatas, silakan buka aplikasi m-banking anda, login kemudian logout lagi untuk memastikan apakah aktivasi yang anda lakukan sudah berhasil atau belum. Jika anda berhasil login, berarti aktivasi yang anda lakukan sukses.

Kelebihan dan Kekurangan m-Banking

Disamping memberikan kemudahan bagi kita dalam melakukan transaksi keuangan. Aplikasi m-banking ini sendiri mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Hal ini perlu anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk melakukan atau membuat akun m-banking. Adapun kelebihan dan kekurangan aplikasi m-banking adalah sebagai berikut:

1. Kelebihan

• Jangkauan koneksi lebih luas serta mudah diakses kapan pun dan di mana pun
• Lebih menghemat waktu maupun biaya. Karena nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan transaksi keuangan
• Dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur sederhana dan mudah dipahami
• M-banking mempunyai biaya transaksi keuangan yang lebih rendah daripada internet banking.
• Tentunya sangat aman diguanakn sehingga dapat meminimalisir risiko penipuan

2. Kekurangan

• Nasabah diharuskan untuk memiliki koneksi internet yang kuat supaya bisa mengakses aplikasi m-Banking
• Berisiko terhadap pencurian data
• Akan dikenakan tarif biaya SMS untuk mendaftarkan nomor rekening baru untuk transfer

Kesimpulan

Itulah beberapa cara bikin m-banking BRI yang cepat dan mudah dan bisa anda ikuti langkah-langkahnya ketika anda ingin mebuat akun m-banking juga. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi siapapun yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara bayar kartu kredit BRI.

Leave a Comment