Cara Daftar Mobile Banking BRI di Android

Cara Daftar Mobile Banking BRI di Android, dengan cepat dan mudah. Mobile banking merupakan versi mobile dari Internet banking. Namun perlu diperhatikan bahwa mobile banking BRI dan internet banking sebenarnya berbeda, meskipun memiliki fungsi yang hampir sama dari segi fungsionalitas.

Bedanya, ketika anda menggunakan layanan internet banking, anda tidak perlu mendownload aplikasi terlebih dahulu, cukup dengan membuka website resmi bank BRI. Sedangkan Mobile Banking itu sendiri merupakan aplikasi yang hampir memiliki fungsi yang sama dengan internet banking, namun ketika anda menggunakan layanan ini anda harus mendownload aplikasi terlebih dahulu di play store atau di app store. Kedua layanan tersebut bisa anda gunakan untuk transaksi keuangan seperti cek saldo, transfer, bayar tagihan, dan masih banyak lagi.

Bagi anda nasabah bank BRI yang tertarik untuk memiliki layanan mobile banking, ada beberapa cara untuk mendapatkannya, yaitu:

Daftar Mobile Banking Melalui ATM

Bagi anda yang tidak ingin mengantri lama di kantor cabang, anda bisa mendaftar mobile banking melalui ATM. Adapun langkah-langkah daftar mobile banking melalui ATM adalah sebagai berikut:

  1. Pergi ke Mesin ATM terdekat anda
  2. Masukan Kartu ATM BRI ke dalam mesin ATM
  3. Lalu, pilih bahasa yang ingin anda gunakan
  4. Setelah itu, masukan 6 digit PIN ATM anda
  5. Kemudian pilih menu “Transaksi Lainnya”
  6. Pilih menu “Lainnya”
  7. Kemudian pilih menu “Registrasi”
  8. Silakan pilih menu “Mobile Banking”
  9. Masukan Nomor handphone anda yang aktif
  10. Kemudian masukan PIN Mobile banking yang akan anda gunakan nantinya
  11. Tunggu beberapa saat sampai proses registrasi berhasil
  12. Jika registrasi anda berhasil maka anda akan mendapatkan struk pendaftaran
  13. Simpan struk sebagai bukti bahwa anda telah melakukan registrasi mobile banking di ATM
  14. Selesai

Syarat-Syarat Mendaftar BRI Mobile Banking

Jika anda tidak ingin repot melakukan registrasi BRI Mobile Banking melalui ATM, anda dapat melakukan registrasi langsung di kantor cabang bank BRI. Saat mendaftar di kantor cabang, anda akan dipandu langsung oleh customer service dan tentunya bisa langsung mengaktifkan mobile banking untuk menggunakan semua fungsi. Lalu apa saja yang diperlukan untuk mendaftar di cabang mobile banking atau internet banking BRI? Berikut adalah syarat-syaratnya:

  1. Buku tabungan rekening BRI
  2. Kartu ATM BRI
  3. Identitas diri berupa KTP asli
  4. Email yang akan anda gunakan untuk konfirmasi akun m banking anda
  5. Handphone yang anda gunakan untuk menginstal aplikasi BRI Mobile

Jika semua persyaratan di atas sudah terpenuhi, datanglah ke kantor cabang bank BRI terdekat. Saat Anda tiba di kantor BRI, biasanya petugas keamanan atau customer service akan menanyakan kebutuhan Anda untuk pergi ke bank. Beritahu saya jika Anda ingin mendaftar BRI Mobile Banking dan Anda telah memenuhi semua persyaratan.

Cara Daftar Mobile Banking BRI di Android

cara daftar mobile banking bri

Aktivasi ini khusus untuk aktivasi Internet banking dengan Mobile Banking. Sama seperti setelah konfirmasi pendaftaran di bank BRI. Tetapi jika belum terkonfirmasi di cabang maka tidak dapat melakukan aktivasi Mobile Banking BRI dan M-Token. Oleh karena itu, jika tidak dikonfirmasi ke customer service bank Anda, Anda hanya dapat mengakses Internet banking melalui website resmi BRI.

Jika sudah pergi ke kantor cabang, langkah selanjutnya adalah anda perlu melakukan aktivasi terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi BRI Mobile. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan Instal aplikasi BRI Mobile
  2. Buka aplikasi bri mobile
  3. Lalu pilih menu internet banking
  4. Pilih izinkan bila aplikasi meminta akses kontak ponsel dan lain-lain
  5. Masukan User id dan password
  6. Kemudian Pilih aktivasi
  7. Setelah itu pilih “Ya”
  8. Berikutnya akan muncul notifikasi untuk mengirimkan pesan pilih “Ya”
  9. Setelah itu kirim pesan sesuai format yang ada
  10. Silahkan klik kembali pada hp dan tunggu pesan aktivasi muncul dari 3300
  11. Aktivasi berhasil kalau sudah dapat pesan berupa “aktivasi sukses“
  12. Selesai

Jika muncul pesan “Activation success”, bri mobile secara otomatis aktif dan berhasil didaftarkan. Yang pasti, logout dan login kembali ke bri mobile. Jika proses aktivasi gagal, pastikan handphone anda belum pernah digunakan untuk aktivasi, jika sudah dipakai tidak bisa digunakan lagi. Pastikan sisa saldo nomor yang terdaftar cukup untuk mengaktifkan Rp. 2000. Jika itu masih tidak berhasil, hapus data aplikasi seluler bri, mulai ulang ponsel anda dan coba lagi.

Cara Mengaktifkan m-Token

Sebelum memulai aktivasi, pastikan nomor yang akan digunakan di m-Token sudah terdaftar di customer service BRI. Kode m-Token ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan anda dalam bertransaksi. Berikut adalah cara untuk mengaktifkan m-Token anda:

  1. Login ke bri Internet Banking di aplikasi atau di https://ib.bri.co.id
  2. Kemudian pilih menu aktivasi token m
  3. Kemudian masukkan nomor aktivasi yang terdaftar
  4. Kemudian klik Kirim
  5. Masukkan kode m Token dan kirim
  6. Tunggu beberapa saat sampai aktivasi anda berhasil

Jika menu aktivasi m-token tidak muncul, langkah sederhananya adalah mendaftar dan mengaktifkan m-token di KCP BRI. Saat mengisi formulir pendaftaran nomor handphone untuk internet banking m token dan jangan lupa membawa pass book dan KTP.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara daftar mobile banking BRI di Handphone android. Apapun jenis handphone anda, anda tetap bisa menikmati layanan tersebut dengan mudah. Cara daftar dan aktivasinya pun tidak terlalu sulit. Yang penting, anda memahami setiap langkahnya secara seksama. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu anda yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara membuat kartu kredit BRI untuk ibu rumah tangga.

Leave a Comment