Cara Membayar SBMPTN Melalui BRI

Gimana hasil SNMPTN kamu? Lulus nggak? Wahhh nggak apa-apa kok, jangan berkecil hati ya, kamu bersama 744.140 calon mahasiswa lainnya. Kamu nggak sendirian, jangan menyerah ya !!! Coba cara lain yuk !!

Empat tahun yang lalu, kita di posisi yang sama. Awalnya tidak sedikitpun terbesit dalam pikiranku untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, yang aku inginkan hanya kerja, kerja dan kerja. Namun lambat laun pola pikirku berubah, perlahan namun pasti tekad untuk melanjutkan study semakin menggebu.

Cita-citaku ingin menjadi dosen dan aku tau ini memang tidak mudah, tapi prinsipku ketika aku gagal aku akan memulai lagi. Singkat cerita berawal dari perjalanan mengenyam pendidikan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang hampir usai, aku mulai mencari info dan mengikuti alur menjadi calon mahasiswa. Perjalanan masuk PTN tidaklah mudah, cukup sulit untuk ditempuh tapi aku tidak menyerah.

Tahun 2017 adalah akhir kehidupanku di SMK, aku mendatangi guru BK (Bimbingan Konseling) dan menanyakan langkah langkah untuk bisa masuk PTN. Beliau menjelaskan dengan sangat rinci dan aku mencoba mengikuti sarannya untuk mendaftar melalui SNMPTN, namun hasil yang aku peroleh adalah merah yang artinya aku tidak lolos atau gagal. Padahal jurusan yang aku ambil adalah jurusan yang paling rendah saingannya dan aku memilih perguruan tinggi yang belum terlalu terkenal.

Jika harus merasakan apa yang sedang terjadi rasanya memang sangat berat. Kecewa  bercampur sedih menjadi satu dan dengan ini aku menjadi mengerti serta memahami bahwa mewujudkan mimpi itu memang sulit. Pepatah “hidup tak semudah membalikan telapak tangan” memang benar adanya.

Kekecewaan dan kesedihan itu membuatku membulatkan tekad untuk lebih giat dan mengerahkan seluruh tenaga untuk mencapai mimpiku masuk PTN. Yaa meskipun sekarang aku gagal, tapi aku percaya tuhan punya cerita lain untukku.

Apa itu SNMPTN?

Berbekal kegagalan dan tekadku itu, aku mengikuti alur kedua masuk PTN yaitu SBMPTN. Yappps masih ada cara lain untuk meraih mimpiku. Kamu jangan hanya menganggap SNMPTN adalah satu satunya cara masuk PTN ya, kamu kebangetan hehe.

SBMPTN yang merupakan kepanjangan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri juga menawarkan hal yang sama dengan SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Keduanya sama sama merupakan seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri. Yaaa memang ada tapinya hehe.

Apa itu tapinya? Hemmm, tapinya adalah ada sedikit perbedaan diantara keduanya. Uuppsss tapi tidak banyak kok, dalam SNMPTN hanya menggunakan nilai rapor dan tanpa biaya. Sedangkan, dalam SBMPTN ini kita mengikuti tes dan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk mendaftar.

Jadi, dalam SBMPTN ini kita memang harus benar benar berjuang dan belajar semaksimal mungkin untuk hasil terbaik. Tidak cukup melangitkan doa dan merayu kepada tuhan. Meskipun demikian, jangan terbebani dan percaya saja rencana tuhan jauh lebih indah.

SBMPTN ini semakin memacu semangat untuk selalu belajar dan terus belajar. Selain itu, kita juga bertemu dengan kawan-kawan baru yang seperjuangan dan satu visi satu nasib dengan kita. Jangan lewatkan kesempatan ini ya.

Nah, biaya yang kita keluarkan ini digunakan untuk biaya pendaftaran atau membeli formulir. Pembayarannya juga cukup mudah, tanpa perlu datang langsung ke PTN tujuan kita. Pembayaran pendaftaran ini bisa melalui beberapa cara, diantaranya melalui BRI (Bank Rakyat Indonesia). Berikut kita simak Cara membayar SNMPTN melalui BRI.

Cara Membayar SNMPTN Lewat Bank BRI

Cara membayar SNMPTN lewat BRI

Dulu, aku membayar Rp 250.000 untuk golongan campuran karena kebetulan aku mengambil jurusan yang berbeda. Nah, sekarang diperlukan Rp 200.000 untuk pendaftaran tes golongan Saintek atau Soshum dan Rp 300.000 untuk golongan Campuran.

Pembayaran melalui BRI ini bisa dilakukan pada channel BRIMO atau melalui unit kerja BRI di seluruh wilayah Indonesia. Dilansir dari website LTMPT berikut langkah-langkah atau cara membayar SBMPTN melalui BRI :

1. BRIMO (Internet banking versi Aplikasi BRI)

  1. Login pada aplikasi BRIMO, kemudian pilih “lainnya” pada tampilan menu di home
  2. Pada fitur lainnya pilih menu “LTMPT”
  3. Isikan kode bayar dan NISN lalu akan tampil data pembayar, jika telah selesai, inputkan PIN dan akan diterbitkan bukti transaksi
  4. Simpan bukti transaksi dan lanjutkan proses melalui portal LTMPT

2. Cabang BRI

  1. Melakukan transaksi dengan mengisi slip setoran dengan data :
  2. Nama dan alamat pembayar
  3. Keterangan pembayaran : UTBKLTMPT2021
  4. Isi kode bayar dan NISN
  5. Isi nomor rekening tabungan/giro jika debit rekening dan isikan tunai jika membawa uang tunai
  6. Isi jumlah sesuai nominal pembayaran yaitu Rp 200.000 (Saintek dan Soshum) atau Rp 300.000 (Campuran)
  7. Menyerahkan slip setoran dan slip pembayaran UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran pada https://portal.ltmpt.ac.id kepada teller
  8. Teller akan memproses&mencetak bukti pembayaran
  9. Simpan bukti pembayaran untuk melanjutkan proses melalui portal LTMPT

Cukup mudah bukan? Setelah ritual pembayaran selesai, selanjutnya persiapkan mental dan jangan lupa belajar ya. Gagal SNMPTN bukan akhir kehidupan. Baca baca dan kupas tuntas bahan materi SBMPTN atau ikuti try out bila diperlukan.

Dulu aku belajar tanpa mengenal waktu, mengerahkan seluruh tenaga dan sering begadang demi menamatkan beberapa materi. Hehe tapi jangan ditiru ya, ini tidak baik untuk kesehatan kita. Kamu cukup belajar seperlunya tapi melakukannya sesering mungkin, dan jangan menggunakan SKS (Sistem Kebut Semalam)

Jaga kesehatan dan jaga pola makan ya, jangan terlalu membebani diri. Berdoa dan selalu meminta restu kedua orangtua. Lalu serahkan semuanya pada tuhan, karena sejatinya kita adalah mahluk yang lemah dengan kemampuan yang terbatas.

Kesimpulan

Dalam hidup, tugas kita hanya terus bermimpi dan hasilnya biar tuhan yang menentukan. Ketika tuhan menilai kita layak, maka kita akan mendapatkannya. Sebaliknya ketika tuhan mempunyai rencana yang lebih indah, maka tuhan akan mengalihkannya sesuai kehendak-Nya.

Terkadang kenyataannya memang jauh berbeda, tapi percayalah itu yang terbaik. Jangan pernah menyerah walaupun tidak mudah untuk dijalani. Jika lelah menerpa, istirahatlah sejenak tapi jangan pernah berhenti.

Ingat-ingat kembali cara membayar SBMPTN melalui BRI ya. Jika sudah memiliki Aplikasi BRIMO maka menggunakan cara pertama jauh lebih efektif dan efisien. Namun jika belum memiliki Aplikasi BRIMO, maka coba langkah kedua yaitu datang langsung ke cabang BRI.

Mudah dan tidak memberatkan. Cukup materi ujian saja yang berat, pembayaran SBMPTN melalui BRI tidak hehe karena BRI tau kamu sudah berjuang banyak.

Lakukan dengan teliti, jangan sampai tertukar dengan NISN teman. Pastikan jumlah yang dibayar sesuai. Dan jangan lupa untuk menyimpan bukti pembayarannya.

Semangat dan selamat mencoba !! Doaku selalu menyertaimu, semoga hasil baik berpihak padamu ya dan kamu dapat mencapai segala mimpimu. Salam dari aku yang dulu pernah senasib denganmu.

Terimakasih sudah membaca informasi dari RekeningBri.com tentang cara membayar SNMPTN melalui BRI, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang 5 cara mengetahui tagihan kartu kredit.

 

Leave a Comment