7 Cara Membuat Rekening BRI Britama 2021 : Syarat & Setoran Awal

Cara membuat rekening BRI Britama menjadi salah satu topik yang banyak di cari. Bukan rahasia lagi bahwa BRI merupakan salah satu bank yang paling banyak diminati masyarakat di Indonesia.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) pertama kali didirikan pada tahun 1895 di Purwokerto oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Bank BRI merupakan bank yang awalnya dikelola oleh pemerintah namun pada tahun 1992 berubah menjadi perseroan terbatas dengan saham yang 56,75% sahamnya merupakan saham pemerintah Indonesia.

Hingga saat ini, Bank BRI telah memiliki ribuan kantor cabang di berbagai daerah di seluruh Indonesia dan memiliki jutaan nasabah. Menyadari banyaknya nasabah dari berbagai kalangan yang telah bergabung, Bank BRI meluncurkan beberapa program tabungan untuk melayani nasabah perbankan yang dimilikinya.

Program-program tabungan tersebut diantaranya :

  • BRI Simpedes
  • Tabungan Britama
  • Britama Bisnis
  • Simpedes TKI
  • Tabungan BRI Simpel (Simpanan Pelajar)
  • Tabungan Haji
  • Britama Rencana
  • Britama Valas
  • Tabungan BRI Junio
  • Britama X atau Britama Muda

Keuntungan Membuat Tabungan BRI Britama

Informasi cara membuat rekening BRI Britama banyak dicari oleh masyarakat karena program tabungan ini cukup banyak diminati masyarakat. Program tabungan ini merupakan salah satu jenis tabungan yang memberikan banyak kemudahan dengan berbagai fasilitas ebanking dan sistem real time yang dimilikinya.

Program tabungan ini juga dinilai memiliki berbagai keuntungan diantaranya :

  1. Dapat di akses di seluruh cabang dan ATM BRI
  2. Asuransi kecelakaan diri bagi nasabah dengan saldo tabungan minimal Rp. 500.000
  3. Suku bunga yang kompetitif

Dengan keuntungan-keuntungan yang disediakan dalam program ini, banyak masyarakat yang tertarik untuk membuat rekening tabungan ini. Program tabungan Britama juga memiliki beberapa jenis diantaranya :

  1. BritAma : dibuat untuk nasabah umum
  2. Britama Bisnis : Diperuntukkan bagi pengaturan bisnis nasabah
  3. Britama X : Diperuntukkan bagi kaum muda dengan desain kartu debit khusus
  4. Britama Rencana : Berbentuk tabungan investasi perbulan dilengkapi asuransi jiwa
  5. Britama Valas : Tabungan dalam bentuk mata uang asing

Cara Membuat Rekening BRI Britama

Cara Membuat Rekening BRI Britama

Saat mencari informasi cara membuat rekening BRI Britama, Anda bisa mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jenis-jenis tabungan tersebut. Menariknya tabungan ini juga bisa Anda buat dengan langkah-langkah yang mudah.

Sama seperti program tabungan lainnya, program BRI Britama ini juga memiliki buku tabungan dan kartu ATM sebagai tanda bukti kepemilikan nasabah. Jenis kartu ATM yang ada dalam program ini adalah jenis.kartu classic dan gold.

Saat membuka rekening Britama, Anda bisa memilih jenis kartu ATM yang Anda inginkan sesuai dengan besaran limit yang Anda butuhkan. Namun tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu cara membuat rekening BRI BritAma sebelum Anda berniat memilih jenis kartu debit tersebut.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat akan membuat rekening BRI BritAma diantaranya :

  1. Menyiapkan dokumen pribadi sebagai persyaratan
  2. Mendatangi kantor cabang unit kerja BRI terdekat
  3. Mengambil pendaftaran untuk layanan customer service
  4. Mengisi fornulir pendaftaran
  5. Menyerahkan fornulir dan dokumen pada customer service
  6. menunggu proses pembuatan rekening di customer service
  7. Menyetorkan setoran awal tabungan di teller sesuai dengan jenis kartu ATM yang dipilih

Syarat Buka Rekening Britama

Syarat Buka Rekening BRITAMA

Adapun rincian persyaratan dokumen pribadi yang harus diberikan saat membuat rekening di customer service adalah E-KTP Asli dan NPWP bagi warga negara Indonesia (WNI) serta Paspor, KIMS/ KITAP/ KITAS Asli, atau surat keterangan pendukung lainnya bagi warga negara asing (WNA).

Cara membuat rekening BRI Britama ini bisa Anda lakukan di cabang unit kerja BRI manapun di seluruh Indonesia. Namun sangat disarankan agar Anda membuat rekening di kantor cabang terdekat dengan domisili Anda.

Hal ini perlu dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi jika suatu saat ada masalah dengan rekening tabungan Anda. Jika tempat Anda membuat rekening dekat dengan domisili Anda, maka hal ini akan mempermudah Anda di masa depan.

Biaya dan Setoran Awal

Saat berencana membuat rekening tabungan BRI BritAma, Anda juga harus memperhatikan jumlah biaya yang harus Anda bayar. Untuk membuka rekening BRI BritAma, Anda harus menyetorkan uang Rp. 250.000 untuk tabungan dengan kartu ATM classic sedangkan untuk kartu gold dikenakan saldo awal Rp.500.000 .

Selain itu, nasabah juga bisa membuat tabungan Britama Bisnis dengan setoran awal sebesar Rp. 1.000.000. Cara membuat rekening Britama Bisnis juga sama saja dengan rekening Britama Classic maupun Britama Gold.

Saat melakukan cara membuat rekening BRI Britama Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan penjelasan mengenai program tabungan yang akan Anda ikuti dari petugas customer service. Pastikan juga Anda langsung menghubungkan rekening Anda dengan fasilitas ebanking melalui bantuan customer service agar transaksi Anda lebih mudah.

Setelah Anda berhasil membuat rekening tabungan BRI, Anda juga harus membayar sejumlah biaya secara rutin. Biaya-biaya tersebut merupakan biaya administrasi tabungan dan biaya kartu ATM.

Biaya administrasi tabungan yang harus Anda bayar berkisar antara Rp. 11.000 hingga Rp. 12.000 tergantung pada jumlah saldo yang Anda miliki. Segangkan biaya kartu ATM tergantung pada jenis kartu ATM yang dipilih yakni Rp. 2.000 dan Rp.  6.500 masing-masing untuk kartu classic dan kartu gold.

Dalam beberapa informasi cara membuat rekening BRI Britama diinformasikan bahwa biaya ini harus terus Anda bayar selama rekening tabungan masih aktif. Masa aktif rekening tabungan Anda akan berakhir jika saldo yang dimiliki dibawah Rp. 50.000 dan tidak ada mutasi rekening selama 542 hari.

Jika rekening tabungan Anda tidak digunakan, maka biaya administrasi dan biaya kartu ATM akan dipotong dari saldo yang ada hingga saldo akan terus menurun. Setelah saldo menurun dan tidak kunjung ada transaksi sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan, maka rekening tabungan Anda akan otomatis di tutup oleh pihak bank.

Limit Transaksi Maksimal

Setelah mengetahui syarat dan cara membuat rekening BRI Britama, maka selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai limit transaksi maksimal yang bisa dilakukan oleh nasabah yang telah membuat tabungan ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tabel di bawah ini.

Jenis Kartu BRITAMA CLASSIC BRITAMA GOLD
Penarikan Tunai Per Hari Rp. 5.000.000 Rp. 10.000.000
Belanja di Merchant Per hari
– PIN Rp. 10.000.000 Rp. 20.000.000
– Signature Rp. 2.000.000 Rp. 5.000.000
Akumulasi Limit Transfer Antar Rek BRI Per Hari
– ATM BRI Rp. 50.000.000 Rp. 100.000.000
– Mobile Banking Rp. 1.000.000 Rp. 10.000.000
– Internet Banking Rp. 1.000.000.000 Rp. 1.000.000.000
Akumulasi Limit Transfer Antar Bank Per Hari
– ATM BRI Rp. 10.000.000 Rp. 15.000.000
– Mobile Banking Rp. 1.000.000 Rp. 10.000.000
– Internet Banking Rp. 15.000.000 Rp. 15.000.000
Akumulasi Limit RTGS di Internet Banking Rp. 300.000.000 Rp. 300.000.000

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai cara membuat rekening BRI Britama beserta dengan beberapa informasi penting lainnya yang dilansir dari bri.co.id. Cukup sekian informasi pada kesempatan kali ini, simak pula artikel sebelumnya mengenai cara menggunakan BRI Mobile dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Comment