Cara Meminjam Uang Di BRI Untuk Karyawan

Cara meminjam uang di BRI untuk karyawan, tanpa suku bunga yang tinggi. Bagi anda khususnya para nasabah bank BRI yang berprofesi sebagai karyawan dan ingin mengajukan pinjaman ke bank BRI, simak penjelasan dibawah ini!

Ada banyak program pengajuan pinjaman Bank BRI yang sangat menarik, salah satunya adalah  untuk karyawan. Syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman Bank BRI untuk karyawan tentunya sangat sederhana tanpa jaminan. Bank BRI menawarkan banyak sekali jenis pinjaman yang bisa digunakan oleh nasabahnya, salah satunya adalah BRIGuna.

Bagi anda yang belum mengetahui bahwasannya KTA BRI kini telah berganti nama menjadi BRIGuna. Produk BRIGuna ini memiliki pinjaman sebesar Rp. 101,32 triliun pada 2019. Pencapaian ini meningkat 3,61% dibandingkan tahun 2018, setara dengan Rp. 97,78 triliun. Produk BRIGuna ini dihadirkan dalam empat jenis kategori kredit, yaitu : BRIGuna Karya, BRIGuna Umum, BRIGuna Purna dan BRIGuna Pendidikan

Sama halnya dengan syarat pinjaman BRI Kupedes, anda bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman bank BRI dengan beberapa syarat yang mudah dipenuhi. Pinjaman untuk karyawan sendiri relatif murah dan memiliki tingkat bunga yang rendah. Selain itu, jangka waktu pinjaman BRIGuna juga dapat disesuaikan dengan keinginan.

Ada pilihan jangka waktu angsuran yang berbeda seperti 6 bulan, 12 bulan, dll. Nantinya anda bisa menyesuaikan dengan tenor yang anda inginkan. Berikut penjelasan mengenai beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Pinjaman Bank BRI bagi karyawan.

Bank BRI menjadi solusi bagi Anda yang berprofesi sebagai pegawai swasta dan ingin mengajukan pinjaman. BRI memiliki produk BRIGuna Karya yang dapat digunakan oleh karyawan yang ingin mengajukan pinjaman untuk memenuhi segala kebutuhannya. Selain itu, BRIGuna Karya juga merupakan pinjaman tanpa jaminan yang diberikan kepada calon debitur atau peminjam dengan gaji sebagai sumber pembayaran.

Persyaratan Pinjaman BRIGuna

Oleh karena itu, BRIGuna sangat cocok untuk karyawan swasta, karena mereka memiliki pendapatan tetap, yang berarti mereka dapat mengajukan pinjaman tanpa masalah. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pegawai yang ingin mengajukan pinjaman dari Bank BRI. Setelah persyaratan ini terpenuhi, ada kemungkinan besar pinjaman yang diajukan akan diterima oleh bank. Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu anda perhatikan:

  1. Memiliki penghasilan minimal Rp 3 juta per bulan
  2. Harus memiliki kartu kredit, sudah aktif minimal 1 tahun
  3. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 65 tahun
  4. Memiliki limit kredit minimal Rp 5 juta.

Adapun dokumen-dokumen yang harus anda persipakan sebelum anda memulai pengajuan pinjaman ke bank BRI, adalah sebagai berikut:

  1. Membawa kartu identitas asli berupa, KTP, KK dan NPWP
  2. Fotokopi buku tabungan BRITama
  3. Bagi yang sudah menikah, sertakan foto suami/istri
  4. Formulir auto-debet rekening dan Formulir permohonan pengajuan pinjaman.
  5. Siapkan juga dokumen dari perusahan seperti, Slip gaji, Surat rekomendasi dari atasan peminjam, SK pengangkatan pertama (asli) dan SK terakhir.

Cara Pengajuan Pinjaman BRIGuna

cara pengajuan pinjaman briguna

Untuk pengajuan pinjaman BRIGuna Purna tidak perlu menggunakan dokumen dari perusahaan, cukup dengan menggunakan dokumen pensiun seperti, SK pensiun, Buku pensiun, KARIP (Kartu Registrasi Induk Pensiun) dan Daftar Pembayaran Pensiun. Setelah Anda menyiapkan semua persyaratan di atas, yang perlu anda lakukan hanyalah mengajukan pinjaman dari BRIGuna. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui cara mengajukan pinjaman, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan dan dokumen yang telah dijelaskan di atas.
  2. Saat sampai di cabang Bank BRI, ambil dulu nomor antrian CS dan tunggu giliran
  3. Setelah anda mendapatkan giliran, silakan segera menemui CS dan katakan bahwa anda akan mengajukan pinjaman karyawan. Setelah itu biasanya perwakilan CS BRIGuna akan menjelaskan prosedurnya
  4. Jika dianggap sudah memenuhi syarat pinjaman BRIGuna, petugas CS akan meminta untuk mengisi formulir dan juga akan menanyakan persyaratan lain untuk proses verifikasi
  5. Tunggu proses verifikasi selesai dan anda menerima konfirmasi dari BRI bahwa pengajuan anda telah diterima atau ditolak.
  6. Jika pengajuan pinjaman diterima, Anda hanya perlu menandatangani perjanjian pinjaman di notaris.

Setelah penandatanganan, Anda tinggal menunggu proses pencairan pinjaman yang bisa dicairkan dalam waktu maksimal 14 hari. Untuk meminjam uang, bank biasanya akan menghubungi cabang BRI pada saat pengiriman dan meminta pengembalian dana. Disamping itu, sistem pembayaran angsuran di BRIGuna Karya menggunakan sistem pemotongan gaji, sehingga ketika gaji bulanan masuk ke rekening peminjam maka gaji otomatis terdebet sesuai kesepakatan di awal pengajuan pinjaman.

Adapun tingkat bunga yang diberikan kepada BRIGuna Karya bervariasi, yaitu untuk pinjaman 12 sampai 24 bulan, tingkat bunga 13% per tahun dibebankan secara angsuran tetap. Selain itu, suku bunga berjangka 13,5% per tahun berlaku untuk pinjaman dengan jangka waktu lebih dari 24 bulan sampai dengan 60 bulan. Namun, saat ini belum ada informasi resmi dari pihak bank BRI mengenai suku bunga yang ditetapkan di BRIGuna, yang ada hanya informasi ada base rate sebesar 12,5% per tahun.

Nah, setelah memahi penjelasan mengenai persyaratan, dokumen-dokumen dan langkah-langkah apa saja yang bisa anda lakukan sebelum melakukan pengajuan pinjaman BRIGuna, sebiaknya anda memikirkan terlebih dahulu secara matang-matang jenis pinjaman BRIGuna mana yang akan anda pilih, yang tentunya sesuai dengan kebutuhan anda.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara meminjam uang di BRI untuk karyawan yang bisa anda ikuti langkah-langkahnya. Seperti biasa, sebelum anda melakukan pengajuan, sebaiknya anda memperhatikan persyaratan dan dokumen-dokumen yang harus dipenuhi. Semoga tulisan ini dapat membantu bagi siapapun yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBRI.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara bayar angsuran Kredit Plus lewat ATM BRI.

 

Leave a Comment