Cara Memperpanjang Pinjaman Di Bank BRI

Cara Memperpanjang Pinjaman Di Bank BRI, bisa anda lakukan asalakan anda memahami setiap langkah-langkahnya. Sebelum memasuki langkah-langkah cara memperpanjang pinjaman di Bank BRI pastikan anda memang benar-benar sedang membutuhkan dana tersebut untuk keperluan usaha anda. Dalam artian, anda sedang membutuhkan dana tambahan untuk kemajuan bisinis anda.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Memperpanjang Pinjaman

Hal lain yang harus anda perhatikan juga adalah riwayat pembayaran anda terhadap pinjaman sebelumnya. Pastikan, anda tidak pernah telat untuk membayar angsuran pinjaman anda pada setiap bulannya. Hal ini untuk mempermudah anda mendapatkan pinjaman selanjutnya, karena jika riwayat pembayaran angsuran pinjaman anda sebelumnya buruk, maka bisa di prediksi, proses perpanjangan pinjamanpun akan sulit karena anda meninggalkan jejak yang kurang baik di pihak Bank.

Hal lain yang perlu anda perhatikan sebelum anda memperpanjang pinjaman di Bank BRI adalah jaminan yang anda ajukan. Dalam hal ini, yang menjadi pertanyaan adalah apakah jaminan untuk pinjaman yang sebelumnya bisa dipakai untuk memperpanjang pinjaman selanjutnya? Sedangkan sertifikat atau apapun itu yang berkaitan dengan jaminan masih berada di tangan pihak yang meminjamkan dana atau dalam hal ini adalah pihak Bank itu sendiri.

Berkaitan dengan hal itu, muncul beberapa pertanyaan apakah nasabah bisa memperpanjang pinjamannya ketika jaminan masih berada di pihak kreditur? Apakah nasabah harus melunasi dulu angsuran pinjaman sebelumnya untuk memperpanjang pinjaman? Apakah nasabah harus mempunyai jaminan yang baru untuk bisa memperpanjang pinjaman?

Berdasarkan UU No 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan Atas Tanah dan Benda-Benda yang Berkaitan dengan Tanah bahwa suatu objek hak tanggungan bisa dibebankan lebih dari satu peringkat hak tanggungan. Dalam artian jaminan yang sebelumnya digunakan untuk pinjaman sebelumnya boleh digunakan lagi untuk pinjaman selanjutnya walaupun hutang yang sebelumnya belum lunas. Dalam catatan, barang yang akan anda ajukan sebagai jaminan disetujui oleh pihak Bank dan barang tersebut masih layak jika dijadikan sebagai jaminan.

Dan kabar baiknya adalah, hak tanggungan pada setiap peringkat itu bersifat indivudualiteit atau berdiri sendiri, dalam artian pinjaman yang sebelumnya dengan pinjaman yang selanjutnya tidak memiliki kaitannya sama sekali walaupun jaminannya sama. Karena pada setiap masing masing pinjaman itu sudah memiliki term nya masing masing. Sehingga anda tidak perlu khawatir memikirkan hal itu, karena pihak Bank sudah mengaturnya dengan sangat baik.

Kemudian, dalam hal menghapus tanggungan pun, pinjaman sebelumnya dengan pinjaman selanjutnya bisa dilakukan secara partial, atau anda tidak perlu menghapus tanggungan pada saat semua pinjaman itu sudah lunas. Penghapusan hak tanggungan bisa anda lakukan satu persatu. Misalnya, anda akan meroya (menghapus hak tanggungan) pada pinjaman peringkat 1 jika angsurannya sudah lunas, kemudian jika angsuran peringkat 2 nya sudah lunas, anda akan meroya nya juga begitupun seterusnya.

Cara Memperpanjang Pinjaman di Bank BRI

memperpanjang pinjaman bank bri

Setelah memahami hal apa saja yang harus anda perhatikan sebelum memperpanjang pinjaman, kita akan masuk pada pembahasan Cara Memperpanjang Pinjaman Bank BRI. Jika anda adalah nasabah yang ingin memperpanjang pinjaman Bank BRI, anda bisa melakukannya dengan melakukan reschedule kredit atau penjadwalan ulang.

Langkah ini, memungkinkan pihak Bank untuk mengubah tenor pinjaman sampai jangka waktu tertentu. Tetapi, jika anda melakukan langkah ini, secara otomatis biaya angsuran ada tiap bulannya akan berubah karena karena tenor pinjaman tersebut diperpanjang.

Adapun langkah-langkah yang harus anda lakukan ketika ingin memperpanjang pinjaman di Bank BRI adalah sebagai berikut:

  1. Silakan datang ke kantor cabang BRI terdekat
  2. Jangan lupa untuk membawa bukti pembayaran angsuran perbulan
  3. Kemudian ambil no antrian Customer Service
  4. Lalu, isi form antrian, tunggu sampai no antrian anda dipanggil
  5. Kemudian silakan anda datang ke customer service
  6. Ajukan penjadwalan ulang kredit (reschedule)
  7. Kemudian nanti Customer Service akan mengarahkan anda untuk menemui debt collector
  8. Kemudian sampaikan maksud dan tujuan anda
  9. Lalu, sampaikan hal yang menjadi kesulitan anda dalam mebayar angsuran
  10. Dan jangan lupa untuk menyampaikan itikad baik uanda ntuk melunasi pinjam tersebut

Dan perlu anda pahami kembali, bahwa dalam memperpanjang pinjaman di Bank BRI memang harus benar-benar untuk kebutuhan yang sangat urgent atau mendesak. Tidak untuk kebutuhan lainnya yang memang belum anda perlukan.

Cara Memperpanjang Pinjaman Ketika Belum Lunas

Bagi anda yang ingin memperpanjang pinjaman tapi masih belum bisa melunasi hutang sebelumnya, sebaiknya nda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini:

1. Tetap Jaga Tabungan Asuransi

Tabungan asuransi ini ada beberapa macam, diantaranya ada asuransi kesehatan, asuransi jiwa dan lain sebagainya. Tabungan asutransi ini berguna untuk menjaga tabungan kita agara tetap aman. Misalnya ketika kita sedang sakit, dan membutuhkan biaya pengobatan rumah sakit yang cukup besar, anda bisa menggunakan tabungan suransi ini untuk membayarnya. Begitupun dnegan asuransi jiwa, anda bisa mendapatkan santunan tunai lewat asuransi ini.

2. Hitunglah Rasio Pinjaman Anda

Dalam usaha memanage uang anda, menghitung rasio pinjaman sangatlah penting. Ini berguna untuk menjaga kesehatan financial anda supaya financial and tetap aman.

3. Ajukan top-up

Bagi anda yang ingin tetap memperpanjang pinjaman, langkah ini menjadi salah satu solusinya. Karena jika anda mengajukan top-up kredit itu artinya pihak Bank memberi anda penambahan besaran kredit atau yang biasa disebut dengan plafon.

Kesimpulan

Cara memperpanjang pinjaman Bank BRI sangatlah mudah, tetapi anda tetap harus memperhatikan syarat dan ketentuannya. Membayar angsuran tepat waktu sangatlah dianjurkan supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Itulah langkah-langkah cara memperpanjang pinajaman di Bank BRI yang telah kami paparkan secara detail.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Semoga informasi ini bisa membantu bagi kalian yang mempunyai niat untuk memperpanjang pinjaman di Bank BRI. Dan semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda juga yang membacanya. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara bayar angsuran pinjaman BRI.

Leave a Comment