Cara Menabung Di Bank BRI Tanpa Buku Tabungan

Cara menabung di Bank BRI tanpa buku tabungan, dengan mudah dan sangat praktis. Bank BRI selalu mempunyai solusi di setiap hal yang mengganggu kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan. Salah satu contohnya adalah ketika nasabah ingin menabung atau melakukan setor tunai namun nasabah tidak membawa buku tabungan.

Nah, hal tersebut masih bisa dilakukan dengan berbagai alternative yang sudah disediakan oleh bank BRI. Anda tetap bisa melakukan transaksi keuangan setor tunai atau menabung walaupun anda lupa membawa atau bahkan buku tabungan anda hilang. Karena kenyamanan nasabah dalam bertransaksi adalah prioritas utama bank BRI.

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai cara menabung di bank BRI tanpa buku tabungan, tidak ada salahnya jika kita memahami terlebih dahulu jenis tabungan apa saja yang ada di bank BRI. Dalam hal ini, bank BRI selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru yang tentunya akan memuaskan nasabahnya dalam melakukan transaksi keuangan. Hal ini terlihat dari banyaknya jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank BRI kepada nasabahnya yang tentunya memiliki keunggulannya masing-masing.

Adapun jenis-jenis tabungan bank BRI yang bisa anda pilih diantaranya adalah tabungan BRI Simpedes, tabungan BritAma dengan berbagai jenis yang ada, kemudian tabungan BRI Junio yang dikhususkan untuk para pelajar dan yang terakhir ada tabungan Haji BRI. Nah, dari berbagai jenis tabungan yang ditawarkan oleh bank BRI anda bisa bebas memilih tabungan apa saja yang ingin anda miliki yang disesuaikan dengan kebutuhan anda juga. Dengan menabung di bank BRI anda akan dimanjakan dengan berbagai layanan-layanan yang ada serta anda akan mendapatkan keuntungan dari berbagai macam fasilitas yang telah disediakan.

Cara Menabung Di Bank Bri Tanpa Buku Tabungan

cara menabung di bri tanpa buku tabungan

Namun seperti yang telah disebutkan diawal pembahasan tadi, ketika nasabah ingin menabung atau melakukan setor tunai namun tidak membawa buku tabungan dikarenakan tertinggal atau bahkan hilang, apakah ada alternative lain supaya nasabah tetap bisa menabung dan melakukan setor tunai? Jawabannya, ya tentu saja ada. Ketika anda kehilangan atau tidak membawa buku tabungan anda saat anda akan melakukan setor tunai atau menabung di bank anda bisa dating ke kantor cabang dan menemui teller dengan membawa dokumen-dokumen pengganti dibawah ini:

1. Identitas diri anda berupa KTP

2. Kartu ATM yang anda miliki

Cukup dengan 2 dokumen pengganti diatas, anda tetap bisa melakukan setor tunai atau menabung di bank BRI. Yang perlu anda lakukan hanya datang ke kantor cabang, kemudian sampaikan maksud dan tujuan anda datang ke kantor cabang. Setelah itu isi slip pembayaran yang akan anda gunakan untuk setor tunai. Kemudian temui teller bank dan transaksi keuangan anda akan segera di proses.

Namun, ketika anda tidak mempunyai waktu senggang untuk datang ke kantor cabang dan tidak ingin mengantri lama, anda bisa menggunakan cara lainnya supaya anda tetap bisa menabung. Berikut adalah alternative lain yang bisa anda gunakan ketika anda ingin menabung tanpa buku tabungan:

1. Menabung melalui ATM setor tunai

Alternative yang pertama ketika anda bingung untuk menabung tetapi anda tidak membawa buku tabungan atau bahkan buku tabungan anda hilang, anda bisa melakukan setor tunai atau menabung melalui ATM setor tunai. Anda cukup memasukan uang tunai anda kedalam mesin ATM, dan transaksi keuangan anda akan segera di proses. Namun, terkadang proses ini mempunyai beberapa kendala seperti masih jarang ditemukannya ATM setor tunai ini. Hanya di beberapa tempat di daerah tertentu saja yang sudah terdapat ATM setor tunai itu sendiri.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika anda menabung di ATM setor tunai. Salah satu nya adalah pecahan uang yang anda gunakan haruslah uang yang mempunyai pecahan Rp. 50.000 atau Rp. 100.000. Selain itu, pastikan juga bahwa uang yang anda gunakan tidak sobek, terlipat, kusut atau bahkan rusak. Hal ini berguna supaya transaksi yang anda lakukan bisa berjalan dengan lancer tanpa ada kendala apapun.

Dan pastikan ATM yang akan anda gunakan adalah ATM yang bisa melayani setor tunai juga bukan hanya tarik tunai. Berikut adalah langkah-langkah menabung di ATM setor tunai:

1. Datanglah ke ATM setor tunai terdekat anda

2. Lalu, masukan kartu debit anda

3. Pilih bahasa yang ingin anda gunakan

4. Masukan 6 digit PIN ATM anda

5. Kemudian pilih menu “Setor Tunai”

6. Lalu pilih menu “Rekening Tabungan”

7. Setelah itu masukan uang yang telah anda susun rapi kedalam tempat yang sudah disediakan di mesin ATM. Secara otomatis system akan langsung membaca jumlah uang yang akan anda setorkan

8. Ketika transaksi anda telah berhasil, mesin ATM akan secara otomatis menampilkan notifikasi yang bertuliskan “Setoran Anda Telah Diterima”

9. Lalu, akan keluar struk pembayaran dari mesin ATM sebagai bukti bahwa transaksi anda telah berhasil.

10. Selesai

2. Menabung melalui Brilink

Alternative yang kedua yang bisa anda gunakan ketika anda ingin menabung tanpa buku tabungan adalah menabung melalui Brilink. Ketika anda memilih alternative ini, anda hanya perlu datang ke agen Brilink yang terletak dekat dengan posisi anda. Kemudian berikan uang tunai yang ingin anda setorkan, kemudian transaksi keuangan anda akan segera di proses.

Simpan truk pembayaran sebagai bukti bahwa anda telah melakukan setor tunai atau menabung. Namun, menabung melalui agen Brilink ini anda akan dikenakan tarif biaya administrasi pada setiap transaksinya. Biasanya biaya administrasi tersebut akan berbeda-beda pada setiap bank nya.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara menabung di bank BRI tanpa buku tabungan. Anda bisa memilih alternative apa yang ingin anda gunakan sesuai keinginan anda. Tentunya pada setiap cara mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi siapapun yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara menggunakan BRI Mobile bagi pemula.

Leave a Comment