Cara Menabung Saham di Bank BRI

Cara Menabung Saham di Bank BRI, bisa anda lakukan dengan mudah dan aman. Bank BRI merupakan Bank milik negara yang mempunyai asset tertinggi di seluruh Indonesia dan menjadi perusahaan yang paling diminati oleh para investor dibandingkan dengan perusahaan Bank-Bank yang lainnnya. Tak heran, jika businessman atau orang yang ingin menanam saham memilih perusahaan ini berdasarkan pertimbangan beberapa hal.

Aktivitas penanaman saham akhir-akhir ini menjadi trend dikalangan masyarakat karena memiliki beberapa keuntungan yang sangat fantastis. Selain sebagai investasi jangka panjang menabung saham juga bisa dijadikan batu loncatan untuk menambah penghasilan. Menabung saham ini bisa dilakukan oleh siapa saja baik itu pengusaha, pekerja tetap, mahasiswa atau kalangan masyarakat yang mempunyai latar belakang jenis pekerjaan apapun bisa menabung saham di Bank BRI.

Adapun keuntungan-keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda mulai menabung saham selain mendapatkan investasi jangka pendek dan jangka panjang anda juga akan mendapatkan dividen dari perusahaan. Apakah dividen itu? Dividen merupakan pembagian keuntungan atas pembelian saham yang anda peroleh dari pihak perusahaan atau Bank yang berupa uang tunai atau bisa juga dilakukan dengan transfer.

Cara Menabung Saham Di Bank BRI

Cara menabung saham di bri

Perlu anda ketahui bahwa, sebelum anda mulai menabung saham di Bank BRI sebaiknya anda membuka rekening efek terlebih dahulu. Rekening efek adalah rekening khusus untuk nasabah yang ingin menabung saham di Bank BRI.  Rekening efek ini bertujuan untuk pembagian dividen yang anda dapatkan dari perusahaan yang akan dikirimkan melalui rekening ini.

Adapun cara menabung saham di Bank BRI adalah sebagai berikut:

1. Membuka Rekening Efek

Bagi anda yang belum mempunyai rekening efek, anda harus datang ke Kantor Cabang BRI terlebih dahulu untuk membuka rekening tersebut. adapun dokumen yang anda perlukan ketika ingin membuka rekening efek cukup dengan membawa fotokopi KTP saja. Adapun langkah-langkah untuk membuka rekening efek adalah sebagai berikut:

  1. Datang ke kantor Cabang BRI terdekat anda
  2. Jangan lupa membawa dokumen yang diperlukan yaitu fotokopi KTP
  3. Setelah itu, isi formulir pendaftaran dan tunggu giliran
  4. Setelah tiba giliran anda, silakan temui Customer Service Bank
  5. Lalu, silakan ikuti intruksi dari CS
  6. Tunggu sampai pengaktifkan kartu ATM BRI atau rekening BRI anda berhasil
  7. Selesai

2. Menentukan Nominal Dana

Setelah anda membuka rekening efek, langkah selanjutnya ketika anda ingin menabung saham yaitu, Tentukan Dana. Dalam proses menentukan dana perlu dipikirkan dengan matang. Karena apa? Pada proses ini anda harus menghitung pengeluaran dan pemasukan kebutuhanmu setiap bulannya. Supaya disamping anda menabung saham di Bank biaya untuk  kebutuhan sehari hari anda tetap tercukupi. Jaga kesehatan financial mu agar tetap aman.

3. Menentukan Jenis Saham

Dalam hal ini, ada 2 jenis saham yang bisa anda pilih yaitu Common Stock dan Preferred Stock. Tentunya pada kedua jenis saham tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Silakang anda pilih jenis saham dengan menyesuaikan dengan kebutuhan anda.

4. Rutin Menabung Setiap Bulan

Langkah yang terakhir adalah dengan menyetorkan uang rutin pada setiap bulannya. Rutin menanbung setiap bulan ini adalah kunci agar anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Resiko Menabung Saham

Selain berbagai macam keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda mulai menabung saham di Bank BRI, jangan lupa anda juga harus memperhatikan setiap resiko nya. Berikut adalah resiko ketika anda menabung saham yaitu

1. Capitalis Loss

Capitalis Loss ini adalah keadaan dimana ketika harga jual saham lebih rendah daripada harga belinya. Hal ini bisa terjadi kapan saja karena bersifat fluktuatif, maka tak jarang jika kergian yang dialami oleh investor menjadi sangat besar.

2. Suspend

Suspend sendiri secara umum merupakan keadaan dimana kegiatan akan diberhentikan atau dinonaktifkan karena sesuatu hal. Ini artinya, pemilik saham tidak dapat menjual saham yang dimilikinya sampai masa suspend dicabut oleh pihak bank. Biasanya hal ini terjadi karena nilai saham turun drastis dan tidak memberikan laporan keungan kepada pihak Bank.

Cara Investasi Saham Di Bank BRI

Selain cara menabung saham di Bank BRI yang telah dijelaskan diatas, berikut adalah cara investasi saham di Bank BRI:

1. Investasi Saham Melalui Sekuritas

Investasi saham melalui sekuritas adalah investasi saham yang anda lakukan langsung dengan perusahan terkait yang anda pilih ketika anda akan mulai investasi saham. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Menyiapkan nominal dana yang akan di investasikan

Biasanya, pada setiap perusahaan mempunyai peraturan dan minimal deposit yang berbeda-beda.

2. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen-dokumen yang anda butuhkan pada saat anda akan melakukan pendaftaran sebagai investor cukup mudah. Anda hanya membutuhkan foto copy KTP dan foto copy NPWP saja sebagai syarat pengajuan. Pastikan dokumen tersebut sudah anda persiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pendaftaran di BRI sekuritas.

3. Melakukan Pendaftaran di BRI sekuritas,

Ketika anda akan melakukan pendaftaran, anda harus mengisi formulir terlebih dahulu untuk membuat rekening dana investor. Formulir ini harus anda isi sesuai data diri anda secara lengkap. Setelah itu, silakan anda menandatangani dokumen yang harus di sepakati oleh semua calon investor

4. Setelah anda dinyatakan berhasil melakukan pendaftaran, selanjutnya anda akan mendapatkan rekening dana investor dari pihak Bank yang nantinya biasa anda gunakan untuk mengirimkan dana awal untuk memulai trading saham atau investasi yang anda rencanakan.

5. Mulai Membeli Saham

Setelah anda dinyatakan berhasil mengisi deposit rekening dana investor, anda bisa langsung membeli saham bank BRI.

2. Investasi Saham Secara Online

Selain investasi saham melalui sekuritas, anda juga bisa melakukan investasi saham secara online. Adapaun langkah-langkah yang bisa anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Sebelumnya anda harus mendownload aplikasi yang menyediakan layanan pembelian saham Bank BRI melalui PlayStore.
  2. Jika anda sudah download aplikasi tersebut, silakan membuat rekening online atau akun saham
  3. Langkah selanjutnya adalah transfer deposit Rekening Dana Nasabah (RDN) yang anda miliki.
  4. Kemudian silakan anda memilih saham yang anda inginkan dari daftar saham.
  5. Melalui aplikasi ini anda bisa langsung membeli saham tanpa harus melalui broker saham.

Kesimpulan

Berikut adalah langkah-langkah cara menabung saham di Bank BRI sampai cara investasi saham yang telah dipaparkan secara terperinci. Semoga informasi ini bisa semakin memudahkan anda dalam berinvestasi ataupun menabung saham. Terimakasih sudah mebaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara login BRI mobile.

Leave a Comment