15 Cara Mengambil Uang di ATM BRI Dengan Mudah

Cara mengambil uang di ATM BRI dapat dilakukan dengan mudah tanpa proses yang ribet. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk bisa menarik uang di mesin ATM Bank BRI.

Seiring perkembangan teknologi, banyak pihak yang mulai beralih untuk menuju ke dunia cashless lewat kemunculan sejumlah platform aplikasi uang digital. Meskipun uang digital mulai banyak berkembang, namun kebutuhan akan uang tunai tidak serta-merta bisa dihilangkan dari kehidupan masyarakat.

Kebutuhan akan uang tunai masih cukup tinggi karena tidak semua tempat bisa menerima pembayaran dengan menggunakan uang digital. Terutama untuk transaksi keuangan dalam skala kecil semisal di warung ataupun pada sejumlah pasar tradisional.

Mesin ATM menjadi salah satu sarana yang dapat digunakan memenuhi kebutuhan uang tunai Anda. Ada cukup banyak Bank yang menyediakan mesin ATM diberbagai tempat.

Salah satu Bank yang memiliki cukup banyak mesin ATM diberbagai wilayah adalah Bank BRI. Bank milik BUMN ini memiliki mesin ATM dengan jumlah yang cukup banyak dan tersebar diberbagai wilayah bahkan hingga ke desa-desa.

Tutorial Cara Mudah Mengambil Uang di ATM BRI

 Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Jika Anda termasuk nasabah bank BRI maka tidak perlu khawatir dalam upaya tarik tunai di mesin ATM. Hal ini dikarenakan Cara mengambil uang di ATM BRI dapat dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Anda tidak akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan tarik tunai di mesin ATM BRI. Mudahnya cara pengambilan uang di mesin ATM BRI ini bahkan dapat dilakukan dalam waktu kurang dari 5 menit.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI

Bagi Anda yang baru saja membuka rekening BRI dan masih merasa kurang familier dengan cara pengambilan uang lewat mesin ATM maka tidak perlu bingung. Anda bisa menyimak artikel rekeningbri.com tentang cara mengambil uang di ATM BRI yang mudah dan aman berikutini.

  1. Pastikan Anda sudah menemukan ATM BRI. Bagi yang bingung mencari lokasi ATM BRI terdekat, silahkan buka halaman https://bri.co.id/web/guest/lokasi. Untuk kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi sangat disarankan untuk memilih mesin ATM yang ramai seperti di Bank atau tempat lainnya untuk menghindari kemungkinan terjadinya tindak kejahatan perbankan via mesin ATM.
  2. Siapkan kartu ATM yang Anda miliki.
  3. Silakan masukkan kartu ATM BRI yang Anda miliki ke dalam mesin ATM. Slot untuk memasukkan kartu ATM ini biasanya berada dibagian kanan atau tengah mesin ATM bergantung pada merk mesin yang bersangkutan.
  4. Jika Anda sudah memasukkan kartu ATM ke dalam mesin dengan benar, maka akan muncul pilihan agar Anda memilih bahasa. Silakan pilih Bahasa Indonesia agar lebih memudahkan dalam prosesnya.
  5. Apabila Anda sudah selesai memilih pengaturan Bahasa maka mesin ATM akan menggunakan bahasa Indonesia pada proses pengoperasiannya.
  6. Kemudian silakan masukkan 6 digit PIN rahasia yang Anda miliki untuk ATM tersebut. Pastikan Anda memasukkan PIN dengan benar dan usahakan agar tidak ada orang lain yang mengetahui kombinasi PIN ATM tersebut.
  7. Setelah PIN dimasukkan dengan benar maka di layar mesin ATM akan menampilkan sejumlah pilihan nominal penarikan. Nominal terkecilnya adalah Rp 50 ribu atau Rp 100 ribu tergantung jenis mesin ATM yang Anda gunakan dan pilihan nominal lainnya merupakan kelipatan dari nominal terkecil yang ada di layar ATM tersebut.
  8. Jika nominal yang ingin Anda tarik sudah tersedia sesuai di layar maka Anda bisa langsung menekan tombol yang ada di samping nominal yang ingin Anda pakai.
  9. Namun, jika nominal yang ingin Anda tarik tidak ada pada menu di layar maka Anda pun bisa memasukkan nominalnya secara manual ke dalam mesin ATM.
  10. Untuk memasukkan jumlah penarikan sesuai dengan yang diinginkan, Anda bisa cek pada bagian pojok kanan bawah akan terdapat pilihan menu berupa ‘Transaksi Lain’. Silakan pilih menu tersebut.
  11. Kemudian silakan memilih sub-menu berupa Penarikan Tunai. Jika sudah, silakan masukkan nominal yang ingin Anda ambil dengan cara memencet tombol yang ada di papan ATM sesuai dengan jumlah yang ingin diambil.
  12. Perlu Anda ingat bahwa pengambilan uang di mesin ATM hanya bisa sesuai dengan nominal yang tertera pada mesin ATM. Bisa berkelipatan Rp 50 ribu ataupun bisa juga kelipatan Rp 100 ribu.
  13. Apabila jumlah nominal yang Anda masukkan sudah benar dan sesuai, silakan pilih Lanjutkan.
  14. Tunggu beberapa saat karena mesin ATM sedang memproses jumlah uang yang Anda ambil. Silakan ambil yang dikeluarkan oleh mesin ATM tersebut.
  15. Setelah uang keluar dari ATM, maka biasanya juga akan diikuti dengan keluarnya struk bukti transaksi yang telah berhasil dilakukan. Pastikan Anda mengambil uang dan juga kartu ATM yang Anda miliki

Mudahnya mengambil uang di ATM BRI ini tentu akan membuat proses perbankan menjadi lebih praktis dan juga efektif. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka Anda juga harus melakukan sejumlah langkah pengamanan dan menghindari keteledoran dalam penggunaan ATM.

Pastikan Anda tidak memberi tahu kepada orang lain tentang PIN kartu ATM yang Anda miliki. Selain itu, usahakan juga tidak melakukan penarikan pada mesin ATM yang jauh dari keramaian untuk menghindari kemungkinan yang tidak diharapkan.

Selain itu, sebelum melakukan penarikan tunai via ATM alangkah baiknya juga apabila Anda memeriksa terlebih dahulu kondisi mesin apakah ada kejanggalan ataukah tidak.

Hal penting lain yang tidak boleh Anda lewatkan setelah melakukan transaksi adalah memerikan kembali mesin ATM dan pastikan tidak ada yang tertinggal baik itu uang ataupun kartu ATM yang Anda miliki.

Biaya Tarik Tunai di ATM BRI

Pasti banyak yang penasaran ingin mengetahui, sebenarnya mengambil uang di ATM BRI dikenakan biaya atau tidak. Soal biaya tidak perlu khawatir, karena tarik tunai di ATM BRI tidak akan dikenakan biaya. Kemudian untuk maksimal penarikan tergantung dari jenis kartu ATM yang anda miliki.

Rata-rata kartu ATM yang disediakan Bank BRI memiliki limot penarikan sebesar Rp. 5 Juta – Rp. 10 Juta per hari. Nantinya limit akan direset pada hari berikutnya. Nah apabila menginginkan penarikan dalam jumlah besar kami sarankan untuk datang langsung ke kantor cabang terdekat.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengambil uang di ATM BRI dengan mudah, dan nyaman. Pastikan untuk tetap bertransaksi secara aman untuk menghindari peluang terjadinya tindakan kejahatan perbankan. Simak pula artikel sebelumnya mengenaai “Cara Membuka Blokir ATM BRIdan beragam artikel menarik lainnya seputar rekening Bank BRI.

Leave a Comment