Cara Menghitung Bunga Deposito BRI Dengan Mudah

RekeningBri.com – Bank BRI menyediakan layanan deposito berbunga untuk nasabahnya, sedangkan cara menghitung bunga deposito BRI cukup mudah untuk dilakukan. Anda bahkan bisa melakukannya sendiri tanpa bantuan dari pihak teller.

Bank BRI sendiri merupakan bank yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia saat ini, membuatnya banyak menyediakan variasi layanan investasi kepada nasabah yang berminat.

Dengan banyaknya informasi yang bisa diakses oleh nasabah terkait investasi, dan hasilnya yang cukup menguntungkan, banyak dari mereka yang mulai sadar dan mencoba untuk memulai investasi dengan cara deposito.

Pasalnya deposito memiliki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Bahkan deposito memiliki jaminan khusus di LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan.

Tentu saja dengan syarat bahwa bank tersebut telah tersebut telah terdaftar sebagai anggota LPS dan memiliki hak untuk mendapatkan hak atas penjaminan yang telah disebutkan.

Kelebihan lain deposito adalah suku bunganya cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan suku bunga yang dicapai oleh inflasi tahunan. Untuk deposito, suku bunga tahunannya mencapai 4 persen sampai 5,75 persen untuk tiap tahunnya.

Anda yang ingin membuka deposito bank BRI dan ingin mengetahui cara menghitung bunga deposito BRI harus menyimak penjelasan berikut ini.

Jenis Tabungan yang Ditawarkan

Untuk membuka deposito, Anda harus memiliki tabungan terlebih dahulu. Sedangkan untuk pembukaan deposito BRI,Anda bisa menggunakan dua jenis tabungan, diantaranya adalah:

1.Deposito BRI Rupiah

Simpanan ini merupakan jangka panjang dengan mata uang rupiah, sedangkan penarikannya dilakukan oleh nasabah hanya pada jangka waktu tertentu saja.

Pilihan waktunya bisa di tentukan, yakni 1 bulan, 3 dan 6 bulan, 8,  12, dan 18 bulan, serta terakhir adalah 24 dan 36 bulan. Setoran awal yang harus Anda bayarkan sebesar 10 juta rupiah.

Suku bunga yang ditawarkan juga cukup kompetitif, yakni paling rendah sekitar 4,25 persen. Suku bungan tersebut untuk tenor yang hanya satu bulan saja, dengan nominal dibawah 100 juta rupiah, 100 juta hingga 2 miliar, dan yang terakhir untuk nominal diatas 2 miliar rupiah.

Sebelum mengetahui cara menghitung bunga deposito BRI, sebaiknya Anda mengetahui besaran bunga terbesar untuk deposito BRI rupiah, yakni sekitar 5,25 persen setiap 36 bulan. Nominal simpanannya juga beragam, sekitar 100 juta rupiah sampai 2 miliar, sedangkan nominal selanjutnya lebih dari 2 miliar.

2.Deposito BRI Valas

Anda yang lebih tertarik untuk berinvestasi di mata uang asing, sebaiknya memilih deposito BRI valas. Sebab mata uang yang digunakan adalah mata uang asing, baik dolar, yen, ataupun euro.

Masing-masing setoran juga memiliki besaran yang berbeda, tegantung dengan jenis mata uang yang Anda pilih. Untuk setoran, Anda juga harus menggunakan konversi uang asing terhadap uang rupiah yang Anda gunakan.

Misalnya untuk mata uang dollar, Anda harus melakukan setoran minimal diatas seribu dolar. Sedangkan untuk mata uang yen, Anda perlu sekitar 150 ribu yen di setoran pertamanya.

Keuntungan Deposito BRI

Banyak keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan mengetahui cara menghitung bunga deposito BRI dan memiliki akun rekening khususnya, antara lain bisa Anda simak dalam penjelasan singkat berikut ini:

  1. Nasabah memiliki keleluasaan dalam memilih jangka waktu yang hendak digunakan untuk melakukan penarikan. Sehingga, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing nasabah, baik untuk mereka yang ingin menggunakan tenor pendek atau panjang.
  2. Bebas biaya administrasi, sehingga nasabah tidak perlu khawatir dengan pengurangan uang pada rekening yang dimilikinya.
  3. Suku bunganya kompetitif, dan bisa disesuaikan dengan rentang waktu yang di pilih sebelumnya. masing-masing memiliki besaran sendiri dan bisa lebih besar dan kecil tergantung pilihan tenor waktunya.
  4. Bisa melakukan perpanjangan deposito secara otomatis, atau lebih sering disebut sebagai automatic roll-over. Jika nasabah setuju perpanjangan dilakukan di akhir waktu, maka secara otomatis perpajangan bisa dilakukan.

Cara Menghitung Deposito BRI

Menghitung bunga deposito bank bri

Setelah mengetahui tentang pilihan jenis tabungan dan keuntungan yang akan di dapatkan, maka Anda bisa mengetahui cara menghitung bunga deposito BRI dengan benar dan akurat berikut ini.

Rumus untuk menghitung bunga deposito memiliki beberapa aspek, diantaranya adalah bunga deposito, dana pokok pada deposito, pajak, serta bulan jatuh tempo, kemudian dibagi 365 hari dalam setahun.

Secara lebih detail, rumus untuk menghitung bunga deposito adalah sebagai berikut:

Bunga deposito (dikali) dana pokok deposito (dikali) 30 hari (dikali) pajak 80 persen, kemudian hasilnya dibagi selama 365 hari.

Untuk menanyakan besaran bunga bank, Anda dapat memintanya kepada teller di bank untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait detail suku bunga untuk tiap rentang waktu jatuh temponya.

Misalnya Anda melakukan investasi sebesar 40 juta rupiah, dengan tenor jangka waktu selama 3 bulan. Sedangkan bunganya sebesar 5,5 persen dengan menggunakn sistem automatic roll over.

Jika dihitung dengan rumus yang telah disebutkan sebelumnya, cara menghitung bunga deposito BRI akan mendapatkan hasil sebesar 144 ribu rupiah untuk tiap bulannya.

Jika dana deposito terus naik, maka besaran keuntungan suku bunga juga akan naik. Namun untuk pajak jangan terlalu khawatir, sebab hanya mereka yang memiliki dana diatas 7,5 juta saja yang terkena pajak tersebut.

Kesimpulan

Jika anda yang ingin membuat rekening deposito dan belum tahu perhitungan bunganya, anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas dengan tepat dan benar.

Kemudian jika kita lihat keuntungan misal tiap tahun deposito di bank BRI, ini bisa menjadi pertimbangan anda dalam berinvestasi. Membuat rekening deposito di bank BRI sangat menguntungkan, baik aman dan memberikan bunga yang cukup menarik.

Apa saja jenis deposito di bank BRI?

Bank BRI memiliki layanan 2 jenis deposito yaitu Deposito BRI Rupiah dan Deposito BRI Valas.

Bagaimana cara menghitung bunga deposito BRI?

Bunga deposito x dana pokok deposito x 30 hari x pajak 80 persen, kemudian hasilnya dibagi selama 365 hari.

Berapa suku bunga terendah di layanan deposito BRI Rupiah?

Suku bunga paling rendah sekitar 4,25 persen.

Apakah ada biaya administrasi di rekening deposito BRI?

Tidak ada biaya administrasi atau tidak ada pengurangan di rekening deposito BRI.

Demikianlah langkah mudah cara menghitung bunga deposito BRI secara mandiri, berikut dengan ulasan mengenai kelebihan dan jenis rekening bank yang digunakan untuk melakukan deposito.

Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda untuk mempertimbangkan melakukan investasi sejak dini. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang 5 syarat deposito di BRI.

Leave a Comment