Cara Pembayaran PDAM Lewat ATM BRI

Cara pembayaran PDAM lewat ATM BRI, bisa anda lakukan cukup dengan beberapa cara dibawah ini. Seperti yang anda ketahui bahwa ATM tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan tarik tunai saja, tetapi ATM bisa digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan salah satunya adalah pembayaran tagihan PDAM. Pembayaran tagihan PDAM ini bisa anda lakukan di mesin ATM mana saja yang dekat dengan lokasi anda sehingga anda tidak perlu mengantri lama di loket pembayaran PDAM.

PDAM merupakan salah satu unit usaha miliki daerah yang bergerak di bidang pendistribusian air bersih bagi masyarakat. Perusahaan penyedia sumber daya ini berbeda dengan perusahaan penyedia sumber daya Negara lainnya seperti PLN. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dikelola oleh masing-masing daerah yang terpusat di provinsi.

Maka dari itu, PDAM bisa anda temukan di provinsi, kabupaten atau kota madya di seluruh Indonesia. Pemerintah memberikan hak otonomi dan memberikan kepercayaan kepada pemerintah daerah untuk mengelolanya. Hal tersebut tentunya harus terus menerus menciptakan inovasi dan melakukan pembaharuan sistem supaya mampu mengikuti perkembangannya zaman.

Apalagi sekarang sudah masuk di era yang serba canggih. Semua sektor hampir sudah memanfaatkan teknologi dalam segala operasionalnya agar lebih praktis. Nah, hal ini juga dilakukan oleh pengelola PDAM dan Bank BRI.

Inilah Cara Pembayaran PDAM Lewat ATM BRI

cara pembayaran pdam

Karena kemudahan dan kenyamanan nasabah adalah prioritas utama bank BRI, tak heran jika bank BRI selalu mempunyai inovasi-inovasi yang tercipta untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi. Berbagai macam fasilitas dan layanan yang didalamnya terdapat keunggulannya masing-masing bisa dirasakan oleh semua nasabah bank BRI. Salah satunya adalah pembayaran PDAM melalui mesin ATM.

Nah, bagi anda nasabah bank BRI yang ingin melakukan pembayaran tagihan PDAM melaui mesin ATM. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Datang ke ATM terdekat dari lokasi anda
  2. Masukan kartu ATM ke dalam mesin ATM
  3. Lalu pilih bahasa yang ingin anda gunakan
  4. Setelah itu masukan 6 digit kode PIN ATM anda
  5. Kemudian pilih menu “Transaksi Lainnya
  6. Lalu pilih menu “Pembayaran”
  7. Lanjut itu pilih “Lainnya”
  8. Setelah itu pilih “PDAM/PAM”
  9. Lalu, masukan kode PAM daerah anda. Jika anda belum mengetahui kode PAM/PDAM daerah anda, silakan pilih menu “Daftar Kode”. Setelah anda mengetahui kode PDAM/PAM silakan tekan “lanjutkan”
  10. Setelah mendapatkan kode PDAM/PAM silakan masukan Kode PAM beserta no pelanggan
  11. Sebelum lanjut ke langkah selanjutnya, cek terlebih dahulu apakah nomor dan nama pemilik rekening sudah sesuai atau belum, jika sudah silakan lanjut dengan memilihi “Ya”.
  12. Tunggu beberapa saat untuk proses transaksi
  13. Jika proses transaksi berhasil, silakan ambil struk sebagai bukti pembayaran
  14. Selesai

Cara Pembayaran PDAM Lewat BRIMO

Selain melakukan pembayaran tagihan PDAM melaui mesin ATM, anda juga bisa melakukan pembayaran tagihan PDAM dengan cara lainnya, yaitu melakukan pembayaran melalui aplikasi BRI Mobile (BRIMO). Sebelum anda melakukan pembayaran PDAM/PAM melalui aplikasi ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

  1. Pastikan anda sudah memiliki aplikasi BRI Mobile yang telah aktif di handphone anda. Jika belum aktif, silakan untuk melakukan aktivasi terlenbih dahulu
  2. Pastikan anda mempunyai saldo yang cukup untuk membayar tagihan PDAM anda
  3. Mengetahui kode pembayaran PDAM ataupun nomor tagihan
  4. Mempunyai koneksi internet yang stabil supaya proses transaksi tidak berjalan dengan lancar

Nah, setelah hal-hal diatas sudah terpenuhi berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda ikuti untuk melakukan pembayaran tagihan PDAM/PAM melalui aplikasi BRI Mobile:

  1. Buka aplikasi BRI Mobile di handphone anda. Jika anda belum mempunyai aplikasi BRI Mobile di handphone anda, anda bisa mendownload nya terlebih dahulu di Play Store ataupun di App Store
  2. Kemudian masuk ke halaman utama
  3. Silakan pilih menu PDAM
  4. Setelah itu, masukan nomor tagihan dan data-data lainnya seperti alamat daerah anda dan sebagainya. Silakan isi sesuai data diri anda
  5. Silakan cek kembali semua data-data apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah silakan klik “Bayar”
  6. Setelah itu masukan PIN BRI Mobile anda
  7. Tunggu beberapa saat sampai proses transaksi berhasil

Cara Pembayaran PDAM Lewat Internet Banking BRI

Selain melakukan pembayaran PDAM melalui ATM BRI dan aplikasi BRI Mobile, anda bisa melakukan pembayaran melalui internet banking. Berikut adalah langkah-langkah cara pembayaran PDAM melalui internet banking:

  1. Silakan masuk ke laman resmi bank BRI ib.bri.co.id/ib-bri
  2. Setelah itu, silakan masukan User ID beserta Password yang anda miliki
  3. Kemudian masukan validasi kode yang telah anda dapatkan
  4. Setelah itu, silakan masuk ke menu login
  5. Lalu, pilih menu “Pembayaran”
  6. Pilih menu “PDAM”
  7. Selanjutnya silakan pilih Rekening Pengguna
  8. Kemudian pilih wilayah pembayaran PDAM anda
  9. Setelah itu, silakan masukan ID Ke pelanggan anda
  10. Jika semua data-data pembayaran sudah benar silakan klik “Lanjutkan”
  11. Jangan lupa untuk memasukan “Challenge Code”
  12. Tunggu beberapa saat sampai proses transaksi anda berhasil
  13. Setelah proses transaksi anda berhasil, silakan cetak struk pembayaran dan simpan sebagai bukti
  14. Selesai

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa cara pembayaran PDAM lewat ATM BRI yang cukup praktis dan anda tidak perlu untuk mengantri lama di kantor cabang. Selain melalui ATM BRI anda juga bisa melakukan pembayaran melalui BRI Mobile atau Internet Banking. Semoga tulisan ini bisa membantu dan menambah wawasan anda yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara meminjam uang di Bank BRI untuk modal usaha.

Leave a Comment