Cara Pinjam Uang di Bank BRI Jaminan Sertifikat Tanah

Cara pinjam uang di bank memang dapat Anda lakukan dengan beberapa tips, salah satunya adalah menggunakan jaminan sertifikat tanah. Jadi, selain hanya untuk tanda kepemilikan rumah, keberadaan sertifikat rumah juga menjadi aset berharga saat Anda membutuhkan uang.

Karena anda dapat menggadaikan sertifikat tanah/rumah tersebut guna mendapatkan pinjaman dana atau uang dalam jumlah yang besar. Sementara itu salah satu bank yang menawarkan pinjaman dana dengan sertifikat rumah untuk jaminannya adalah Bank BRI. Asalkan memenuhi syarat, maka Bank BRI akan menyetujui pinjaman dana.

Begini Cara Pinjam Uang Menggunakan Sertifikat Tanah di Bank BRI Termudah

cara pinjam uang di bri jaminan sertifikat tanah

Jika saat ini Anda tengah mencari dana yang banyak, sebaiknya Anda bisa mencoba produk berupa pinjaman Bank BRI dengan jaminan sertifikat rumah. Meski demikian, tidak semua sertifikat rumah juga dapat Anda jadikan sebagai jaminan pula.

Karena hal ini akan berlaku guna mempermudah suatu proses pinjaman yang akan dilakukan oleh Bank BRI tersebut. Lalu sertifikat rumah seperti apa yang bisa digunakan? Yaitu tentunya harus yang memiliki syarat dan kriteria tertentu.

Jika sudah memenuhi, maka cara pinjam uang menggunakan sertifikat tanah bisa langsung Anda lakukan dengan mudah. Sementara sertifikat tanah/rumah yang bisa digunakan adalah seperti SHM/SHBG atas nama sendiri maupun pihak ketiga, terdiri dari ayah, ibu, kakak dan adik kandung.

Sementara untuk pemilik sertifikat juga diusahakan harus yang masih hidup alias belum meninggal dunia. Nah, apabila ada salah satu pemilik sertifikat rumah yang sudah meninggal, maka terlebih dahulu harus dibalik nama.

Persyaratan dan Ketentuan yang Wajib Anda Penuhi

Sebelum lebih lanjut mengenai cara pinjam uang di bank, akan lebih baik lagi jika Anda mengetahui beberapa persyaratan sebelum melakukannya. Bagi Anda yang ingin menggadaikan sertifikat rumah, maka dapat menggunakan layanan berupa Kupedes BRI.

Pasalnya layanan yang satu ini dapat diakses dengan mudah oleh siapapun, baik perorangan maupun badan usaha pula. Bahkan ada keuntungan saat menggunakan Kupedes BRI, salah satunya proses lebih cepat dengan bunga yang bersaing. Berikut persyaratan dan ketentuannya:

  1. NPWP/surat nikah
  2. Usaha berjalan minimal satu tahun
  3. Warga Negara Indonesia
  4. Pas foto ukuran 3 x 4
  5. Fotokopi KTP, KK, sertifikat rumah/tanah, rekening tabungan
  6. Tenor maksimal 5 tahun
  7. Pinjaman maksimal 250 juta
  8. Biaya administrasi sebesar 10 ribu
  9. Biaya provinsi & asuransi gratis
  10. Denda keterlambatan membayar sebesar 25 ribu/hari

Trik Meminjam Uang

Jika semua persyaratan dan ketentuan terpenuhi, selanjutnya cara pinjam uang di bank adalah dengan mengajukan dan mendatangi bank. Bahkan caranya juga tidak sulit, namun pastikan bahwa Anda telah memenuhi semua persyaratan diatas tadi.

Pastikan semua dokumen sudah lengkap, jika ada masalah seperti nama, maka Anda bisa berkonsultasi dengan pihak pemerintah desa. Selain itu, pastikan bahwa tanah yang diajukan tidak menjadi jaminan bank oleh pihak lain atau dalam masa sengketa.

Selanjutnya tinggal mendatangi kantor cabang dan ambil nomor antrian lalu tunggu beberapa saat sampai Anda dipanggil oleh pihaknya. Jika sudah dipanggil maka Anda bisa langsung menyerahkan semua perlengkapan tadi kepada pihak yang terkait.

Tunggu sampai beberapa hari sampai proses pengajuan dana selesai dilakukan oleh pihak bank, dan jika sudah maka Anda akan dihubungi. Nanti Anda akan dibuatkan nomor rekening BRI dan pencarian bisa dilakukan dengan cara transfer maupun mengambil langsung di mesin ATM atau teller.

Membuat Tabel Angsuran

Setelah melakukan cara pinjam uang, maka jangan sampai lupa untuk membuat simulasi angsuran setiap bulan nya. Sehingga dengan melihat simulasi tersebut, maka Anda dapat mengetahui kemampuan Anda dalam membayar angsuran tersebut.

Biasanya pinjaman dana dari Bank BRI ini dapat Anda kembalikan dalam jangka waktu mulai 12 hingga 60 bulan. Sedangkan untuk suku bunga kredit pinjaman Bank BRI pada tahun 2021 ini yaitu sebesar 8,75%.

Namun BRI juga menetapkan suku bunga pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah/tanah juga bervariasi sesuai masa pinjamannya. Apabila tenor pinjamannya selama 1 tahun, maka bunganya sebesar 9 hingga 12%. Apabila tenor pinjaman selama 2 tahun, bunganya sebesar 10-14%, begitu seterusnya.

Sementara dari jumlah pinjaman yang disetujui oleh pihak bank sekitar 75-80% dari nilai taksiran harga rumah atau tanah. Jadi cara pinjam uang di Bank BRI dengan menggunakan sertifikat rumah cukup mudah, Anda bisa mencontoh trik di atas.

Kesimpulan

Itulah informasi dari kami RekeningBri.com tentang cara pinjam uang di bank BRI jaminan sertifikat tanah, semoga bermafaat untuk anda dan kita semuanya. Cara pinjam uang di bank BRI dengan jaminan sertifikat tanah tidaklah sulit bahkan sangat mudah, anda cukup membaca informasi dari kami di atas dengan cermat.

Terimakasih banyak sudah membaca informasi dari kami. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara transfer uang dari BRI ke BCA lewat teller.

 

Leave a Comment