Cara Pinjam Uang Di Bank BRI Untuk Bangun Rumah

Cara Pinjam Uang Di Bank BRI Untuk Bangun Rumah dengan cepat dan dijamin aman. Bagi anda nasabah bank BRI yang ingin melalukan renovasi atau pembangunan rumah dan membutuhkan biaya yang sangat besar, anda bisa memanfaatkan salah satu fasilitas yang ada di BRI yaitu kredit Multiguna dengan melakukan peminjaman uang tunai dengan jumlah besar. Kredit Multi Guna atau bisa disingkat dengan KMG mempunyai beberapa keunggulan yang ditawarkan kepada para nasabahnya seperti layanan kredit proses pencairan dana yang cepat yang tersebar diseluruh cabang kantor BRI di Indonesia.

Salah satu produk multifinance dan perbankan yang memberikan fasilitas berupa kemudahan pinjaman uang serta dana tunai ini selain bisa anda gunakan untuk merenovasi rumah ataupun membangun rumah, anda juga bisa menggunakannya untuk membiayai berbagai macam kebutuhan anda seperti, biaya pendidikan, kesehatan, pembayaran kendaraan bermotor, ataupun untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif sekalipun.

Namun, untuk bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh Kredit Multiguna, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh para nasabah salah satunya harus mempunyai agunan atau jaminan yang diberikan pada saat mengajukan kredit. Maksudnya, nasabah yang ingin mengajukan kredit multiguna harus memberikan agunan ataupun jaminan kepada pihak bank untuk nantinya sebagai pertimbangan limit yang bisa anda dapatkan pada saat proses pencairan dana.

Cara Pinjam Uang Di Bank BRI Dengan Kredit Multiguna Untuk Bangun Rumah 

cara pinjam uang di bank bri

Barang yang bisa anda jadikan agunan atau jaminan seperti sertifikat rumah, sertifikat tanah, BPKB atau yang lainnya. Barang-barang inilah yang nantinya akan menentukan seberapa besar limit Kredit Multiguna yang anda dapatkan. Semakin besar taksiran nilai barang yang anda ajukan maka akan semakin besar pula nominal limit yang ditawarkan.

Syarat-Syarat Kredit Multiguna

Sebelum anda melakukan pinjamam Kredit Multiguna ke bank BRI ada baiknya anda memahami syarat-syarat untuk mendapatkan kredit multiguna BRI. Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika anda mengajukan Kredit Multiguna (KMG) bank BRI adalah sebagai berikut:

1. Debitur merupakan WNI, WNA dan penduduk tetap
2. Usia minimal debitur yang boleh mengajukan pinjaman kredit yaitu usia 21 tahun dan max. 60 tahun
3. Memiliki status pekerjaan sebagai karyawan, wiraswasta, ataupun professional
4. Penghasilan minimal debitur sebesar Rp3 juta per bulannya
5. Debitur harus memiliki pengalaman usaha min. 1 tahun

Selain persyaratan-persyaratan yang telah disebutkan diatas, anda juga harus melengkapi persyaratan-persyaratan dokumen yang menjadi faktor pendukung proses peminjaman kredit multiguna. Adapun dokumen-dokumen yang perlu anda siapkan ketika anda melakukan pinjaman kredit multiguna diantaranya:

1. Formulir pengajuan kredit yang sudah anda isi dengan lengkap
2. Fotocopy KTP, KK, NPWP, dan Surat Nikah atau Surat Cerai
3. Kemudian anda perlu menyiapkan surat legalitas usaha untuk wiraswasta dan profesional (TDP/SIUP/Akta Pendirian Usaha)
4. Selain menyiapkan surat legalitas usaha anda juga harus menyiapkan surat legalitas jaminan berupa fotocopy Sertifikat Hak Milik, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
5. Fotocopy buku tabungan BRI anda

Bagi nasabah yang berprofesi sebagai karyawan, ada dokumen-dokumen tambahan yang harus ikut dilengkapi juga yaitu:

1. Slip gaji terakhir anda yang asli
2. SK pengangkatan pertama dan terakhir anda yang asli
3. Surat rekomendasi dari atasan pemohon pinjaman
4. Fotocopy rekening koran terakhir yang anda miliki

Keuntungan Kredit Multiguna

Disamping itu, perlu diketahui juga bahwa ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh nasabah ketika saat menggunakan kredit multi guna ini diataranya:

1. Memiliki Biaya dan Suku Bungan Kompetitif

Keunggulan dari kredit multiguna BRI ini salahsatunya adalah memiliki biaya dan suku bungan yang kompetitif. Maksudnya, jika fixed yang disepakati adalah 1 tahun misalnya, berarti bunga pinjaman yang diberikan mulai dari 9.50%. nah, sedangkan jika fixed yang disepakati diawal adalah 2 tahun, maka bungan pinjaman yang diberikan adalah sebesar 10%. Selain itu, suku bunga kredit kompetitif juga mempunyai biaya administrasi, biaya provisi, biaya notaris, dan biaya asuransi, yang sangat murah.

Untuk biaya administrasi kredit multiguna itu sendiri akan dikenakan taris sebesar 0,1% dari limit kredit pinjaman anda atau minimal Rp250.000,-. Kemudian biaya provisinya akan dikenakan tarif sebesar 1% dari limit kredit pinjaman. Untuk mengetahui informasi yang lebih lengkap terkait rincian biaya anda bisa langsung mengunjungi kantor cabang Bank BRI terdekat dari tempat anda.

2. Memiliki Jangka Waktu yang Panjang

Keuntungan yang kedua ketika anda memanfaatkan kredit Multiguna BRI ini adalah memiliki jangka waktu pinjaman yang sangat panjang hingga 15 tahun. Namun, jangka waktu pinjaman lama ini bisa dimanfaatkan oleh nasabah yang tidak ingin mempunyai angsuran yang besar setiap bulannya. Namun, bagi nasabah yang ingin mempunyai angsuran yang cukup besar setiap bulannya, anda bisa mengambil jangka wkatu angsuran selama 6 atau 12 bulan.

3. Limit Yang Diberikan Lumayan Besar dan Bersifat Fleksibel

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa jumlah nominal limit yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah yang mengajukan pinjaman kredit Multiguna ini tergantung barang yang di agunkan atau yang dijadikan jaminan. Maka dari itu jika anda ingin memperoleh nominal pinjaman limit yang besar maka barang yang anda jadikan jaminan harus besar juga. Biasanya, barang-barang yang bernilai besar berupa sertifikat tanah atau bangunan yang anda miliki. Nah, pihak bank biasanya memberikan limit pinjaman mulai dari 100 juta hinggal milyaran rupiah. Disamping itu, nasabah juga bisa menentukan nominalnya sendiri asalkan sesuai dengan barang yang dijadikan jaminan.

Namun, perlu anda ketahui juga bahwa tidak semua pengajuan pinjaman akan disetujui oleh pihak bank. Banyak hal-hal yang harus dipertimbangkan saat melakukan proses pengajuan kredit seperti jumlah penghasilan nasabah tiap bulannya, mampukah nasabah membayar angsurannya tau tidak dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa anda gunakan ketika anda ingin melakukan pinjaman uang tunai di Bank BRI untuk bangun rumah. Anda bisa memanfaatkan produk Bank BRI yaitu Kredit Multiguna (KMG) yang layanannya tersebar diseluruh kantor cabang bank BRI di Indonesia. Semoga tulisan ini dapat menambah informasi bagi anda ataupun nasabah Bank BRI yang ingin melakukan pinjaman kredit multiguna juga.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara pinjam uang di bank BRI online.

Leave a Comment