10 Cara Setor Tunai ATM BRI di Mesin ATM Setor Tunai Terdekat

RekeningBRI.com – Cara setor tunai ATM BRI sangatlah mudah untuk dilakukan oleh nasabah yang ingin menabung uangnya ke dalam rekening. Sistem ini membantu nasabah untuk menghemat waktu, sehingga penyetoran uang tidak harus dilakukan melalui teller di kantor BRI.

Jika dahulu mesin ATM hanya bisa digunakan untuk menarik uang yang ada di rekening, kini nasabah juga menggunakannya untuk melakukan setoran. Melalui terobosan terbaru ini, BRI memaksimalkan layanan pada nasabah dengan memberikan kemudahan dalam melakukan setoran tunai.

Seperti halnya pada penarikan uang, nasabah hanya bisa menyetorkan uang melalui mesin ATM dengan uang pecahan Rp50.000,00 dan Rp100.000,00. Setoran melalui mesin ATM tidak bisa dilakukan menggunakan uang pecahan selain yang disebutkan tersebut.

Menggunakan uang di luar ketentuan, akan menyebabkan mesin menolak setoran yang dilakukan. Selain itu pastikan uang yang dgunakan saat setoran tidak ada yang mengalami kerusakan.

Kondisi uang yang kusut, rusak, dan terlipat juga dapat membuat transaksi ditolak oleh mesin. Jadi, selalu pastikan kondisi uang terlebih dahulu sebelum melakukan setoran tunai melalui mesin ATM.

Langkah-Langkah Cara Setor Tunai di ATM BRI

Cara Setor Tunai di ATM BRI

Cara setor tunai di ATM BRI tidak sulit untuk dilakukan. Sebelum melakukan setoran, carilah mesin ATM yang memiliki layanan untuk memproses transaksi setor tunai.

Tidak semua ATM dapat digunakan untuk setor tunai. Biasanya mesin ATM yang bisa digunakan akan diberikan keterangan dapat memproses transaksi setor tunai.

Hal ini tentu saja sangat memudahkan nasabah yang ingin melakukan transaksi. Setelah menemukan mesin ATM yang bisa digunakan, lakukan langkah-langkah berikut ini untuk melakukan transaksi:

  1. Silahkan datang ke gerai ATM BRI yang memiliki fitur Setor Tunai. Untuk mengetahui lokasi ATM BRI Setor Tunai silahkan kunjungi bri.co.id/web/guest/lokasi
  2. Masukan kartu debit yang Anda miliki ke dalam mesin ATM. Jangan lupa untuk memasukkan pin ATM yang benar.
  3. Layar akan menampilkan beberapa pilihan. Tekan opsi “Setoran Tunai”.
  4. Setelah itu pilih “Lanjutkan” untuk meneruskan proses.
  5. Cara setor tunai ATM BRI selanjutnya adalah dengan memilih opsi “Rekening Tabungan” pada pilihan yang muncul di halaman tersebut. Setelah opsi dipilih, maka tempat setor uang pada ATM akan terbuka secara otomatis.
  6. Pastikan uang yang akan disetor telah tersusun rapi dan tidak ada yang rusak. Kemudian masukkan uang yang telah disiapkan ke dalam tempat uang tersebut.
  7. Tunggulah beberapa saat hingga muncul informasi mengenai jumlah uang yang akan disetorkan.
  8. Jika jumlah yang tertera pada layar dirasa sesuai pilih opsi “Setor” untuk melanjutkan proses transaksi.
  9. Jika transaksi selesai diproses, pemberitahuan pada layar bahwa setoran telah diterima akan muncul.
  10. Selanjutnya Anda akan menerima struk sebagai bukti transaksi telah selesai dilakukan.

Melalui langkah tersebut, maka secara otomatis uang yang Anda setorkan tadi akan masuk ke dalam rekening tabungan. Anda bisa menabung di manapun dan kapanpun tanpa perlu menemui teller.

Manfaat Mesin ATM Setor Tunai

Dengan cara setor tunai ATM yang telah disebutkan diatas, dapat dipastikan sistem ini membawa angin segar bagi nasabah. Banyak manfaat yang bisa didapat dari cara alternatif ini.

Nasabah sudah pasti lebih menghemat waktu yang dimiliki. Setor tunai melalui mesin ATM membuat nasabah tidak perlu lagi menghadapi antrian panjang di teller.

Nasabah juga tidak perlu menyediakan waktu khusus, seperti datang lebih awal agar tidak terjebak dalam antrian panjang. Karena setoran dapat dilakukan kapan saja selama 24 jam penuh, kecuali terjadi kerusakan pada mesin ATM.

Selain menghemat waktu, nasabah juga tidak perlu malu dan sungkan jika ingin menabung dalam jumlah sedikit. Mesin ATM menerima setoran minimal Rp50.000.

Tips Aman Setor Tunai

Setelah mengetahui mudahnya cara setor tunai ATM BRI beserta manfaatnya, nasabah juga wajib mengetahui bagaimana cara bertransaksi yang aman. Tujuannya adalah agar nasabah dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan transaksi setor tunai berlangsung.

Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan ketika Anda melakukan transaksi setor tunai melalui ATM:

1. Perhatikan Mesin ATM

Sebelum melakukan transaksi selalu pastikan bahwa tidak ada alat-alat lain yang mencurigakan pada mesin ATM. Dengan begitu Anda akan selalu terhindar dari kejahatan skimming yang mungkin saja terjadi.

2. Lokasi Mesin ATM

Sebaiknya hindari memilih lokasi ATM yang sepi dan jauh dari keramaian, apalagi jika Anda menyetor uang dalam uang yang cukup besar. Pilih lokasi mesin ATM yang dekat dengan keramaian agar Anda merasa lebih aman dalam melakukan transaksi.

3. Periksa Kartu Debit Setelah Transaksi Selesai

Cara setor tunai ATM BRI yang mudah dan ringkas, membuat proses transaksi dapat dilakukan dalam waktu singkat. Jika proses setor tunai sudah selesai selalu pastikan kartu debit Anda telah di ambil dari mesin ATM.

Jangan sampai transaksi selesai dan struk telah diambil tapi kartu ATM justru ketinggalan. Kehilangan kartu ATM pasti akan sangat merepotkan dan membuat Anda merasa was-was.

Jika hal itu terjadi, segera hubungi call center untuk memblokir kartu ATM terlebih dahulu. Agar tabungan tetap aman.

4. Ganti PIN ATM secara Berkala

Selalu ganti PIN ATM Anda secara berkala. Maraknya praktik kejahatan yang bisa menguras uang rekening, membuat nasabah harus ekstra hati-hati. Mengganti PIN secara berkala merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan.

Pelajari cara setor tunai ATM BRI dan manfaatkan layanan tersebut. Mudahnya cara dalam mengakses layanan tentu sangat membantu nasabah yang menginginkan proses transaksi dengan lebih efisien.

Tentu saja tidak ada salahnya beralih ke cara baru dalam menyetor uang yang kita miliki ke rekening, lebih praktis dan hemat waktu.

Pada dasarnya cara setor tunai di ATM BRI sangatlah mudah. Yang paling penting anda datang ke ATM Setor Tunai BRI yang biasanya terletak di kantor cabang atau di pusat keramaian.

Nah demikianlah informasi rekeningbri.com pada kesempatan kali ini. Simak pula artikel mengenai “Cara Aktivasi Mtoken BRI” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Comment