Cara Settlement Mesin EDC BRI Terbaru

Cara settlement EDC BRI sangat mudah. Adanya EDC dapat membantu transaksi menggunakan kartu kredit, debit, dan e-money.

Kebanyakan mesin ini mempunyai warna biru dan bentuknya besar. Kemudian terdapat tombol, kabel, dan layar kecil. Anda dapat menjumpai alat ini di atas meja kasir sebuah minimarket dan gerbang tol otomatis.

Cara menggunakannya cukup dengan menempel kartu pada tempat yang telah tersedia. Secara otomatis gerbang tol akan terbuka dengan sendirinya.

Cara Settlement EDC BRI

Cara settlement edc bank bri

Siapa saja pasti sudah banyak yang mengenal BRI atau Bank Rakyat Indonesia. Karena telah menjadi salah satu lembaga keuangan dengan jaringan terbesar di Indonesia. Bahkan jaringannya sudah luas hingga ke pelosok-pelosok. Akan tetapi, BRI selalu mempersembahkan kemudahan setiap transaksi.

Salah satu cara yang sudah menjamur adalah membuka Agen BRIlink bersama masyarakat. Bila sudah terdaftar sebagai agen, maka untuk proses transaksi akan diberikan mesin EDC.

Mesin EDC akan memberi kemudahan dalam membeli pulsa, listrik, tagihan, dan transfer sesama BRI atau bank lain. Untuk itu, Anda perlu tahu cara settlement EDC BRI. Agar mesin ini dapat digunakan, maka harus mengetahui bagian dan kode functionnya.

Kode Function Mesin EDC

Mesin EDC BRI mempunyai beberapa bagian. Antara lain tombol navigasi, menu, dan number. Kemudian terdapat tempat untuk menggesek kartu. Selanjutnya terdapat layar monitor dan tempat keluar struk.

Sedangkan tombol mesin EDC BRI berwarna merah berfungsi untuk Cancel. Misalnya saja membatalkan dan keluar dari menu.

Untuk tombol kuning mengoreksi sebuah data pada layar. Tombol hijau tombol Enter atau Yes, saat berada dalam pilihan menu. Terakhir terdapat tombol menu function.

Cara settlement EDC BRI dengan mengetahui daftar kode function mesin EDC BRI. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah dalam mengoperasikannya.

Sebagai contoh Function 0, dengan kode F+0 fungsinya untuk mengetes koneksi jaringan. Kemudian Function 1, F+1 untuk log transaksi dan Function 13,  F+1+3 berfungsi membersihkan log transaksi EDC. Selanjutnya F+7+3 untuk cetak ulang struk dan masih banyak lagi function lainnya.

Bagi para pemula, tentu saja harus memahami kode function. Supaya lebih paham dalam menggunakan mesin EDC BRI.

Petugas dari BRI akan menerangkan sekali saja ketika Anda memesan dan membelinya.  Untuk itu pelajari kode function supaya dapat mengoperasikan cara settlement EDC BRI.

Cara Menggunakan Mesin EDC

Cara memakai mesin ini sangat mudah sekali. Bila menggunakan kartu debit atau kredit dengan cara menggesek. Sedangkan untuk pemakain kartu e-money dengan cara menempel kartu pada mesin EDC.

Mekanisme ketika menggesek adalah dengan membawa kartu ke kasir. Lalu masukkan banyaknya uang yang akan dibayar. Cara settlement EDC BRi berikutnya dengan memasukkan nomor PIN.

Selanjutnya akan keluar struk bukti transaksi dari mesin bila transaksi berhasil. Ketika transaksi berhasil secara otomatis saldo kartu debit akan berkurang. Sedangkan untuk kartu kredit tagihannya akan bertambah.

Saat ini teknologi semakin canggih. Banyak kartu yang sudah menggunakan chip, sehingga cukup dimasukkan dalam slot mesin EDC. Hal tersebut lebih aman dan terhindar dari kemungkinan pencurian data.

Dalam praktiknya, terkadang terdapat beberapa kesalahan. Lantas jangan panik, sebab error dapat diperbaiki.

Error yang Sering Muncul

Cara settlement EDC BRI berikutnya pada kejadian error yang kerap timbul. Misalnya saja Please try again. Penyebabnya biasanya karena sinyal kurang bagus, line telepon, dan reserval.

Untuk dapat menanganinya cukup mudah, melakukan restart pada mesin EDC. Tekan tombol Function 3 lalu enter. Jangan lupa untuk memasukkan password.

Kemudian mesin akan mati dan kembali hidup sendiri. Transaksi dapat berlanjut karena error sudah tidak ada. Selain itu terjadi Reversal atau tidak semua transaksi sukses. Banyak faktor yang menjadi penyebabnya, cara mengatasinya dengan tekan function 1 dan enter.

Bila pada layar sudah terdapat tulisan reserval lalu hapus dengan menekan tombol function+99 enter. Kemudian ikuti 3 langkah bagian terakhir pada nomor mesin.

Line Idle merupakan error karena suara kurang jernih, telepon mati, ada reserval sebelumnya, atau sebab setingan yang tidak sesuai. Untuk itu perlu penanganan dengan restart mesin EDC/

Cara settlement EDC BRI dengan tekan tombol function 3 lalu enter. Berikutnya, masukkan kata kunci, lalu mesin akan mati dan hidup kembali dengan cara otomatis. Sementara untuk cetak ulang dengan cara memilih Reprint, pilih Last Transaction dan Printing.

Kesimpulan

Begitulah informasi dari kami RekeningBri.com kali ini tentang cara settlement EDC BRI, semoga bermanfaat untuk anda dan kita semuanya. Di atas telah kami paparkan dengan mudah dan rinci sehingga anda tidak perlu bingung tentang cara settlement EDC BRI.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami kali ini. Baca juga informasi menarik  dari kami sebelumnya tentang cara bikin rekening BRI online.

 

 

Leave a Comment