Cara Top Up KUR BRI Terbaru 2021

Cara Top Up KUR BRI 2021, bisa anda lakukan hanya dengan beberapa langkah yang sangat mudah. Di masa-masa pandemi seperti sekarang ini, tak jarang banyak orang yang mengeluh akibat penghasilannya menurun, bahkan ada juga orang yang terpaksa di PHK karena perusahaannya sulit untuk memberikan mereka gaji atau upah. Sulitnya perekonomian di masa pandemi membuat semua orang memutar otak kembali supaya perekonomian mereka bisa kembali normal.

Salah satu solusinya adalah dengan mengajukan pinjaman ke Bank BRI untuk memulai usaha baru atau mengembangkan usaha yang sudah dijalankan. Anda bisa mengajukan pinjaman untuk membuka Kredit Usaha Rakyat atau biasa disebut dengan KUR di Bank BRI itu sendiri. Tentu hal ini, cukup membantu anda dan memberikan solusi ditengah krisis ekonomi di masa pandemi.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu anda pahami dulu apa yang dimaksud dengan KUR. Kredit Usaha Rakyat atau orang biasa menyebutnya dengan istilah KUR secara umumnya adalah salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan akses pembiayaan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang nantinya akan disalurkan melalui lembaga-lembaga keuangan dengan pola penjaminan. Program ini secara resmi dikeluarkan oleh pemerintah sejak tanggal 5 November 2007.

Anda juga tak perlu khawatir memikirkan dari mana dana sebanyak itu berasal? Karena sumber dana KUR itu sendiri 100% berasal dari dan Lembaga Keuangan penyalur KUR. Anda juga tak perlu khawatir, karena pengajuan KUR ataupun penerima KUR ini bisa siapa saja, baik itu perseorangan, kelompok usaha, bahkan badan usaha yang menjalankan usahanya secara produktif bisa mendapatkan pinjaman KUR ini.

Persyaratan Top Up KUR BRI

Bentuk dana yang ditawarkan adalah berupa dana keperluan modal kerja maupun investasi yang nantinya akan disalurkan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Suku bunga yang ditawarkanpun cukup rendah, berkisar 0,2% per bulannya atau 6% dalam hitungan per tahun. Sebelum anda melakukan Top Up KUR BRI anda, sebaiknya anda memperhatikan beberapa syarat yang nantinya mungkin akan dilakukan sinkronisasi data. Berikut adalah persyaratannya:

  1. KTP Pribadi
  2. KK (Kartu Keluarga)
  3. Mendapatkan Surat Ijin Usaha atau keterangan usaha.
  4. Memiliki surat jaminan/agunan (SPPT, SHM, BPKB kendaraan)
  5. Dan dokumen tambahan bila diperlukan seperti: Fotocopy tabungan, foto 3×4, NPWP dan slip gaji dan berkas jaminan lainnya.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan persyaratan-persyaratan lainnya, seperti:

1. Masa Pinjaman KUR BRI minimal 6 bulan

Jika pinjam KUR BRI anda kurang dari 6 bulan, maka secara otomatis Top Up KUR BRI anda tidak bisa di proses. Jadi usahakan pinjaman KUR BRI anda sudah berjalan selama 6 bulan.

2. Riwayat Angsuran

Riwayat angsuran juga harus anda perhatikan, karena ini menyangkut penilaian oleh oihak Bank BRI itu sendiri. Jadi, pembayaran angsuran harus anda lakukan dengan tepat waktu, tidak boleh telat. Dan perlu diingat bahwa riwayat angsuran ini harus benar-benar anda prioritaskan.

3. Anda tidak sedang memiliki pinjaman lainnya baik itu di Bank BRI maupun bank lainnya

4. Anda harus mengetahui bahwa usaha yang sedang anda jalani benar-benar sedang membutuhkan tambahan modal untuk keperluan mengembangkan usaha anda, bukan untuk keperluan ataupun kebutuhan lainnya.

5. Rekening Koran

Saat anda akan mengajukan top up KUR BRI anda, anda disarankan untuk melampirkan bukti laporan keuangan yang berupa rekening koran BRI anda selama kurun waktu 3 bulan terkahir sebelum pengajuan. Adapun rekening Koran yang anda ajukan berguna untuk pertimbangan mengenai kemampuan anda membayar pinjaman sekaligus untuk menentukan jumlah plafond yang akan anda diperoleh.

Cara Top Up KUR BRI

Cara top up kur bank bri

Setelah semua persyaratan yang akan diajukan terkumpul, maka selanjutnya adalah proses top up KUR BRI anda. Anda tidak perlu khawatir tentang bagaimana cara top up KUR BRI, karena disini kami akan menjelaskannya secara terperinci. Adapun langkah-langkah cara top up KUR BRI adalah sebagai berikut:

1. Datang ke kantor cabang BRI terdekat

Perlu anda ketahui bahwa top up KUR BRI sejauh ini hanya bisa dilakukan di kantor cabang BRI saja, tidak bisa dilakukan di ATM, EDC atau yang lainnya.

2. Lalu, silakan anda ambil nomor antrian CS

Setelah anda mengambil nomor antrian, silakan tunggu sampai tiba giliran anda.

3. Selanjutnya sampaikan maksud kedatangan anda kepada Customer Service

4. Kemudian, anda perlu menemui petugas dan menyampaikan maksud kedatangan anda ke tempat tersebut, dengan mengatakan bahwa kalian ingin mengajukan Top Up KUR BRI.

5. Setelah itu, serahkan berkas-berkas persyaratan yang telah anda persiapkan

Selanjutnya anda hanya perlu memperhatikan berkas apa yang diminta oleh petugas Bank.

6. Mengisi Formulir Pengajuan

Setelah anda mengajukan berkas-berkas persyaratan, anda perlu mengisi formulir pengajuan Top Up KUR BRI. Pada tahap ini, usahakan anda mengisi formulir tersebut dengan benar

7. Proses Pencairan Dana

Pada proses ini, kalian akan diberikan penjelasan oleh petugas terkait ketentuan-ketentuan sampai anggaran KUR yang bisa anda dapatkan. Kemudian setelah itu ikuti instruksi petugas untuk melanjutkan proses selanjutnya yaitu proses pencairan.

8. Setelah semua nya selesai, anda akan diminta untuk menemui Teller dan anda akan menerima KUR BRI anda di Teller.

Dan perlu anda ketahui bahwa proses pengajuan membutuhkan survey yang dilakuakn oleh petugas, sehingga hal ini akan bersifat selektif yang bertujuan supaya dana yang telah dikeluarkan oleh Bank benar-benar untuk keperluan usaha buakan untuk yang lainnya.

Kesimpulan

Top Up Kredit Usaha Rakyat (KUR) tidak hanya bisa dilakukan di Bank BRI saja, Bank lainnya seperti Bank Mandiri atau Bank lainnya yang mendukung Top Up KUR juga bisa anda manfaatkan untuk memajukan usaha yang anda miliki. Berikut adalah penjelasan mengenai Cara Top UP KUR BRI 2021 yang telah kami jelaskan diatas secara terperinci. Semoga artikel ini menambah wawasan kalian semua yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com tentang cara top up KUR BRI, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara cek poin BRI simpedes.

Leave a Comment