Cara Transfer Uang Lewat SMS Banking BRI Ke BRI dan Bank Lain

RekeningBri.com – Ada yang belum tahu cara transfer uang lewat SMS banking BRI? Seperti bank lainnya, BRI tentu memiliki layanan SMS banking untuk memudahkan para nasabahnya.

Mulai dari cek sisa saldo, kepentingan transfer uang, hingga pembayaran beberapa tagihan tertentu. Mungkin sebagian orang lebih suka melakukan berbagai transaksi diatas menggunakan fasilitas ATM atau internet banking.

Namun tidak sedikit orang juga menganggap bertansaksi lewat ATM sangat merepotkan karena sudah pasti membuang waktu, harus pergi keluar rumah untuk mencari ATM terdekat. Banyak juga orang yang mengaku kurang nyaman menggunakan layanan internet banking.

Selain khawatir datanya beresiko diretas, penggunaan internet banking pun perlu jaringan internet supaya dapat dioperasikan. Bagi yang tidak biasa memakai pulsa paket data, mereka jelas tidak bisa mengandalkan internet banking untuk bertransaksi.

Alasan itulah mengapa transaksi melalui SMS banking sepertinya memang cukup nyaman digunakan. Namun hingga kini diketahui masih banyak nasabah bank BRI yang kurang begitu paham bagaimana cara melakukan transfer dana melalui SMS banking.

Untuk itu di bawah ini akan dibahas bagaimana cara transfer uang lewat SMS banking BRI dengan mudah. Silahkan simak baik-baik artikel ini sampai habis supaya bisa melakukannya dengan baik.

Cara Daftar SMS Banking BRI

1. Melalui ATM

Untuk bisa menggunakan layanan SMS banking, nasabah BRI harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui ATM atau pergi ke kantor cabang BRI terdekat. Jika Anda tidak ada waktu pergi ke cabang bank BRI, silahkan lakukan pendaftaran melalui ATM.

  1. Pertama silahkan cari ATM BRI yang paling terdekat di lokasi Anda sekarang. Jika sudah menemukan siapkan kartu ATM yang dimiliki, dan masukkan kedalam tempat yang seharusnya.
  2. Selanjutnya setelah kartu ATM berhasil masuk, silahkan masukkan kode PIN. Usahakan untuk memasukan kode PIN dengan benar, karena jika sampai salah sebanyak 3 kali karena kartu Anda akan otomatis terblokir.
  3. Jika sudah silahkan pilih menu ‘transaksi lainnya’ -> ‘lainnya’. Setelah itu pada layar akan muncul menu-menu pilihan yang lain, silahkan pilih ‘Registrasi’.
  4. Anda hanya tinggal pilih menu ‘mobile banking’. Anda akan diminta memasukkan nomor HP yang saat ini digunakan lalu klik ‘benar’.
  5. Setelah itu Anda juga akan diminta membuat PIN khusus yang akan digunakan pada aplikasi SMS banking nantinya. Silahkan buat PIN sesuai keinginan, bahkan Anda juga boleh pakai PIN yang sama dengan PIN ATM lalu tekan ‘benar’.
  6. Jika sudah Anda pasti akan diminta memasukkan kode PIN yang dibuat tadi untuk kedua kalinya, lalu klik ‘benar’. Saat transaksi berhasil maka akan muncul notifikasi di layar kemudian struk bukti transaksi akan keluar.

2. Melalui Kantor Cabang BRI Terdekat

Mendaftar SMS banking BRI pun dapat langsung melalui kantor cabang BRI terdekat. Namun sebelum Anda pergi, sebaiknya persiapkan dulu apa saja yang dibutuhkan.

  1. Paling tidak, siapkan fotokopi indentitas diri yang masih berlaku serta fotocopykartu ATM BRI yang dimiliki. Untuk berjaga-jaga, Anda juga boleh membawa buku tabungan BRI.
  2. Jangan lupa juga untuk aktif. Saat persiapan sudah dilakukan, Anda bisa langsung pergi ke kantor cabang BRI terdekat dari lokasi Anda saat ini.
  3. Setelah sampai kantor cabang BRI terdekat, silahkan pergi kecustomer service yang sedang berjaga. Mereka akan memantu Anda untuk mendaftarkan nomor handphone agar bisa terkoneksi dengan layanan SMS banking BRI.
  4. Setelah sampai CS, silahkan komunikasikan saja ke mereka jika ingin daftar SMS banking. Proses pelayanan SMS banking ini tidak akan lama.

Setelah proses pendaftaran diselesaikan pihak CS, maka Anda dapat langsung melakukan cek saldo, transfer, atau isi token melalui sms. Satu lagi selain fotocopy KTP dan kartu ATM, Anda juga sebaiknya membawa kedua dokumen tersebut yang asli.

Cara Transfer Uang Lewat SMS Banking BRI

tutorial transfer lewat sms banking bri

1. Transfer Sesama Rekening BRI

Salah satu layanan SMS banking adalah nasabah bisa melakukan transaksi transfer dana hanya lewat HP saja. Nasabah bisa transfer uang baik itu kesesama rekening BRI atau kerekening lainnya yang beda bank.

Cara transfer uang lewat SMS banking BRI baik kesesama maupun bank lain juga cukup mudah.Pertama kita bahas dulu transfer uang lewat sms banking BRI kesesama nasabah BRI.

Jadi Anda hanya perlu ketik sms dengan format tertentu. Untuk format sms banking keperluan transfer uang sesama nasabah BRI adalah TRANSFER <spasi> BRI(RekeningTujuan) <spasi> Nominal <spasi> PIN.

Contohnya seperti ‘TRANSFER BRI1267456606747 100000 34567’. Pastikan menulis format dengan benar lalu jika sudah silahkan kirim pesan tersebut ke 3300.

Nanti operator 3300 akan menjawab dan memberikan respon dengan memberikan pertanyaan. Anda hanya tinggal berikan balasan ‘Ya’ sehingga transaksi bisa segera dilanjutkan.

2. Transfer Ke Rekening Bank Lain

Tidak hanya keperluan transfer ke rekening sesama nasabah BRI. Layanan SMS banking BRI juga dapat dipakai untuk mentransfer uang ke rekening bank lain.

Cara transfer uang lewat SMS banking BRI ke rekening bank lain juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengetahui lebih dulu kode bank masing-masing bank yang dituju.

Untuk format smsnya sendiri yaitu ketik saja TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan+ Nomor Rekening <spasi> NOMINAL<spasi> PIN. Contohnya transfer ke bank mandiri dengan kode banknya 008, jadi format smsnya TRANFER 0089456384 100000 234575.

Selalu pastikan untuk mengetikan PIN dengan benar. Kesalahan memasukkan nomor PIN sampai 3 kali berakibat rekening diblokir.

Itu tadi bagaimana cara transfer uang lewat SMS banking BRI. Nasabah akan dikenakan biaya Rp.250,- per transaksi serta tambahan saldo pulsa akan terpotong.

Saat transfer ke bank lain selain BRI pun nasabah akan dikenakan biaya untuk transfer Rp.6.500,-.Jika diperhatikan cara transfer uang lewat SMS banking BRI cukup mudah dan sederhana, bukan?

Kesimpulan

Seperti yang dijeaskan di atas bahwa transfer uang melalui sms banking BRI bisa dikatakan mudah dan simpel. Untuk yang memiliki aktifitas tinggi menggunakan layanan transfer uang melalui sms banking BRI sangat dianjurkan karenan sangat efektif dan efisien.

Untuk mendapat layanan sms banking kamu perlu untuk mendaftar terlebih dahulu, bisa melalui ATM ataupun kantor BRI terdekat. Setelah mendaftar anda bisa langsung menggunakan layanan sms banking untuk transfer uang ke sesama BRI ataupun transfer ke rekening bank lain.

Bagaimana cara daftar sms banking BRI melalui ATM?

1. Silahkan cari ATM BRI yang paling terdekat di lokasi Anda sekarang.
2. Setelah kartu ATM berhasil masuk, silahkan masukkan kode PIN.
3. Pilih menu ‘transaksi lainnya’ dan lalu menu ‘ Registrasi’.
4. Anda hanya tinggal pilih menu ‘mobile banking’. Anda akan diminta memasukkan nomor HP yang saat ini digunakan lalu klik ‘benar’.
5. Silahkan buat PIN sesuai keinginan, bahkan Anda juga boleh pakai PIN yang sama dengan PIN ATM lalu tekan ‘benar’.
6. Jika sudah Anda pasti akan diminta memasukkan kode PIN yang dibuat tadi untuk kedua kalinya, lalu klik ‘benar’.

Bagaimana cara transfer uang lewat sms banking BRI?

Untuk format sms banking keperluan transfer uang sesama nasabah BRI adalah TRANSFER <spasi> BRI(RekeningTujuan) <spasi> Nominal <spasi> PIN.

Bagaimana cara transfer uang beda bank lewat sms banking BRI

Untuk format smsnya sendiri yaitu ketik saja TRANSFER <spasi> KODE Bank Tujuan+ Nomor Rekening <spasi> NOMINAL<spasi> PIN.

Berapa biaya transfer sms banking BRI ke rekening bank lain?

Biaya transfer ke bank lain selain BRI nasabah akan dikenakan biaya untuk transfer Rp.6.500,-.

Demikian informasi dari kami tentang cara transfer uang lewat sms banking BRI, semoga bermanfaat. Baca juga artikel informasi dari kami sebelumnya tentang syarat buka rekening BRI simpedes dan informasi-informasi menarik lainnya.

Leave a Comment