Besarnya Bunga Deposito BRI Syariah

RekeningBri.com – Mengetahui berapa besaran bunga deposito BRI syariah sangat penting, sebelum Anda memutuskan dengan bank mana, Anda akan menyimpan dana tersebut.

Bank Jasa Arta merupakan asal muasal terbentuk BRI syariah. Bank yang berdiri sejak tahun 1969 ini kemudian diakuisisi oleh Bank Rakyat Indonesia pada tahun 2007. Kemudian akhirnya resmi menggunakan nama PT. Bank BRI syariah pada tahun 2008.

Kegiatan usaha yang dijalankan oleh bank ini tentu saja berdasarkan syariah Islam. Dengan membidik berbagai segmen lapisan masyarakat, BRI syariah kini terus bertumbuh dan semakin dipercaya sebagai layanan bisnis keuangan yang sesuai dengan hukum-hukum Islam.

Untuk layanan perbankan yang dihadirkan BRI syariah juga cukup beragam. Ini akan memudahkan nasabah untuk memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya.

Mulai dari berbagai pilihan tabungan, mulai dari tabungan biasa, tabungan haji juga simpanan pelajar juga tabungan impian. BRI syariah juga memiliki produk layanan tabungan deposito yang diberi nama deposito faedah yang tidak  menggunakan skema bunga.

Mengenal Akad BRI Syariah

Sebelum Anda mengetahui berapa bunga deposito BRI syariah, ada baiknya Anda mengenal beberapa istilah islami yang digunakan dalam transaksi yang diselenggarakan bank ini.

Di mana BRI syariah menerapkan akad akan titipan yang biasa disebut dengan wadi’ah yad dhamanah serta kerjasama atau mudharabah. Dari kedua akad tersebut Anda yang berperan sebagai pemilik dana akan mendapatkan imbalan hasil sesuai dengan ketentuan yang telah disepakati.

Pada akad wadi’ah, maka pihak bank diperbolehkan memanfaatkan uang nasabah. Namun bila hilang atau terjadi sesuatu maka pihak bank harus bertanggung jawab.

Selain memberikan rasa  nyaman, menyimpan uang di BRI syariah juga aman karena bank ini diawasi oleh DSN (Dewan Syariah Nasional) juga DPS (Dewan Pengawas Syariah). Itu artinya, semua produk yang dikeluarkan oleh BRI syariah telah melalui tahap pemeriksaan dan terjamin aturannya dengan agama Islam.

Mari kita mengenal apa itu deposito BRI syariah iB

Deposito yang dikeluarkan BRI syariah adalah tabungan berjangka. Di mana Anda akan menyimpan sejumlah dana yang akan diendapkan di bank selama minimum satu bulan.

Pada awal perjanjian, Anda dan bank BRI syariah akan menyepakati besarannya jumlah bagi hasil yang bisa Anda dapatkan. Dan ini tidak akan berpengaruh pada suku bunga yang kerap berfluktuasi.

Bunga deposito BRI syariah besarannya juga bergantung pada jumlah dana yang Anda depositokan. Namun yang pasti ada banyak keunggulan dari deposito yang satu ini.

Selain mendapatkan imbal hasil yang kompetitif, pada deposito ini Anda tidak akan dikenai potongan apapun. Kecuali pemotongan dalam bentuk zakat yang akan dilakukan secara otomatis dari bagi hasil.

Keunggulan lainnya adalah pemindahbukuan dari bagi hasil yang diterima setiap bulannya. Secara otomatis akan masuk ke dalam rekening tabungan yang telah Anda miliki.

Kemudian yang semakin mempermudah, deposito ini bisa diperpanjang secara otomatis dengan  nisbah hasil yang sesuai. Lalu bisa digunakan sebagai jaminan pembiayaan.

Untuk mendapatkan bunga deposito BRI syariah maka dimulai dengan membuka terlebih dahulu. Layanan deposito BRI syariah bisa dilakukan secara online maupun offline.

Sementara bila pencairan dana dilakukan sebelum jatuh tempo, maka akan ada biaya yang harus Anda bayar yaitu sebesar Rp. 100.000,-.

Minimum deposito BRI syariah Rp. 2.500.000. Sementara untuk jangka waktunya, bisa dipilih mulai dari 1, 3, 6 atau 12 bulan.

Bagi nasabah yang akan mengajukan tabungan deposito secara online, bisa menggunakan aplikasi Bris online. Aplikasi ini bisa diunduh terlebih dahulu di Google Play Store. Namun sebaiknya dana yang tersimpan di tabungan atau giro faedah minimal 5 juta rupiah.

Cara Menghitung Bunga deposito BRI Syariah

bunga deposito di bri syariah

Kini saatnya Anda mengetahui, kisaran bunga deposito BRI syariah yang bisa Anda dapatkan. Di mana bila jumlah deposito Anda berada di Rp.10.000.000 hingga maksimal Rp. 100.000.000,- dengan tenor satu bulan, maka bunga yang akan Anda dapatkan adalah 4,75%.

Namun bila tenor yang Anda pilih adalah 3 bulan, maka bunga yang bisa didapat 5,50%. Hingga batas tenor yang paling lama yaitu 36 bulan, bunga yang akan diberikan adalah 5,25%.

Hingga nilai uang lebih dari 2 miliar rupiah, bunga yang akan Anda dapatkan minimal 4,75% dan maksimal 5,50%.

Menghitung bunga deposito BRI syariah sebetulnya cukup mudah. Sebagai gambaran Anda bisa menggunakannya dengan cara ini.

Bunga dikalikan dengan Dana Pokok Deposito, kali 30 hari, kali 80% (pajak) dan bagi dengan 365 (hari),

Contoh;

Anda akan menginvestasikan dana yang telah Anda miliki selama ini di bank. Jumlahnya mencapai Rp. 40.000.000,-. Selanjutnya tenor yang Anda pilih dari deposito BRI syariah adalah 3 bulan. Itu artinya bunga yang akan Anda dapatkan sebesar 5,50%.

5,50% x Rp. 40.000.000 x 30 hari x 80% : 365 hari

Maka bunga deposito BRI syariah yang bisa Anda dapat adalah Rp. 144.657 setiap bulannya.

Keuntungan tersebut telah bersih Anda dapatkan dan telah dipotong dengan zakat.

Karena syarat membuat deposito BRI syariah ini adalah telah memiliki rekening bank sebelumnya. Maka sebagai tambahan informasi, sebaiknya Anda segera membuka tabungan faedah.

Dengan menggunakan akad wadi’ah yad dhamanah, Anda cukup membawa kartu identitas dan NPWP. Kemudian melakukan setoran awal dengan jumlah minimal Rp. 100.000,- saja.

Tabungan ini juga bebas dari biaya administrasi bulanan, gratis biaya ATM bulanan, serta gratis biaya penggantian buku tabungan.

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai besaran bunga deposito BRI syariah yang perlu Anda ketahui. Kesimpulannya, besarannya akan berbeda bergantung pada dana yang Anda simpan. Semakin besar uang yang Anda depositokan maka semakin besar pula bagi hasil yang Anda dapatkan.

Apakah bisa membuka deposito BRI Syariah online?

Iya bisa. Menggunakan aplikasi Bris online.

Berapa dana minimal deposito di BRI Syariah?

Dana minimal deposito BRI Syariah sebesar 2,5 juta rupiah.

Bagaimana cara menghitung hasil/bunga deposito di BRI Syariah?

Bunga dikalikan dengan Dana Pokok Deposito, kali 30 hari, kali 80% (pajak) dan bagi dengan 365 (hari).

Berapa jangka waktu jatuh tempo deposito di BRI Syariah?

Untuk jangka waktunya, bisa dipilih mulai dari 1, 3, 6 atau 12 bulan.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami, semoga bermanfaat. Baca juga informasi dari kami sebelumya tentang syarat dan cara deposito BRI Syariah dan informasi menarik lainnya.

Leave a Comment