7 Syarat Pinjam Uang di Bank BRI 2021 dan Jenis Pinjaman

RekeningBri.com – Apakah saat ini Anda berniat untuk membuka usaha atau Anda sedang membutuhkan uang dengan segera? Ketahuilah syarat pinjam uang di Bank BRI untuk memudahkan Anda mendapatkan pinjaman uang dengan segera.

Pada era sekarang ini, mencari pinjaman uang tidaklah sulit. Bahkan, Anda bisa meminjam uang dalam nominal yang fantastis dengan mudahnya.

Kemudian, meminjam uang juga tidak hanya bisa dilakukan secara interpersonal atau dari satu individu ke individu lain. Namun, saat ini sudah banyak jasa yang menyediakan pinjaman uang.

Diantaranya yaitu, dari bank, koperasi, bahkan sekarang Anda juga bisa melakukan pinjaman ke aplikasi yang berbasis pinjaman secara online. Mudah bukan?

Namun, saat ini kita akan mengulas mengenai peminjaman uang ke Bank BRI. Apa saja sih syarat yang harus kita penuhi untuk melakukan pinjaman ke Bank BRI tersebut?

Syarat Umum dan Khusus Pinjam di BRI

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai syarat pinjam uang di Bank BRI yaitu ada syarat umum dan syarat khusus.

Apakah yang dimaksud dengan syarat umum itu? Jadi, syarat umum itu merupakan syarat yang diharuskan atau diwajibkan untuk dipenuhi dalam setiap jenis pengajuan pinjaman.

Kemudian, apa perbedaannya dengan syarat khusus? Lain halnya dengan syarat umum. Syarat khusus ini adalah persyaratan tertentu yang menjadi poin utama yang harus dipenuhi pada beberapa jenis ajuan pinjaman.

Biasanya, setiap jenis pinjaman akan memiliki syarat khusus yang berbeda dari satu dan yang lainnya. Berbeda halnya dengan syarat umum yang sifatnya seragam antara satu jenis ajuan pinjaman dengan jenis ajuan pinjaman lainnya.

Syarat Umum

Nah, apa sajakah yang menjadi syarat umum dalam pengajuan pinjaman ke Bank BRI ini?

Yang pertama, Anda harus mengisi data Anda terlebih dahulu di formulir pengajuan pinjaman Bank BRI. Pada formulir ini, selain mengisi data informasi identitas pribadi, Anda juga diminta untuk memilih jenis pinjaman yang akan diajukan ke Bank BRI.

Anda juga diharuskan untuk melakukan pengajuan pinjaman sesuai dengan domisili tempat tinggal Anda saat ini.

Yang selanjutnya, yaitu apabila Anda belum mempunyai rekening BRItama, maka Anda diharuskan untuk membuka rekening BRItama terlebih dahulu.

Kemudian, syarat selanjutnya yaitu usia Anda minimal harus berada di umur 21 tahun, atau sudah menikah.

Kemudian yang menjadi persyaratan selanjutnya yaitu Anda harus melampirkan beberapa dokumen penting, seperti fotokopiKTP (Kartu Tanda Penduduk), fotokopi KK (Kartu Keluarga), fotokopi akta nikah, fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), pas foto terbaru baik dari pihak suami maupun dari pihak istri, fotokopi slip gaji atau surat keterangan gaji Anda, dan yang lainnya.

Syarat Khusus

Itulah ketentuan syarat umum yang diperlukan untuk melakukan pengajuan pinjaman ke Bank BRI. Kemudian, apa saja yang menjadi syarat khusus yang harus dipenuhi oleh Anda?

kredit mudah di bri

Syarat dan Jenis Pinjaman BRI

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa syarat khusus ini akan berbeda tergantung jenis pinjaman yang diajukannya. Sehingga, Anda harus mengenal terlebih dahulu jenis pinjaman apa saja yang tersedia di Bank BRI.

1. KPR (Kredit Pemilikan Rumah)

Yang pertama, yaitu pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Seperti namanya sudah jelas bahwa pinjaman ini ditujukan bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk memiliki hunian rumah. Lalu menjadi syarat pinjam uang di Bank BRI untuk pengajuan pinjaman KPR ini yaitu syarat umum tadi tentunya. Kemudian syarat khususnya yaitu Anda merupakan pekerja dengan penghasilan yang tetap.

2. KPRS BRI

Selain ada pinjaman KPR, ada juga pinjaman KPRS. Pinjaman ini hanya bisa diajukan oleh orang yang termasuk ke dalam MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) yaitu yang mempunyai penghasilan dibawah Rp. 4 juta.

Yang menjadi syarat khusus dalam pengajuan KPRS ini yaitu Anda diharuskan untuk membeli rumah sebagai tempat hunian sendiri. Bukan untuk dijual kembali maupun untuk disewakan dalam jangka waktu 5 tahun. Kemudian pembelian rumah harus dilakukan di developer yang sudah bekerja sama dengan Bank BRI. Nah, pinjaman KPRS ini memiliki suatu keuntungan yaitu mempunyai jangka waktu cicilan sampai 20 tahun.

3. KKB (Kredit Kendaraan Bermotor)

Jenis pinjaman yang selanjutnya yaitu, KKB (Kredit Kendaraan Bermotor). Ini ditujukan untuk Anda yang mempunyai keinginan untuk membeli kendaraan baik itu baru maupun bekas. Tetapi, yang menjadi syarat khusus dari pinjaman ini hanya berlaku untuk WNI yang cakap hukum, dengan mempunyai keunggulan bebas biaya provisi.

Pinjaman jenis KKB ini mempunyai jenisnya yang lain, yaitu KKB Motor Premium yang ditujukan bagi Anda yang berkeinginan untuk membeli motor-motor mewah. Dalam pinjaman ini, tidak ada syarat khusus yang harus dipenuhi, hanya saja Anda harus memastikan bahwa uang yang Anda miliki mampu untuk membayar taguhan KKB motor premium ini.

4. KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Yang selanjutnya yaitu pinjaman KUR (Kredit Usaha Rakyat), yang ditujukan bagi Anda yang ingin untuk mulai membangun sebuah usaha. Pinjaman KUR ini dibagi menjadi 3 jenis, yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI.

5. KUR Mikro

KUR ini ditujukan untuk para pelaku bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah). Syarat khususnya yaitu Anda diharuskan mempunyai usaha yang sudah berjalan minimal dalam waktu 6 bulan, beserta bukti surat izin usahanya. Kemudian Anda juga harus dipastikan sedang tidak menerima kredit dari perbankan.

6. KUR Ritel

Mengenai KUR Ritel ini, tidak jauh berbeda dengan KUR Mikro, yang menjadi syarat khususnya pun sama.

7. KUR TKI

Kemudian ada KUR TKI, yang ditujukan untuk Anda yang akan pergi bekerja di luar negeri tetapi belum mempunyai modalnya. Yang menjadi syarat khususnya yaitu ada perjanjian kerja dengan pengguna jasa, perjanjian penempatan, passpor, dan visa.

Selain itu, masih ada jenis pinjaman yang lain seperti BRIguna, Kupedes, dan jenis kredit lainnya. Pinjaman-pinjaman ini mempunyai syarat khusus yang tidak jauh dari jenis pinjaman lainnya.

Kesimpulan

Begitulah ulasan seputar syarat pinjam uang di Bank BRI, mudah bukan? Jika anda mengikuti langkah-langkah dalam mempersiapkan pengajuan pinjaman BRI dengan baik, pengajuan anda akan mudah di setujui.

Cobalah Ikuti langkah di atas dengan baik dan benar, dengan begitu pengajuan kredit anda bisa dengan mudah disetujui oleh bank BRI. Untuk persyaratan umum ataupun khusus ini mudah untuk diikuti dan diadakan. Jadi tidak perlu bingung jika akan mengajukan pinjaman BRI.

Apa yang membedakan syarat umum dan khusus sebagai syarat pinjam di BRI?

Yang membedakan adalah untuk syarat umum yaitu persyaratan yang wajib ada baik di bank BRI ataupun bank yang lain. Kemudian syarat khsusus tergantung jenis pinjaman yang diambil seseorang dimana BRI memiliki beberapa jenis pinjaman yang beragam.

Berapa usia minimal seseorang untuk mengajukan pinjaman di BRI?

Usia minimal harus berada di umur 21 tahun, atau sudah menikah.

Apakah ada pinjaman untuk pembelian motor di BRI?

Iya ada. Anda bisa mengajukan pinjaman jenis KKB (Kredit Kendaraan Bermotor) BRI.

Apakah di bank BRI ada pinjaman untuk beli rumah dengan dicicil?

Iya ada. Anda bisa mengajukan pinjaman KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) BRI.

Demikianlah informasi dari kami tentang syarat mudah pinjam uang di bank BRI, semoga bermanfaat buat anda. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang 3 cara pinjam uang di bank BRI agar disetujui dan informasi menarik lainnya.

Leave a Comment