23 Syarat dan Cara Kredit Motor Lewat Bank BRI Syariah 2021

RekeningBri.com – Kredit motor masih menjadi salah satu pilihan itu untuk masyarakat indonesia dalam upaya memiliki kendaraan. Cara kredit motor lewat bank BRI syariah dapat menjadi solusi bagi yang tidak ingin pinjaman berbunga.

Pada kenyataannya kondisi angkutan umum di negara indonesia memang belum dapat membuat nyaman beberapa kalangan masyarakat. Beberapa orang masih mengandalkan kendaraan pribadi agar aktivitas dapat berjalan dengan lancar.

Angkutan umum seperti angkutan kota, metro mini, bus dan juga kereta rel listrik atau KRL memiliki beberapa keterbatasan misalnya dari sisi jumlah ataupun dari segi fasilitas kenyamanan penumpang. Pemandangan umum yang sering terjadi misalnya berdesak-desakan dan juga berdiri di dalam kereta.

Selain itu transportasi umum di negara indonesia masih tergolong tentang dari sisi keamanan misalnya banyak terjadi pencopetan ataupun penjambretan. Maka sebagai alternatif banyak masyarakat yang lebih memilih  transportasi pribadi misalnya motor ataupun mobil agar dapat memenuhi kebutuhan transportasi.

Motor memang lebih banyak digemari karena lebih praktis dari segi penggunaan dan juga harga yang lebih terjangkau.

Motor juga mendapat apresiasi dan juga  menjadi salah satu alternatif untuk beberapa orang yang sering terjebak kemacetan. Dengan menggunakan motor pribadi ini akan lebih menghemat biaya saat anda bepergian jika dibandingkan dengan menggunakan angkutan umum seperti ojek online dan sebagainya.

Tak heran jika motor memang menjadi salah satu solusi bagi sebagian besar masyarakat yang berada di wilayah perkotaan dan sering terjebak kemacetan lalu lintas.

Kenapa Kredit di BRI Syariah?

Dewasa ini untuk dapat memiliki sebuah kendaraan roda dua bukan lagi hal yang sulit, bahkan Anda bisa memiliki tersebut meskipun belum menyiapkan dana. Kredit menjadi salah satu solusi jitu bagi anda yang membutuhkan kendaraan namun belum memiliki dana yang mencukupi.

Kemudian untuk prosesnya juga kini tidak begitu sulit karena beberapa bank ataupun leasing menyediakan keringanan dan juga kemudahan untuk persyaratannya sehingga masyarakat dapat mengajukan kredit dengan mudah.

Apalagi bagi Anda yang berstatus pegawai ataupun karyawan tentunya akan lebih mudah untuk mendapatkan kredit karena memiliki sejumlah penghasilan atau gaji yang tetap dimana dapat digunakan sebagai dana untuk memenuhi cicilan kredit tersebut. Hal ini tentunya sangat menguntungkan karena dengan kendaraan tersebut anda bisa menggunakan transportasi yang lebih mudah menuju tempat kerja.

Informasi mengenai cara kredit motor lewat bank BRI syariah banyak dicari oleh masyarakat. Bri syariah hadir dengan produk pembiayaan kredit guna memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin memiliki kendaraan.

Bagi Anda yang tidak ingin terlibat praktek riba, kredit ini dapat menjadi pilihan yang bagus. Pembiayaannya diawali dengan akad murabahah atau adanya akad jual beli.

Fitur Pelaksanaan Kredit Motor BRI Syariah

Terdapat beberapa fitur dari pelaksanaan cara kredit motor lewat bank BRI Syariah, diantaranya:

  1. Keuntungan harga perolehan yang menjadi total pembiayaan kredit sudah disepakati oleh nasabah dan juga pihak bank dengan fixed margin.
  2. Besarnya cicilan tetap dan tidak berubah besarnya selama jangka waktu yang telah disepakati dalam akad.
  3. Bebas biaya pinalti jika melunasi sebelum tanggal jatuh tempo.
  4. Bisa digunakan untuk pembelian motor baru, take over dari lembaga lain.
  5. Untuk pembiayaan maksimal hingga Rp. 1.000.000.000,- dan minimal Rp 25.000.000.
  6. Untuk pembelian Kendaraan Bekas pembiayaannya maksimum 80% dari nilai pasar yang wajar sesuai dengan penilai jaminan bank.
  7. Kemudian untuk take over atau memindahkan pinjaman dari satu bank ke bank lain yaitu 80% dari nilai wajar pasar yang sudah ditetapkan penilai untuk jaminan Bank.
Kredit motor Bank BRI Syariah

Syarat dan Ketentuan

Berikut ini syarat dan ketentuan yang sebaiknya diketahui sebelum memilih kredit motor di BRI Syariah:

  1. Calon Nasabah Warga Indonesia atau WNI
  2. Janganlah merupakan pegawai tetap atau karyawan sebuah perusahaan yang memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun
  3. Bagi calon nasabah profesional harus memiliki pengalaman praktek minimal dua tahun pada bidang yang sama
  4. Calon nasabah untuk pembiayaan minimal berusia 21 tahun dengan maksimal 65 tahun untuk profesional dalam usia pensiun untuk karyawan
  5. Nama calon nasabah tidak terdaftar dalam deretan nama dengan pembiayaan bermasalah
  6. Calon nasabah sesuai dengan persyaratan pemegang polis untuk asuransi jiwa
  7. Bersedia membuka rekening atau memiliki rekening tabungan di BRI Syariah

Dokumen Persyaratan

Selain mengetahui cara kredit motor lewat bank BRI Syariah dan berusaha memenuhi kriteria sesuai dengan persyaratan umum yang ditetapkan untuk calon nasabah, anda pun harus menyiapkan beberapa dokumen sebagai calon nasabah yang dibedakan menjadi profesional dan juga dokumen persyaratan untuk karyawan tetap, yaitu:

  1. Calon nasabah merupakan karyawan Tetap
  2. Fotocopy KTP atau Kartu Idendtitas yang berlaku
  3. Surat keterangan yang menerangkan bahwa calon nasabah bekerja pada suatu perusahaan atau instansi.
  4. Fotocopy surat nikah jika calon nasabah telah menikah atau Kartu Keluarga
  5. Surat keterangan gaji atau slip gaji dari instansi atau perusahaan tempat bekerja
  6. Rekening koran yang merupakan catatan tabungan tiga bulan terakhir
  7. Fotocopy NPWP pribadi jika pembiayaan lebih dari Rp 50 juta.
  8. Profesional
  9. Izin praktek yang berlaku.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi yang berkaitan dengan pembiayaan kredit kendaraan bermotor yang bisa menjadi pilihan bagi Anda. Cermati apa saja yang harus disiapkan untuk pengajuan pinjaman atau produk tersebut sehingga bisa lebih memudahkan.

Cermati bagian seperti syarat dan dokumen apa saja yang dibutuhkan jika akan mengajukan kredit motor lewat bank BRI Syariah.

Berapa maksimal pembiayaan kredit di BRI Syariah?

Untuk maksimal kredit Rp 1.000.000.000,- dan minimal Rp 25.000.000,-.

Apakah bisa usia nasabah 17 tahun untuk mengajukan kredit motor di BRI Syariah?

Belum bisa. Karena usia minimal untuk pengajuan kredit minimal umur 21 tahun.

Apakah perlu NPWP untuk pengajuan kredit motor senilai 20 juta di BRI Syariah?

Tidak perlu. Jika pembiayaan lebih dari 50 juta baru diperlukan untuk persyaratan.

Apakah bisa kredit motor bekas di BRI Syariah?

Iya bisa.

Cara kredit motor lewat bank BRI syariah sangatlah mudah seperti yang telah diterangkan di atas baik dari segi persyaratan dan juga keuntungan lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat terutama bagi anda yang akan melakukan pengajuan kredit di bank BRI.

Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang syarat KUR BRI Syariah dan informasi-informasi menarik lainnya. Terimakasih.

Leave a Comment