Keuntungan Dan Kerugian Menabung Di Bank BRI Simpedes

Keuntungan dan kerugian menabung di bank BRI Simpedes, yang harus anda ketahui sebelum anda memutuskan untuk membuka tabungan tersebut. Simak penjelasannya dibawah ini!

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, kini banyak bank yang berlomba-lomba menawarkan berbagai jenis layanan tabungan sesuai dengan tujuan keuangan. Salah satu bentuk tabungan di bank yang bisa Anda pilih adalah Tabungan BRI Simpedes. BRI Simpedes tidak hanya mudah diterapkan untuk membuka rekening, tetapi juga tersedia untuk perorangan atau nasabah perorangan, serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Tabungan BRI Simpedes adalah tabungan dalam mata uang rupiah yang biasa diberikan kepada masyarakat pedesaan. Kebalikan dari Simaskot, artinya Simpanan Masyarakat Kota, yang kini menjadi BRITAMA. Nama Simpedes sendiri memang sudah sangat populer, apalagi simpedes banyak sekali memberikan hadiah kepada para nasabahnya seperti mobil, motor, mesin cuci, dll.

Keuntungan Menabung di BRI Simpedes

keuntungan bri simpedes

Tabungan BRI Simpedes yang berbentuk simpanan dalam mata uang rupiah ini bisa anda dapatkan di BRI Cabang Khusus / BRI Cabang / BRI KCP / BRI Unit / BRI Teras, dimana jumlah penyetoran dan penarikan tidak dibatasi frekuensi atau jumlahnya selama sebagai mematuhi peraturan yang berlaku. Disamping itu, setiap produk yang dikeluarkan oleh perusahaan tentunya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Maka, pada artikel kali ini kami RekeningBRI.com akan membahas “Keuntungan Dan Kerugian Menabung Di Bank BRI Simpedes”.

Adapun keuntungan-keuntungan yang dimiliki oleh  BRI Simpedes adalah sebagai berikut:

  1. Perluasan jaringan di Indonesia dan terkoneksi secara online
  2. Peluang besar untuk memenangkan hadiah total miliaran rupiah
  3. Dilengkapi dengan kartu BRI (BRI card) yang berfungsi sebagai kartu ATM dan kartu debit dengan kemampuan transaksi penuh.
  4. Mudah dan nyaman untuk membuka rekening tabungan BRI Simpedes di entitas kerja BRI manapun
  5. Jumlah dan frekuensi penyetoran dan penarikan tidak dibatasi sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Fasilitas-Fasilitas Layanan Transfer BRI

Selain memiliki keunggulangan yang menjadi daya tarik tersendiri, BRI Simpedes juga memiliki berbagai macam fasilitas yang bisa dinikmati para nasabahnya. Berikut adalah fasilitas-fasilitas BRI Simpedes:

1. Transfer otomatis antar rekening

1. Automatic Fund Transfer (AFT)

Kesanggupan untuk melakukan transfer uang setiap tanggal dari rekening Simpedes ke rekening tabungan di BRI, di unit kerja sendiri atau di unit kerja lain, dengan jumlah nominal tertentu yang ditentukan (secara rutin).

2. Account Sweep

Kemungkinan transfer uang secara otomatis dari satu rekening ke rekening lain di entitas pekerja itu sendiri atau di entitas pekerja lain yang sebelumnya telah menetapkan saldo minimum atau saldo maksimum. Transfer otomatis terjadi ketika batas saldo minimum atau maksimum terlampaui. Fitur ini dapat digunakan untuk keperluan Simpedes untuk melindungi rekening giro secara otomatis.

3. Automatic Grab Fund (AGF)

Transfer otomatis berfungsi untuk secara otomatis menarik (mendebit) uang dari satu rekening ke rekening lain, baik di unit kerja itu sendiri maupun di unit kerja lain. Inisiatif penagihan berasal dari rekening yang akan didebet dengan jumlah nominal tetap. Opsi ini dapat digunakan untuk pembayaran angsuran otomatis, dimana rekening pinjaman otomatis mendebet rekening Simpedes untuk pembayaran angsuran.

2. Aksesibilitas BRI Card

3. Jaringan BRI Card

Rincian Biaya-Biaya Administrasi BRI Simpedes

Selain itu, di dalam BRI Simpedes juga terdapat biaya-biaya seperti biaya administrasi atau yang lainnya. Berikut adalah rincian biaya-biaya BRI Simpedes:

  1. Biaya administrasi bulanan: Rp5.500,-
  2. Bea di bawah saldo minimum: Rp5.000,-
  3. Biaya tutup rekening: Rp25.000,-
  4. Biaya penarikan di teller: Rp10.000,- (untuk penarikan hingga 5 juta rupiah)

Persyaratan Membuka Tabungan BRI Simpedes

Nah, ketika anda sudah mengetahui berbagai macam keuntungan atau keunggulan yang dimiliki oleh BRI Simpedes, kemudian anda memutuskan untuk membuka tabungan tersebut, ada beberapa persyaratan yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

  1. Setoran awal BRI Simpedes sebesar Rp100.000,-
  2. Usia minimal 17 tahun
  3. Isi formulir aplikasi pembukaan rekening
  4. Perorangan: identitas diri KTP/SIM/Paspor/NPWP untuk WNI atau KITAS/KITAP untuk WNA
  5. Non perorangan: identitas perusahaan, anggaran dasar, Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP), Surat Izin Tempat Usaha (SITU), dan sebagainya

Untuk membuka rekening BRI Simpedes secara online, calon nasabah barangkali akan ditanyakan kepemilikan NPWP. Namun jika tidak memiliki NPWP, maka calon nasabah dapat mengisi form pernyataan yang terdapat di unit kerja kantor BRI.

Kekurangan Menabung Di BRI Simpedes

kekurangan di bri simpedes

Dengan kelebihan yang dimiliki, Simpedes juga memiliki kekurangan, terutama dalam hal perlengkapan. Berikut adalah kekurangan BRI Simpedes:

1. Limit transmisi BRI yang disederhanakan lebih kecil

Dibandingkan BRITAMA, limit transfer lebih rendah baik di dalam BRI maupun antar bank per hari.

1. Limit Transfer Simpedes ke sesama BRI:

Via ATM: 20 juta per hari

Melalui mobile banking: 1 juta per hari

Melalui Internet banking – 1 miliar per hari.

2. Menyederhanakan batas transfer ke bank lain:

Via ATM: 10 juta per hari

Melalui mobile banking: 1 juta per hari

Melalui internet banking: 15 juta per hari.

2. Limit Penarikan tunai ATM kecil

Hingga 5 juta per hari dengan kartu ATM private label. Bandingkan dengan BRITAMA untuk kartu emas bisa 10 juta per hari. Tentu saja sangat terbatas jika ingin menarik uang dari ATM. Solusinya, bawa ke jendela bank.

3. Batas pembelian di pengecer kecil

Kartu ATM BRI Simpedes Private Label memiliki limit pembelanjaan 10 juta per hari jika menggunakan PIN dan 2 juta jika menggunakan tanda tangan. Berbeda dengan kartu debit emas, 20 juta untuk pembelian PIN dan 5 juta untuk pembelian tanda tangan.

Kesimpulan

Itulah penjelasan mengenai keuntungan dan kerugian menabung di BRI Simpedes. Sebelum memeutuskan untuk membuka tabungan jenis apapun, hendaknya anda mempertimbangkan terlebih dahulu kekurangan dan kelebihan setiap jenis tabungan yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan anda. Semoga tulisannya dapat membantu anda yang membacanya.

Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBRI.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara transfer dari bank Mandiri ke BRI Simpedes.

Leave a Comment