3 Penjelasan Lengkap Syarat dan Cara Deposito BRI Syariah

RekeningBri.com – Apakah Anda mengetahui bahwa syarat dan cara deposito BRI Syariah cukup mudah untuk dilakukan? Mencoba untuk berinvestasi sejak dini menggunakan tabungan bisa menjadi penghasilan sampingan Anda.

Bahkan pihak BRI Syariah memberikan fasilitas khusus untuk mereka yang hendak memakai deposito. Yaitu dengan meluncurkan fasilitas khusus berupa deposito online bernama deposito faedah digital.

Anda bisa membuka deposito digital tersebut dengan menggunakan m-banking, anjungan tunai mandiri, ataupun melalui e-channerl BRI. Harapannya, fitur tersebut bisa membantu nasabah berbagai akses terkait penggunan dan pengelolaan deposito tanpa harus ke bank BRI Syariah.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Anda bahkan bisa melakukan break deposito faedah digital sebelum jatuh tempo dilakukan. Namun dengan syarat bahwa hal tersebut tentunya dikenai biaya sesuai kesepakatan dan ketentuan yang berlaku.

Berikut merupakan syarat dan cara deposito BRI Syariah bagi nasabah yang memiliki ketertarikan untuk melakukan aktiftas dan deposito.

1. Syarat Pembukaan Deposito BRI Syariah

Terdapat beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar bisa membuka deposito faedah digital di rekening BRI Syariah Anda, antara lain:

  1. Memiliki rekening, baik tabungan ataupun rekening giro.
  2. Melakukan pemasangan pada perangkat ponsel yang digunakan aplikasi mobile banking BRI Syariah.
  3. Memiliki email yang masih aktif dan bisa diakses oleh nasabah.
  4. Terdapat dana minimal 5 juta rupiah di dalam rekening tabungan atau giro yang dimiliki oleh nasabah.

Sedangkan untuk persyaratan secara luring dengan datang langsung ke salah satu cabang bank BRI Syariah yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki tabungan rekening syariah BRI.
  2. Terdapat dana minimal 2,5 juta rupiah di dalam tabungan.
  3. Syarat dan cara deposito BRI Syariah terkait tenor atau rentang jatuh tempo yang diberikan adalah 1 bulan, 3 dan 6 bulan, sedangkan yang terakhir adalah 12 bulan atau satu tahun.
  4. Terdapat biaya break deposito sebesar seratus ribu rupiah, break deposito artinya Anda mencairkan dana sebelum jatuh tempo dilakukan.
  5. Memiliki KTP dan NPWP bagi yang memiliki kewajiban membayar pajak.
  6. Biaya untuk materai sebesari 6 ribu rupiah.

Akad yang digunakan untuk melakukan deposito bank BRI adalah mudharabah muthalaqah. Sedangkan pajak yang dibebankan kepada nasabah sebesar 20 persen, dan besaran tersebut diberlakukan secara otomatis.

2. Cara Membuat Deposito BRI Syariah

deposito bri syariah

Terdapat tiga cara melakukan pendaftaran deposito BRI Syariah, yakni datang langsung ke kantornya, menggunakan aplikasi BRIS Online, dan internet banking.

Untuk Anda yang hendak menggunakan langkah pertama, Anda tinggal menyiapkan syarat yang dijelaskan sebelumnya. Kemudian datang langsung ke kantor cabang BRI Syariah terdekat.

Jika Anda membuka deposito menggunakan langkah pertama ini, Anda akan mendapatkan bilyet deposito. Ini sebagai dokumen bukti Anda melakukan pendaftaran dan kepemilikan atas deposito yang digunakan.

Sedangkan untuk cara kedua dan ketiga, penggunaan materai 6000 bisa langsung di kurangi dari saldo yang Anda miliki di dalam tabungan.

3. Cara Deposito Online BRI Syariah

Anda yang berniat menggunakan cara kedua yaitu memakai aplikasi BRIS Online, berikut syarat dan cara deposito BRI Syariah khusus menggunakan aplikasi.

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi berikut di aplikasi market place yang Anda miliki, kemudian pasang di ponsel yang Anda gunakan.
  2. Buka aplikasi, kemudian di menu dashboard pilih Lainnya.
  3. Terdapat menu khusus untuk melakukan deposito di sana, pilih menu tersebut kemudian klik pilihan ‘buka deposito baru’.
  4. Anda akan mendapatkan form pendaftaran pembukaan deposito, klik ‘buka deposito’ kemudian isikan semua data diri yang di instruksikan.
  5. Sebelum di input, review sekali lagi data yang usudah Anda berikan. Jika sudah yakin benar, silahkan klik kirim.
  6. Anda akan ditanya tentang syarat dan ketentuan pembukaan deposito, baca dengan seksama baru kemudia melakukan klik pada pilihan tersebut.
  7. Pilih buka deposito, maka secara otomatis proses konfirmasi akan dilakukan dan muncul pemberitahuan bahwa deposito telah selesai dibuat.

Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait syarat dan cara deposito BRI Syariah. Diantaranya adalah pengisian formulir terdiri dari pemilihan jangka waktu jatuh tempo deposito, kemudian alamat email milik nasabah.

Jika sudah, Anda akan diberika pilihan untuk penggunaan ARO atau Non-ARO, jika memilih ARO Anda kan melakukan perpanjangan secara otomatis setelah jatuh tempo terjadi. Namun jika memilih ARO, deposito akan langsung dicairkan ketika jatuh tempo berlangsung.

Berbeda dengan pembukaan secara konvensional di bank langsung. Jika menggunakan aplikasi Anda harus memiliki saldo minimal 5 juta rupiah untuk membuka depositnya.

Kerusakan pada Ponsel Pemilik Deposito

Terdapat ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi oleh nasabah jika ponsel yang digunakan untuk pembukaan deposito hilang. Atau juga jatuh, maupun rusak.

1. Dengan datang langsung ke BRI Syariah cabang terdekat.

2. Jangan lupa untuk membawa syarat dan cara deposito BRI Syariah, yakni KTP dan buku rekening tabungan ynag Anda miliki. Selanjutnya akan dibantu oleh pihak customer service untuk melacak dan memindahkan tabungan deposit yang Anda miliki.

3. Jika pemilih deposit meninggal, ahli waris harus datang ke kantor dan menyerahkan surat keterangan kematian pemilik deposit. Kemudian sekaligus juga buku rekening dan KTP pribadi dan pemilik deposit.

Pihak bank akan membantu Anda mengaihkan atau mencairkan deposit tersebut dan memindahkannya ke rekening yang Anda miliki.

Kesimpulan

Untuk membuat rekening deposito tidaklah sulit. Pada artikel kali ini kami mengupas tuntas tentang syarat dan cara untuk anda ingin deposito BRI Syariah.

Dengan membaca informasi di atas anda akan dapat dengan mudah membuat rekening deposito BRI Syariah. Berbicara segi keuntungan, dengan berdeposito di BRI Syariah sangat menguntungkan anda yang ingin berinvestasi. Disamping menguntungkan segi keuangan deposito anda juga aman.

Berapa dana minimal di tabungan untuk buat deposito online BRI Syariah?

Dana minimal 5 juta rupiah di dalam rekening tabungan atau giro yang dimiliki oleh nasabah.

Berapa dana minimal di tabungan untuk buat deposito di kantor BRI Syariah?

Dana minimal 2,5 juta rupiah di dalam rekening tabungan atau giro yang dimiliki oleh nasabah.

Berapa tenor atau rentang jatuh tempo yang diberikan deposito BRI Syariah?

Tenor atau rentang jatuh tempo yang diberikan adalah 1 bulan, 3 dan 6 bulan, sedangkan yang terakhir adalah 12 bulan atau satu tahun.

Apakah bisa deposito diwariskan kekeluarga jika pemiliki deposito BRI Syariah meninggal?

Iya bisa. Caranya ahli waris harus datang ke kantor dan menyerahkan surat keterangan kematian pemilik deposit. Kemudian sekaligus juga buku rekening dan KTP pribadi dan pemilik deposit.

Demikianlah langkah mudah untuk mendaftar deposito BRI Syariah, berikut dengan syarat dan cara deposito BRI Syariah. Semoga informasi tersebut bisa membantu Anda yang ingin membuka investasi deposito di bank BRI Syariah.

Terimakasih dan baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara menghitung bunga deposito BRI.

Leave a Comment