Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah: Keunggulan & Syarat

RekeningBri.com – Memilih opsi terbaik untuk kredit memang perlu ketelitian. Misalnya dengan memilih pinjaman tanpa agunan BRI Syariah yang memberi kemudahan.

Bagi yang sedang mencari dana atau kredit tanpa memerlukan jaminan kini sudah banyak tersedia di beberapa bank. KTA merupakan produk berupa pinjaman tanpa mengharuskan adanya jaminan aset ataupun harta yang biasa disebut dengan agunan dari nasabah.

Untuk proses pengajuan sampai dengan pencairan dana, dalam pinjaman ini tidak memerlukan waktu yang lama hanya beberapa hari saja. Hal ini tentunya akan sangat membantu bagi nasabah yang memerlukan dana cepat untuk keperluan darurat ataupun mendadak.

BRI Syariah yang merupakan salah satu bank besar di Indonesia. BRI Syariah menawarkan kredit bagi para nasabah tanpa agunan namun tetap dengan konsep dasar syariah.

Pinjaman tanpa agunan BRI Syariah ini kerap disebut dengan pinjaman lunak. DIberikan kepada para nasabah dengan mudah agar dapat memenuhi kebutuhan mereka.

Pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang tanpa agunan dari salah satu bank yang memiliki nasabah yang cukup banyak ini.

Keunggulan Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah

Kredit yang satu ini secara khusus ditujukan untuk para karyawan atau pegawai. Pegawai atau karyawan disini yang sudah bekerja tetap pada lembaga atau perusahaan yang bekerjasama dengan BRI Syariah.

Dengan kata lain kredit atau pinjaman ini adalah produk yang diperuntukkan bagi karyawan dengan sistem pemberian gaji yang menggunakan payroll BRI Syariah.

Berikut ini keunggulan keunggulan dari kredit tanpa agunan dari bank yang satu ini!

Tidak Ada Jaminan atau Agunan

Pinjaman yang satu ini bisa diambil tanpa adanya agunan ataupun jaminan dari nasabah. Pinjaman ini diperuntukan untuk pihak perusahaan ataupun lembaga tempat bekerja yang sudah bekerjasama dengan bank. Nantinya akan ditandai dengan adanya perjanjian kerjasama operasional, sehingga nasabah dapat melakukan pinjaman tanpa adanya agunan.

Perjanjian ini dapat dikatakan sebagai ganti dari agunan atau jaminan yang biasanya ada saat melakukan pinjaman biasa dengan bank.

Tidak Ada Cakupan untuk Kebutuhan Tertentu dalam Penggunaan Pinjaman

Biasanya pinjaman dari bank tertentu harus mencakup suatu kebutuhan misalnya untuk investasi emas cicilan rumah dan keperluan lainnya. Akan tetapi pinjaman yang satu ini membebaskan nasabah untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Pinjaman tanpa agunan BRI Syariah ini biasanya diambil untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat konsumtif bagi para nasabah. Kebutuhan itu misalnya untuk biaya perbaikan rumah, biaya pernikahan dan juga keperluan lainnya.

Dengan demikian nasabah bisa dengan mudah melakukan pengajuan tanpa harus memiliki kebutuhan secara khusus. Hal ini tentunya sangat membantu terutama bagi yang memerlukan dana mendesak.

Adanya Akad Murabahah

Saat akan mengambil kredit dari Bank bunga menjadi pertimbangan terutama bagi muslim karena menganggap bahwa bunga merupakan salah satu bentuk dari riba yang harus dijauhi. Akan tetapi dengan adanya sistem perbankan syariah maka kredit tanpa menggunakan agunan dapat diambil dengan kesepakatan atau akad murabahah.

Akad ini merupakan kesepakatan dengan menggunakan prinsip pinjam meminjam antara nasabah dengan bank. Selain itu bank Syariah merupakan salah satu bank yang aman dan juga lebih terpercaya dari beberapa hal yang masih meragukan.

Syarat Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah

pinjam bri syariah tanpa agunan

Setelah membahas tentang keunggulan dari kredit tanpa agunan, selanjutnya Anda perlu mengetahui syarat apa saja yang yang harus dipersiapkan. Hal ini agar pengajuan pinjaman dapat berjalan dengan lancar.

Syarat-syarat berikut ini perlu untuk diketahui agar memudahkan Anda saat melengkapi persyaratan dalam proses pengajuan kredit. Sehingga Dana bisa lebih cepat cair dan juga pengajuan berjalan dengan lancar karena syarat sudah terpenuhi.

Berikut ini beberapa syarat yang perlu Anda penuhi saat akan mengajukan pinjaman tanpa agunan BRI Syariah!:

Usia

Untuk pengajuan kredit ini meminjam minimal berusia 21 tahun dan maksimal usianya 65 tahun. Terdapat pengecualian bagi calon peminjam yang telah menikah sehingga bisa mengajukan pinjaman minimal berusia 18 tahun.

Status

Pengajuan kredit yang satu ini ditujukan bagi pegawai atau karyawan perusahaan yang telah bekerjasama dengan BRI Syariah. Maka yang perlu dipenuhi salah satunya syarat yaitu mengenai status pekerjaan. Nasabah yang dapat mengajukan kredit tanpa agunan merupakan karyawan tetap suatu lembaga atau perusahaan yang telah bekerjasama dalam bentuk PKO.

Sistem penerimaan gaji juga diperhatikan oleh pihak bank. Karyawan harus memiliki rekening serta menerima gaji bulanan melalui rekening tersebut atau biasa disebut dengan sistem payroll.

Dokumen yang diperlukan

Dalam pengajuan pinjaman ataupun produk perbankan lainnya tentunya tidak lepas dari persyaratan yang berkaitan dengan dokumen-dokumen. Syarat yang satu ini tetap menjadi salah satu hal yang dibutuhkan.

Begitu juga dalam pengajuan pinjaman tanpa agunan BRI Syariah. BRI Syariah mewajibkan calon peminjam untuk menyiapkan berkas dan juga menyerahkan dokumen yang merupakan persyaratan untuk kelengkapan administrasi. Dokumen yang paling mendasar biasanya berupa fotokopi identitas diri yang masih berlaku. Misalnya KTP pribadi dan juga KTP pasangan jika telah menikah.

Selain itu bagi calon peminjam yang telah menikah maka fotokopi buku nikah atau kartu keluarga juga harus dilampirkan. Hal ini nantinya akan memudahkan pihak bank dalam mengisi data-data peminjam. Meskipun tanpa agunan tetap memiliki data-data yang lengkap dan juga valid.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan kredit tanpa menggunakan agunan mencakup keunggulan dan juga syarat pengajuan agar pengajuan kredit lancar. Dengan berbagai kemudahan dalam akses dan juga persyaratan untuk mengambil pinjaman yang satu ini. Maka anda juga sebaiknya tidak terlena karena tetap harus teliti dalam mempertimbangkan pengajuan pinjaman.

Jika memang kebutuhan dirasa sangat penting dan juga mendesak, pengajuan pinjaman tanpa agunan BRI Syariah dapat menjadi solusi bagi Anda. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan juga menambah wawasan tentang kredit.

Apa skema pembiayaan kredit tanpa agunan yang diterapkan di BRI syariah?

Skema yang digunakan BRI Syariah yaitu akad murabahah.

Apakah bisa mengambil pinjaman tanpa agunan di BRI Syariah untuk biaya menikah?

Iya bisa. Pinjaman tanpa agunan BRI Syariah ini biasanya diambil untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat konsumtif bagi para nasabah

Berapa batas usia minimal pengajuan pinjaman tanpa agunan BRI Syariah?

Pengajuan kredit ini meminjam minimal berusia 21 tahun.

Perusahaan saya tidak bekerjasama dengan BRI Syariah, apakah bisa ambil KTA?

TIdak bisa. Pinjaman yang satu ini ditujukan bagi pegawai atau karyawan perusahaan yang telah bekerjasama dengan BRI Syariah.

Terimakasih telah membaca informasi dari kami. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara kredit motor lewat bank BRI syariah dan informasi menarik lainnya.

Leave a Comment