5 Biaya Transfer BRI ke BNI Lewat ATM, Internet dan Mobile Banking

Transfer uang dari bank ke bank memang sudah menjadi kebiasaan masyarakat yang dikenakan biaya tersendiri. Begitu pula dengan biaya transfer BRI ke BNI juga mempunyai biaya tersendiri.

Kehadiran kantor bank BRI yang meluas sampai ke plosok-plosok desa merupakan hal yang wajar bila biaya transfer antar bank di bank BRI selalu dipertanyakan. Khususnya antara bank BRI dengan BNI.

Dengan adanya kantor bank BRI di pedesaan, maka tidak jarang masyarakat pedesaan melakukan transaksi transfer, tarik tunai, bayar tagihan dan lain sebagainya.

Sayangnya, tidak semua orang apalagi orang pedesaan yang tau mengenai transaksi tarik tunai, bayar tagihan apalagi informasi terkait biaya transfer antar bank.

Mungkin karena tidak terlalu sering berkunjung ke bank, alhasil mereka ketinggalan informasi terkait biaya transfer antar bank BRI dengan bank lainnya seperti rekening BRI ke BNI, BCA, Mandiri, CIMB Niaga, dan bank lainnya.

Di sini kami ingin menginformasikan tarif transfer BRI ke BNI yang wajib diketahui sebelum transfer uang ke rekening Bank BNI. Nah untuk mengetahui biayanya, silahkan simak informasi rekeningbri.com berikut ini.

Tarif dan Biaya Transfer BRI Ke BNI

Biaya Transfer Uang BRI ke BNI

1. Transfer Lewat ATM

Masyarakat pelosok pedesaan biasanya yang paling sering menggunakan ATM jika ingin transfer uang antar bank BRI atau BRI dengan bank lainnya.

Alasannya karena mungkin lebih mudah dan dibanding cara  lainnya yang masih membutuhkan prosedur tertentu untuk bisa transfer uang.

Mengenai biaya transfer uang yang akan dikenakan jika ingin mengirim uang dari BRI ke BNI lewat mesin ATM ini tarif biayanya sebesar Rp. 4.500. Biaya transfer tersebut hanya berlaku untuk transfer di ATM berlogo Link.

Tarif biaya yang demikian masih tergolong murah dibanding transfer lewat Internet Banking BRI. Nah untuk mengetahui biayanya silahkan simak di bawah ini.

2. Internet Banking BRI

Media transfer melaui Internet Banking BRI ini lumrah digunakan oleh kalangan muda yang pandai prihal internet atau kalangan masyarakat dari muda hingga tua yang tidak gagap tekhnologi.

Transfer uang lewat Internet Banking BRI ini relatif mudah bagi mereka yang sudah terbiasa dan akan sulit bagi sebagian mereka yang tidak biasa dan gagap tekhnologi. Apalagi bagi kalangan orang tua, pastinya akan merasa lebih sulit.

Cara transfernya memang sedikit berbeda dengan transfer lewat ATM. Sedangkan untuk biayanya adalah sebesar Rp. 6.500. Biaya tersebut berlaku saat transfer lewat aplikasi BRImo dan BRI Mobile.

3. Mobile Banking BRI  (SMS Banking)

Bagi yang sudah mengaktifkan mobile banking BRI atau SMS Banking BRI bisa transfer ke rekening BRI melalui aplikasi BRI Mobile. Jika menggunakan aplikasi tersebut silahkan pilih menu Mobile Banking, lalu dilanjutkan dengan memilih menu transfer.

Langkah selanjutnya tinggal memasukan nomor rekening tujuan dan nominal transfer. Kemudian anda akan mendapatkan format SMS Banking untuk transfer ke Bank BNI. Sedangkan untuk biayanya adalah sebesar Rp. 6.500/transaksi.

Berbeda dengan meggunakan Internet Banking, transfer menggunakan SMS Banking akan dikenakan biaya sms diterima dan sms kirim dengan tarif berbada-beda setiap provider.

4. Teller Kliring

Transfer lewat teller kliring atau Lalu Lintas Giro (LLG) memang sangat berguna buat Anda yang ingin transfer uang antar bank. Khususnya transfer uang dari bank BRI ke BNI.

Lewat teller kliring Anda akan mengetahui uang Anda cukup atau tidak, karena mekanisme kliring ini mewajibkan bank untuk melakukan pemeriksaan atau proses kliring sebelum mengirim uang.

Prosedur transfer kliring ini sampai uang terkirim ke rekening penerima. Terkirimnya uang yang bila menggunakan teller ini cukup lama bisa sekitar 2 hingga 3 hari kerja.

Hal ini disebabkan karena bank pengirim harus transfer uang ke BI (Bank Indonesia). BI akan mengirim ke bank penerima.

Uang Anda tidak akan langsung sampai ke pihak penerima tetapi masih dikliring terlebih dahulu dari bank ke bank.

Lebih lambatnya proses kliring ini  terjadwal jadi hanya dilakukan sesuai jadwal masing-masing bank sehingga kurang fleksibel proses sampainya.

Biaya transfer BRI ke BNI lewat teller kliring biasanya dikenakan biaya lumayan mahal yaitu Rp. 15.000 per tiap kali transfer.

5. Teller (RTGS)

Biaya transfer dari rekening BRI ke BNI lewat teller RGTS dua kali lipat dari biaya transfer lewat teller kliring yaitu Rp. 30.000 tiap kali transaksi.  Hal ini mungkin disebabkan waktu terkirimnya kepada rekening penerima lebih cepat daripada teller kliring.

Proses pengecekan melalui teller ini bisa sampai menghabiskan waktu 3 sampai 4 jam. Jadi, walaupun namanya RGTS (Real Time Gross Settlement) juga masih memerlukan waktu tidak pas langsung real time.

Untuk Anda para pembisnis transfer uang lewat teller ini bisa menjadi rekomendasi terbaik. Sebab, Anda bisa mengirim uang sampai Rp. 100 jutaan, Anda tidak melakukan tarik tunai di rekening Anda untuk transfer ke rekening yang lain.

Tarif biaya transfer dari masing-masing media transfer dari BRI di atas sewaktu-waktu akan berubah. Untuk itu ada baiknya Anda langsung menghubungi Bank BRI terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat mengenai biaya transfer BRI ke BNI atau bank lainnya.

Nah demikianlah informasi seputar biaya transfer dari rekening BRI ke BNI. Semoga informasi di atas bermanfaat, dan simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Bayar Listrik Lewat ATM BRI” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Comment