5 Cara Blokir ATM BRI Yang Hilang dan Tertelan Tanpa Ke Bank

Cara blokir ATM BRI dapat dilakukan dengan berbagi cara. Cara yang harus ditempuh nasabah untuk proses pemblokiran juga terbilang cukup mudah dan dapat dilakukan kapan saja jika ada hal darurat yang terjadi.

Saat ini nasabah yang membuka rekening tabungan akan mendapatkan kartu ATM secara otomatis. Dengan menggunakan kartu tersebut nasabah bisa menikmati berbagai macam layanan yang diberikan oleh BRI.

Kartu ATM dapat digunakan untuk melakukan tarikan tunai, setoran tunai, transfer, dan juga membayar tagihan. Jadi dengan satu kartu ATM, nasabah dapat melakukan beragam transaksi kapan saja melalui mesin ATM.

Keberadaan mesin ATM tentu saja sangat memudahkan pemilik kartu ATM. Selain itu nasabah juga bisa menghemat waktu karena segala transaksi dapat dilakukan tanpa perlu datang ke kantor BRI dan antri untuk bertemu teller.

Mengingat pentingnya fungsi yang dimiliki, maka nasabah harus menjaga kartu ATM dengan baik. Jangan sampai kartu ATM hilang atau tertelan ke dalam mesin.

Jika hal tersebut terjadi maka Anda harus mencari cara blokir ATM BRI, agar isi rekening tabungan tetap aman. Jangan sampai kartu tersebut ditemukan oleh orang yang tidak tepat dan akhirnya malah disalahgunakan.

Tutorial Cara Blokir ATM BRI Yang Hilang

Cara Blokir Kartu ATM BRI

Besarnya resiko yang mungkin saja timbul ketika kartu ATM hilang, maka nasabah harus melakukan pemblokiran secepatnya. Agar hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Terdapat beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memblokir kartu ATM, baik karena hilang, tertelan, ataupun sebab lainnya. Untuk mengetahui caranya silahkan simak informasi rekeningbri.com berikut ini.

1. Blokir Melalui BRI Call Center

Cara tercepat yang bisa dilakukan untuk memblokir kartu ATM adalah dengan menghubungi call center. Hubungi nomor 14017 atau (021) 1500017 dan ikuti proses sesuai arahan dari petugas.

Meskipun cara blokir ATM BRI satu ini terbilang cukup mudah dilakukan, namun Anda perlu menyiapkan pulsa. Jangan lupa pula siapkan data diri pemilik rekening dan ikuti arahan dari petugas hingga selesai.

2. Blokir Melalui Aplikasi BRI Mobile

Cara selanjutnya yang bisa Anda tempuh untuk memblokir kartu ATM adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada dalam aplikasi BRI Mobile. Caranya cukup mudah untuk dilakukan.

Cukup ikuti petunjuk di bawah ini untuk proses pemblokiran:

  1. Pertama-tama tentu saja Anda harus membuka aplikasi BRI Mobile yang sebelumnya sudah terinstall pada ponsel.
  2. Kemudian lakukan login pada aplikasi menggunakan username dan password
  3. Setelah masuk ke dalam aplikasi, pilih menu “Pelayanan Nasabah”.
  4. Langkah selanjutnya adalah dengan memilih submenu “Enable/Disable Kartu”.
  5. Kemudian masukkan PIN BRI Mobile.
  6. Tunggu hingga ada pemberitahuan bahwa proses telah selesai dan kartu ATM telah terblokir. Untuk cara blokir ATM BRI ini, pemberitahuan akan dikirimkan oleh sistem melalui SMS.

3. Blokir ATM BRI Lewat Internet Banking

Selain ketiga cara yang sudah dijelaskan di atas, nasabah juga bisa melakukan pemblokiran melalui internet banking. Tidak jauh berbeda dengan menggunakan aplikasi BRI Mobile, proses pemblokiran dengan internet banking dilakukan melalui situs resmi BRI Internet Banking.

Untuk dapat melakukan proses tersebut, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  1. Buka situs resmi BRI Internet Banking melalui browser.
  2. Untuk dapat mengakses situs tersebut gunakan username, password, dan nomor validasi yang Anda miliki.
  3. Setelah bisa masuk ke dalam situs, pilih menu “Layanan Nasabah” yang dilanjutkan dengan melakukan klik pada submenu “Enable/Disable”.
  4. Masukan password i-banking BRI Anda.
  5. Langkah terakhir adalah dengan menekan tombol “OK’
  6. Proses pemblokiran pun selesai dilakukan.

4. Blokir Melalui Kantor BRI

Jika Anda bersedia meluangkan waktu, silahkan blokir kartu ATM dengan datang ke kantor BRI secara langsung. Petugas akan melayani Anda dengan sangat baik terkait hal ini.

Sebaiknya persiapkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan agar proses dapat berjalan lancar dan tidak banyak menyita waktu. Siapkan kartu identitas atau KTP dan juga bawa buku rekening dari kartu ATM yang ingin diblokir.

Setelah semuanya siap, silahkan datangi kantor cabang BRI terdekat. Ambil nomor antrian dengan tujuan costumer service.

Sampaikan bahwa Anda ingin melakukan pemblokir pada kartu ATM beserta alasannya. Setelah itu ikuti arahan cara blokir ATM BRI dari petugas hingga proses selesai.

Semua cara blokir ATM BRI sangat mudah untuk dilakukan, bukan? Nasabah tidak perlu lagi khawatir dan was-was secara berlebihan jika kartu ATM hilang ataupun tertelan.

Sebab jika hal tersebut terjadi, langkah awal untuk mengamankan tabungan yang dimiliki dapat dilakukan dengan gampang. Proses yang diperlukan pun dapat dilakukan secara instan.

Bahkan opsi yang ditawarkan juga beragam. Jika Anda adalah orang yang sangat sibuk dan tidak memiliki banyak waktu, proses pemblokiran dapat dilakukan hanya dengan menggunakan ponsel.

5. Membuat Kartu ATM BRI baru

Jika proses pemblokiran telah selesai dilakukan, sebaiknya segera lakukan pembuatan kartu ATM baru. Dengan begitu proses transaksi perbankan Anda akan berjalan dengan lancar lagi.

Proses membuat kartu ATM BRI baru tidak sulit untuk dilakukan. Seperti halnya dengan cara blokir kartu ATM BRI, proses pembuatan kartu baru juga cukup mudah.

Cukup dengan datang ke kentor BRI terdekat dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Persyaratan yang diperlukan yaitu: buku rekening, kartu identitas, dan surat keterangan kehilangan dari kepolisian (baik yang asli dan fotokopi yang telah dilegalisir).

Setelah semua persyaratan lengkap, temui costumer service untuk memproses pembuatan kartu ATM yang baru.

Simple dan tidak rumit, bukan? Jangan lupa untuk melakukan pemblokiran segera setelah kartu ATM diketahui hilang agar tidak disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Cukup sekian informasi rekeningbri.com, simak pula artikel sebelumnya mengenai “Cara Setor Tunai ATM BRI” dan beragam artikel bermanfaat lainnya.

Leave a Comment