Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI 16 Digit

Cara mengetahui no kartu ATM BRI 16 digit memang sangat diperlukan di segelintir kebutuhan. Meski terlihat seperti hal sepele, namun kenyataanya tak banyak orang yang mengerti bagaimana cara mengetahuinya.

Ketika Anda diminta untuk memasukkan nomor kartu ATM BRI, jangan sampai Anda memasukkan nomor rekening. Sebab, nomor rekening dengan nomor kartu ATM ini berbeda.

Beberapa Cara Mengetahui No Kartu ATM BRI

Beberapa cara mengetahui no atm bri

Tentunya nasabah akan difasilitasi dengan kartu ATM setiap melakukan pembukaan rekening BRI. Dengan adanya kartu ATM itulah, Anda bisa melakukan transaksi dengan mudah. Seperti melakukan kegiatan tarik-tunai, transfer sesama bank maupun dengan bank lain, sampai bayar tagihan. Anda tak perlu repot meminta bantuan Teller Bank, semua sudah bisa dilayani ATM secara gratis.

Namun setelah membahas kartu ATM BRI ini, sudahkah Anda tahu berapa nomor kartu ATM BRI Anda? Jika belum, yuk simak langkah-langkah di bawah ini.

1. Secara offline (Melalui Kartu ATM BRI)

  1. Ambil kartu ATM BRI milik Anda.
  2. Perhatikan pada bagian depan kartu ATM.
  3. Di sana tertera 16 digit, itulah nomor kartu ATM BRI Anda. Anda tinggal memeriksanya atau jika perlu Anda bisa mencatatnya.

2. Secara Online (Melalui Riwayat Transaksi Internet Banking)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah, membuka layanan internet Banking milik Anda. Sebelumnya, pastikan Anda sudah pernah melakukan transaksi finansial. Jika ternyata Anda belum pernah melakukannya, maka lakukan terlebih dulu.

Selanjutnya untuk mengetahui berapa berapa nomor kartu ATM BRI Anda, Anda bisa memperhatikan bagian paling bawah riwayat transaksi. 16 digit di sana adalah nomor kartu ATM BRI Anda.

3. Melalui BRIS Syariah Online

Sama seperti namanya, langkah ketiga ini juga masih dilakukan secara online. Untuk menggunakan aplikasi BRIS Online ini, Anda harus melewati proses registrasi terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa ke tahap bagaimana mengetahui nomor kartu ATM BRI.

  1. Silakan buka aplikasi BRIS Online di Smartphone Anda.
  2. Masukan kode 6 digit aplikasi.
  3. Pilih salah satu rekening pada daftar kartu rekening.
  4. Langkah selanjutnya, pilih nomor kartu, dan kembali masukkan kode 6 digit.
  5. Klik kirim, dan tunggu sebentar. Nomor kartu ATM BRI Syariah Anda akan segera diperlihatkan.

Nah, itulah tiga cara mengetahui no kartu ATM BRI yang bisa Anda terapkan. Jika ingin cara yang paling mudah, maka cara nomor satulah pilihannya.

Fungsi dan Makna Nomor Kartu ATM

Berbicara mengenai mengenai nomor kartu ATM, sebenarnya apa saja fungsi angka 16 digit itu? Ternyata nomor pada kartu ATM ini berfungsi sebagai penunjuk identitas kartu. Maka bukan salah lagi jika setiap digit angka tersebut memiliki makna. Mari kita intip sedikit pembahasannya.

  1. Digit pertama pada nomor kartu ATM ada dua kemungkinan. Apabila berawalan angka 4, maka nomor kartu tersebut menggunakan jaringan visa. Sementara jika diawali angka 5, itu artinya nomor kartu menggunakan jaringan mastercard.
  2. Kemudian lima digit setelah digit pertama adalah identitas dari bank yang menerbitkan kartu. Sedangkan sembilan digit seterusnya menunjukkan identitas sang pemilik kartu.

Selain sebagai identitas kartu, 16 digit nomor ATM ini juga mempunyai kegunaan lain. Anda akan membutuhkan nomor tersebut ketika akan melakukan registrasi ataupun aktivasi mBanking BNI, melengkapi data metode pembayaran di Google Play via kartu debit, atau melakukan transaksi layanan streaming macam WeTv, Netflix dan sejenisnya.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Pemilik ATM

Setelah mendapatkan cara mengetahui no kartu ATM BRI, sebagai nasabah sekaligus pengguna, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti di bawah ini.

  1. Senantiasa Menjaga Kerahasiaan Nomor Kartu ATM

Kerahasiaan kartu debit alias si nomor 16 digit ini harus diprioritaskan. Saat tidak tidak sedikit kasus penyalahgunaan akibat keteledoran dalam menjaga nomor kartu. Apabila sewaktu-waktu kartu ATM hilang, segeralah melapor kepada pihak bank yang melayani registrasi rekening Anda sebelumnya.

  1. Masa Kadaluarsa Kartu ATM

Jika Anda memperhatikan, maka di bagian depan kartu ATM tertera tanggal kadaluarsa atau batas akhir masa berlaku ATM. Apabila ternyata sudah melampaui batas tanggal, biasanya kartu ATM sudah tidak bisa digunakan. Solusinya, silahkan pergi ke kantor cabang terdekat lalu berikan penjelasan bahwasanya kartu telah melewati batas berlakunya.

Nantinya, pihak bank (biasanya customer service) akan membantu membuatkan ganti dengan ATM yang baru. Tidak perlu khawatir tentang perihal saldo, karena hal ini tidak akan mengurangi apapun dan dapat dipastikan jika saldo rekening Anda tetap utuh apalagi hangus.

Jangan lupa, saat hendak ke kantor cabang, bawalah KTP, buku tabungan serta kartu ATM yang sudah kadaluarsa tersebut.

Kesimpulan

Kiranya sampai disini dulu pembahasan mengenai cara mengetahui no kartu ATM BRi 16 digit. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Terimakasih sudah membaca informasi dari kami RekeningBri.com. Baca juga informasi dari kami sebelumnya tentang cara membayar SNMPTN melalui BRI.

Leave a Comment