Biaya Transfer BRI ke Mandiri Via ATM & M-Banking

Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang besarnya biaya transfer bri ke mandiri?

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Bank menjadi salah satu sarana yang cukup penting untuk menunjang sejumlah kegiatan dan transaksi keuangan. Lewat Bank maka Anda bisa melakukan sejumlah transaksi perbankan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Ada cukup banyak jenis transaksi yang bisa dilakukan lewat Bank. Salah satu transaksi yang cukup banyak dilakukan adalah transfer.

Sesuai dengan namanya, transfer merupakan suatu proses pemindahan uang dalam nominal tertentu dari satu rekening ke rekening yang lainnya. Transfer dapat dilakukan sesama Bank ataupun juga transfer antar Bank.

Apakah proses transfer akan dikenakan biaya? Secara umum, khusus untuk kegiatan transfer antar Bank akan dikenakan sejumlah biaya tertentu.

Walaupun sudah cukup banyak orang yang menyadari bahwa aka nada ada biaya untuk transfer antar rekening, namun sayangnya masih banyak juga yang belum terlalu tahu dengan tarif biaya transfer yang berlaku tersebut.

Terdapat banyak sekali jenis Bank yang ada di Indonesia. Mulai dari BRI, BNI, BCA, Mandiri, Permata, Panin, dan juga bank-bank lainnya. Masing-masing Bank tentu akan memiliki syarat dan kebijakan tersendiri terkait dengan besarnya nominal biaya transfer antar Bank.

Sebagai contoh, besarnya biaya transfer BRI ke mandiri mungkin saja bisa berbeda dengan transfer BRI ke BCA ataupun ke Bank lainnya.

Bank BRI dan Mandiri merupakan dua jenis Bank yang berbeda. Oleh karena itu apabila Anda ingin melakukan transfer antar keduanya maka akan dikenakan sejumlah biaya tambahan atau biaya transfer sesuai dengan tarif yang berlaku.

Untuk mengetahui berapa biaya admin yang harus dibayarkan pada saat transfer uang dari rekening BRI ke rekening Mandiri silahkan simak informasi https://rekeningbri.com/ berikut ini.

Daftar Biaya Admin Transfer BRI ke Mandiri 

biaya admin transfer bri ke mandiri

1. Biaya Transfer BRI Ke Mandiri Via ATM

Transfer menjadi salah satu jenis aktivitas perbankan yang cukup banyak dilakukan oleh para Nasabah.

Apabila Anda memiliki rekening tabungan BRI dan ingin melakukan transfer uang ke Bank lain dengan menggunakan kartu ATM maka Anda harus terlebih dahulu memasukkan kode Bank Tujuan terlebih dahulu.

Masing-masing Bank tentu memiliki kode yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Untuk Bank Mandiri, kode Bank-nya adalah 008.

Oleh karena itu, jika ingin transfer dari BRI ke Mandiri melalui ATM maka Anda harus memasukkan kode Bank berupa 008 terlebih dahulu baru kemudian diikuti dengan nomor rekening tujuan transfer Anda.

Jika Anda transfer ke Bank lain maka biaya transfer akan dibebankan kepada nasabah. Besarnya biaya transfer dari BRI ke Mandiri dengan menggunakan kartu ATM adalah sebesar Rp 6.500 per transaksinya.

Oleh karena itu, sebelum transfer silakan dicek dan dihitung kembali agar nominal yang ditransfer sudah benar dan sesuai dengan nominal yang Anda inginkan karena biaya transfer tersebut akan dikenakan ke nasabah.

Transfer tidak hanya bisa dilakukan dengan  menggunakan ATM. Namun bisa juga dengan menggunakan fitur perbankan lainnya seperti lewat mobile banking, sms banking, ataupun juga internet banking.

Lalu apakah biaya transfer BRI ke Mandiri dengan metode transfer non-ATM akan berbeda dari biaya transfer menggunakan ATM?

Memang secara umum biaya transfer yang dikeluarkan untuk melakukan transfer ke rekening lain adalah sebesar Rp 6.500 untuk setiap transaksi. Namun sejak adanya jaringan ATM Himbara Link, maka ada sedikit perubahan untuk biaya transfer antar rekening yang dilakukan via ATM Himbara Link.

Jika Anda melakukan transfer dari BRI ke Mandiri melalui ATM Link Himbara Merah Putih maka biaya transfer yang dikenakan adalah sebesar Rp 4.000 untuk setiap transaksi yang Anda lakukan. Namun jika proses transfer dilakukan pada jaringna ATM selain Himbara Link maka biaya yang transfer yang dikenakan adalah sebesa Rp 6.500 pertransaksi yang Anda lakukan.

2. Biaya Transfer Via M-Banking

Untuk transfer dari BRI ke Bank Mandiri dengan menggunakan Internet Banking, SMS Banking, dan Mobile Banking juga akan dikenakan biaya transfer sebesa Rp 6.500 untuk setiap proses transaksi transfer yang Anda lakukan.

Secara umum untuk biaya transfer ke Bank yang berbeda akan dikenakan biaya transfer antar Bank sebesar Rp 6.500 untuk setiap proses transaksi transfer yang dilakukan.

Namun biaya transfer akan berbeda nominalnya untuk transfer dengan jenis Kliring dan RTGS (Real Time Gross Settlement). Secara umum transfer dengan metode Kliring akan lebih murah biaya transfernya namun akan lebih lama sampai ke rekening tujuan transfer.

3. Biaya Transfer Via Kiring

Khusus untuk transfer melalui transaksi kliring akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 5.000 per-transaksi transfer.

Sementara itu, untuk proses transaksi RTGS akan memiliki biaya transfer yang lebih besar daripada biaya transfer biasa. Jika Anda ingin melakukan transfer dari rekening BRI ke Mandiri secara RTGS maka akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp 25.000 untuk setiap proses transaksi transfer RTGS yang Anda lakukan.

Setelah mengetahui sejumlah biaya-biaya yang akan dikenakan apabila melakukan transaksi transfer antar Bank maka diharapkan agar Anda semakin berhati-hati dan cermat dalam memperhitungkan nominal yang akan ditransfer.

Selain itu, dengan mengetahui biaya-biaya transfer antar Bank ini juga diharapkan agar Anda tidak lagi bingung apabila ada pengurangan saldo tambahan sesuai dengan biaya transfer yang berlaku.

Jika Anda tidak ingin dikenakan biaya transfer tambahan maka sangat disarankan untuk melakukan transfer dengan menggunakan Bank yang sama.

Demikianlah ulasan mengenai besarnya biaya transfer ke Mandiri yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan tidak bingung lagi dengan besarnya biaya transfer yang berlaku di beberapa Bank yang ada di Indonesia. Simak pula artikel sebelumnya mengenai Cara Bayar BPJS Lewat ATM BRIdan beragam artikel menarik lainnya.

Leave a Comment